Konsep Dasar, Definisi, Manfaat Dan Prinsip Manajemen Keuangan

Posted on
Konsep Dasar, Definisi, Manfaat Dan Prinsip Manajemen Keuangan
5 (100%) 1 vote[s]

Manajemen keuangan – diartikan sebagai keseluruhan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan usaha memperoleh dana dengan suatu pengorbanan yang minimal dan syarat yang paling menguntungkan sekaligus usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

konsep-dasar-definisi-dan-manfaat-manajemen-keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli


Simak pengertian manajemen keuangan menurut para ahli berikut ini:

Manajemen keuangan menurut Liefman adalah usaha untuk menyediakan dan menggunakan uang untuk memperoleh aktiva.

Manajemen keuangan menurut Erlina, SE., merupakan manajemen terhadap fungsi keuangan tersebut meliputi cara memperoleh dana (rising of fund) dan menggunakan dana tersebut (allocation of fund).

Manajemen keuangan menurut Prawironegoro  adalah seluruh aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh modal yang semurah-murahnya serta menggunakan modal itu secara efektif, efisien dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.

Prinsip Manajemen Keuangan


Manajemen keuangan menurut prakteknya adalah tindakan yang diambil dalam rangka menjaga kesehatan keuangan perusahaan/organisasi. Maka dibutuhkan pula cara manajemen keuangan yang baik yang dapat diwujudkan dengan menjalankan prinsip-prinsip manajemen keuangan yang harus diperhatikan diantaranya:

  1. Konsistensi (Consistensy)

Sistem keuangan perusahaan harus bersifat konsisten dari waktu ke waktu, artinya sistem keuangan tidak boleh berubah ketika terjadi perubahan pada organisasi. Perlakuan yang tidak konsisten bisa menunjukkan adanya penyalahgunaan pengelolaan keuangan.

  1. Akuntabilitas (Accountability)

Akuntabilitas dapat dianggap sebagai bentuk pertanggungjawaban atau kewajiban moral / hukum yang melekat pada individu, kelompok atau organisasi untuk menjelaskan bagaimana mengelola sumberdaya yang dimiliki seperti dana, peralatan atau kewenangan yang diperoleh dari pihak ketiga telah gunakan.

  1. Transparansi (Transparency)

Setiap organisasi harus terbuka dalam pekerjaannya dengan menyediakan informasi yang terkait dengan aktivitasnya kepada pemangku kepentingan. Seperti dalam seperti penyajian laporan keuangan yang akurat, lengkap dan tepat waktu serta mudah diakses oleh pemilik kepentingan dan penerima manfaat. Organisasi yang tidak transparan bisa dicurigai ada hal yang disembunyikan.

  1. Kelangsungan Hidup (Viability)

Kelangsungan hidup adalah suatu ukuran tingkat keamanan dan keberlanjutan keuangan organisasi. Tugas manajer adalah adalah menyiapkan sebuah rencana keuangan yang menunjukan suatu organisasi melaksanakan rencana kegiatan dan memenuhi kebutuhan keuangannya.

  1. Integritas (Integrity)

Setiap perusahaan / organisasi harus bisa menjamin anggotanya mempunyai integritas yang biak. Selain itu laporan dan catatan keuangan harus diawasi integritasnya melalui kelengkapan dan keakuratan pencatatan.

  1. Pengelolaan (Stewardship)

Dana organisasi yang telah diperoleh harus dapat dikelola dengan baik dengan memperhatikan resiko-resiko keuangan, membuat sistem pengendalian dan sistem keuangan yang sesuai dengan organisasi. Itu merupakan langkah guna mencapai tujuan yang telah di rencanakan.

  1. Standar Akuntansi (Accounting Standards)

Sistem akuntansi yang digunakan organisasi harus sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang berlaku secara umum.

Manfaat Manajemen Keuangan


Melihat dari prinsip diatas tentu manajemen keuangan bermanfaat untuk kemudahan dalam pengelolaan keuangan perusahaan dalam rangka menjaga kesehatan keuangan agar konsisten terhadap tujuan dan cita-cita perusahaan.

Demikian artikel tentang Konsep Dasar, Definisi, Manfaat dan Prinsip Manajemen Keuangan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih

Baca Dulu :

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.