Bidang Manajemen

Posted on

Bidang manajemen adalah bagian dari ilmu manajemen yang meliputi proses perencanaan, organisasi, tindakan dan pelaporan pada organisasi, bisnis dan pemerintah.

Manajemen merupakan strategi yang dilakukan oleh organisasi, individu, perusahaan dan pemerintah untuk mengelola sumber daya yang ada demi mencapai suatu tujuan.

Ada berbagai bidang manajemen dalam ilmu manajemen. Misalnya bidang manajemen produksi untuk mengelola bagian produksi, manajemen keuangan untuk mengatur dan membuat laporan keuangan, dan manajemen pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Manajemen Organisasi

Manajemen organisasi adalah penyesuaian dan kolaborasi semua kepemimpinan organisasi dalam perushaan. Struktur organisasi digunakan untuk mengumpullkan informasi tentang keadaan bisnis atau perusahaan. Kemudian ditindaklanjuti laporannya dalam pertemuan rapat, pelatihan atau promosi.

Tujuan manajemen organisasi adalah menggunakan kepemimpinan dalam struktur organisasi untuk menetapkan tujuan, strategi pencapaian dan melihat hasilnya untuk membangun perusahaan yang lebih unggul.

Fungsi manajemen organisasi adalah :

  • Perencanaan, untuk membuat bisnis lebih efektif.
  • Pengorganisasian, untuk mengelola karyawan.
  • Kepemimpinan, seorang manajer bertugas untuk menetapkan target bagi karyawan pada divisinya.
  • Kontrol, setiap manajer harus bertanggung jawab terhadap divisi yang dipimpin.
  • Manajemen waktu, untuk mengatur dan mengelola waktu pekerjaan yang efektif bagi karyawan.

Manajemen Keuangan

Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah proses perencanaan, pengelolaan dan pelaporan keuangan organisasi. Manajemen keuangan mengatur sumber dana organisasi, pemakaian dana organisasi, dan melaporkan semua arus keluar masuk kas, dalam bentuk laporan keuangan.

Beberapa fungsi manajemen keuangan organisasi adalah :

  • Menghitung kebutuhan modal organisasi
  • Mengatur alokasi dana di masing-masing pos keuangan
  • Mengelola sumber dana organisasi, seperti penerbitan saham, pinjaman modal, investasi dan keuntungan penjualan.
  • Mengatur pembagian keuntungan perusahaan kepada stakeholder
  • Pengendalian keuangan organisasi

Tugas-tugas dalam manajemen keuangan adalah :

  1. Analisa keuangan meliputi arus kas, analisis likuiditas, analisa keuntungan, analisa asset.
  2. Analisa biaya yang meliputi biaya tetap, biaya variabel, biaya BEP, biaya unit, HPP dan lainnya.
  3. Analisa piutang, analisa persediaan, manajemen kas dan metode pembayaran.

Manajemen Fasilitas

Manajemen fasilitas adalah bidang manajemen yang mengelola asset organisasi, fasilitas organisasi yang meliputi gedung, kendaraan, mesin produksi, peralatan kantor dan lainnya.

Manajemen fasilitas berusaha untuk mengintegerasikan orang, tempat kerja, proses dan teknologi.

Bidang-bidang dalam manajemen fasilitas diantaranya adalah manajemen gedung, manajemen lingkungan, manajemen kebersihan dan manajemen bidang kelistrikan.

Fungsi manajemen fasilitas adalah :

  • Efisiensi kegiatan operasional perusahaan
  • Mendukung produktivitas karyawan
  • Mengurangi risiko kecelakaan kerja
  • Memanfaatkan teknologi untuk mengelola asset organisasi

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah bidang manajemen yang bertujuan membuat orang punya kinerja yang lebih baik. Manajemen sumber daya manusia berusaha menciptakan kondisi organisasi yang positif dan orang-orang yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Manajemen SDM sangat penting untuk organisasi, karena kinerja karyawan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis.

Beberapa cara manajemen sumber daya manusia dalam mengelola SDM adalah :

  • Rekruitmen karyawan, ini adalah proses seleksi karyawan terbaik
  • Manajemen kinerja, adalah tahap penilaian dan evaluasi kinerja karyawan
  • Pengambangan kualitas adalah pemberian pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawan
  • Tunjangan adalah sebuah kompensasi yang diberikan kepada karyawan yang berkinerja baik.
  • Data kinerja adalah catatan laporan kinerja karyawan dalam beberapa periode. Data ini untuk mengukur keberhasilan seorang karyawan dalam pekerjaannya.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah bidang yang mengelola tentang pemasaran produk perusahaan. Bidang ini menentukan strategi pemasaran produk perusahaan, setelah melalui proses perencanaan, pengamatan terhadap permintaan dan kebutuhan pelanggan.

Fungsi dan ruang lingkup manajemen pemasaran adalah :

  1. Pengelolaan produk dan layanan. Fungsi yang pertama adalah proses persiapan produk barang atau layanan perusahaan. Seperti perencanaan produk, pengembangan produk, kualitas produk sampai ke kemasan produk.
  2. Riset pemasaran. Kegiatan ini mencakup anlisa tentang permintaan dan kebutuhan pelanggan, target pasar, karakter pelanggan, dan persaingan.
  3. Saluran distribusi. Proses distribusi adalah penyaluran produk perusahaan ke konsumen. Pada tahap ini manajemen pemasaran bertugas untuk melihat channel distribusi mana yang akan digunakan. Apakah melalui grosir, minimarket atau saluran distribusi lain.
  4. Promosi. Manajemen pemasaran menentukan kegiatan promosi yang akan dilakukan. Mana media promosi yang paling menguntungkan bagi penjualan produk perusahaan.
  5. Umpan balik pelanggan. Umpan balik merupakan respon yang diberikan atau dirasakan konsumen setelah menggunakan produk perusahaan. Umpan balik harus selalu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas produk supaya pelanggan tetap loyal.
  6. Analisa persaingan. Analisa pesaing dikakukan untuk melihat dimana kekuatan dan kelemahan pesaing. Kekuatan pesaing digunakan untuk memperbaiki kualitas dan metode pemasaran produk, sedangkan kelemahan digunakan untuk keunikan produk perusahaan.

Manajemen Logistik dan Transportasi

Manajemen logistik dan transportasi adalah bidang manajemen yang mengelola aktivitas pengangkutan dan penyimpanan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Fungsi manajemen logistik dan transportasi adalah memastikan bahwa produk telah sampai di tangan pelanggan dengan baik, atau layanan telah sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan. Beberapa ilmu dalam bidang manajemen logistic diantaranya manajemen persediaan, FIFO, LIFO dan komunikasi supplier.

Manajemen Informasi

Manajemen informasi adalah bidang manajemen yang mengelola bagian data informasi, pengembangan teknologi, keamanan data dan pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak.

Tugas manajemen informasi adalah memastikan layanan data informasi dan fasilitas teknologi berfungsi dengan baik.

Itulah bidang manajemen yang ada pada perusahaan dan organisasi. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa komentar apa yang Anda ingin diskusikan tentang bidang manajemen, dan share supaya lebih banyak orang yang tahu.

Leave a Reply