10 Cara Promosi Produk Makanan Pasti Laris

Posted on

Bagaimana cara mempromosikan produk makanan dengan tepat sasaran supaya lebih banyak pelanggan?

Tentunya pembahasan yang satu ini merupakan salah satu pembahasan yang sangat menarik karena bisnis makanan saat ini telah menjadi primadona dalam dunia usaha.

Nah, untuk anda yang merupakan pecinta kuliner dan memiliki bisnis makanan, maka di bawah ini ada 10 cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk makanan yang anda miliki.

1. Konsisten dalam menjaga kualitas makanan

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk makanan yang anda miliki adalah dengan cara menjaga rasa dan kualitas makanan.

Melakukan promosi secara gencar akan sia-sia saja ketika anda tidak dapat memberikan kualitas yang terbaik untuk calon konsumen.

Apa yang paling penting untuk dilakukan dalam hal ini?

Tentunya anda perlu mempertahankan kualitas yang telah diciptakan sejak awal. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan prosedur dan standar memasak pada bisnis yang anda jalankan supaya kualitas dan rasa dari makanan bisa tetap sama.  

Selagi belajar cara promosi produk makanan, yuk intip pilihan bisnis franchise makanan paling terkenal profit besar.

2. Memanfaatkan momentum

Tahukah anda bahwa tidak setiap hari bisnis makanan bisa mendapatkan banyak pengunjung, bahkan bisa saja sepi pembeli.

Tentunya anda dapat melakukan berbagai upaya supaya bisnis makanan yang dibangun bisa mendapatkan pelanggan baru maupun pelanggan tetap.

Bagaimana caranya? Nah, salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan ikut serta di event-event atau bazar yang mengundang keramaian.

Berpartisipasi dalam aktivitas bazar, pasar malam, eksibisi, hingga perayaan momen tertentu pastinya akan membuat bisnis makanan anda akan selalu mendapat konsumen baru.

Seperti ketika adanya momen acara peringatan tertentu, maka tidak ada salahnya untuk memberikan diskon pada paket makanan yang anda miliki.

Baca juga : Ide usaha makanan ringan menjanjikan

3. Menyebarkan selebaran

Tentunya cara promosi yang satu ini terbilang efektif dalam mendapatkan perhatian banyak orang, terlebih lagi yang belum mengenal bisnis makanan yang anda miliki.

Namun jangan asal-asalan ya saat membuat selebarannya, diusahakan selebaran tersebut dibuat dengan informasi dan desain yang menarik dan mudah diingat oleh banyak orang.

Yang paling penting adalah jangan lupa agar mencantumkan kontak dan alamat tempat usaha anda.

Tidak hanya itu saja, brosur tersebut juga dapat ditambahkan dengan resep makanan atau informasi maupun pengetahuan mengenai bahan-bahan makanan, dan berbagai informasi lainnya yang masih relevan.

4. Tingkatkan kualitas layanan agar dapat menarik hati konsumen

Pelayanan yang diberikan kepada konsumen juga memegang peranan yang sangat penting lho.

Anda harus selalu santun dan ramah kepada konsumen anda. Hal ini dikarenakan cara ini sangat efektif dalam menarik hati konsumen.

Jika anda mempunyai karyawan yang bertugas dalam melayani konsumen, maka berikanlah ia pendidikan bagaimana cara dalam melayani konsumen dengan baik.

Hal yang satu ini begitu penting mengingat hati konsumen perlu dikuasai terlebih dahulu supaya mereka dapat menjadi pelanggan setia anda. 

5. Memanfaatkan media sosial sebagai media promosi

Siapa sih hari gini yang tidak menggunakan media sosial, terlebih lagi kaum milenial.

Nah, anda dapat memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan bisnis kuliner yang akan dijual. Siapkan foto produk yang menarik, datangkan penjualan melalui instagram Anda. Baca tips jualan laris di Instagram.

Promosi yang dilakukan di media sosial tidak hanya mengenai penjualan lansung saja, namun lebih kepada branding serta membangun komunikasi dua arah dengan konsumen di media sosial.

Tentunya memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi dapat menghemat banyak uang. Selain itu, anda pun dapat mengumpulkan data base dari calon pelanggan potensial.

6. Buat slogan yang menarik supaya konsumen selalu ingat dengan produk makanan anda

Cara mempromosikan produk makanan selanjutnya adalah dengan membuat slogan yang menarik.

Sebagai contoh coba anda perhatikan slogan dari “Indomie Seleraku”.

Nah, slogan ini sangat mudah untuk diingat, bukan? Cara yang satu ini sangat efektif supaya promosi anda bisa berjalan lancar.

Anda bisa memasang slogan di kemasan produk atau di setiap iklan audio video yang dibuat. Buatlah slogan yang memang cocok dengan produk anda, caranya adalah dengan mencari kata yang simpel dan lazim digunakan.

Tentunya anda bisa belajar untuk membuat slogan dari perusahaan makanan yang sudah terkenal.

7. Membuat peta lokasi bisnis di kemasan produk

Apakah lokasi bisnis kuliner anda berlokasi di tempat yang kurang strategis? Jika iya, maka trik ini dapat anda coba.

Rasa dan kualitas makanan yang anda jual kemungkinan saja sangat baik, namun jika orang lain tidak mengetahui dimana lokasi bisnis anda, tentunya proses pemasaran yang dilakukan akan terhambat.

Agar dapat mengatasi masalah ini, maka anda dapat membuat peta lokasi tempat bisnis anda, kemudian memasangnya di kemasan makanan. Selain dapat menjadi media promosi gratis, tentunya kemasan makanan ini juga dapat menjadi penunjuk lokasi dari lokasi bisnis anda.

8. “Tak kenal maka tak cinta”, maka cobalah untuk memberikan contoh supaya konsumen kenal

Suatu produk bisa dipercaya oleh konsumen ketika produk yang dimiliki juga percaya diri. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan cara memberikan contoh gratis yang dicoba terlebih dahulu.

Ketika anda melakukan cara yang satu ini, tentunya konsumen bisa semakin yakin dengan produk anda. Tidak hanya produk makanan saja, namun produk seperti mobil ternyata juga memanfaatkan teknik ini lho.

Namun ada yang lebih penting, apa itu? Jika anda menjalankan strategi ini, maka pastikan bahwa keuntungan atau profit usaha tetap berjalan lancar. Anda bisa membuat catatan secara khusus mengenai biaya yang dibutuhkan dalam memberikan contoh kepada konsumen.

9. Memperkenalkan bisnis produk makanan ke instansi terdekat

Supaya mendapatkan perhatian langsung dari target market yang dibidik, maka tidak ada salahnya untuk mecoba cara yang satu ini.

Misalnya saja ketika anda menjual kuliner khas daerah, tentunya anda dapat menghubungi Departemen Perindustrian atau Dinas Pariwisata, dan instansi terkait agar dapat bekerjasama untuk membangun pariwisata maupun dapat memperkenalkan makanan khas daerah kepada wisatawan luar daerah maupun mancanegara.

Selain itu, anda juga dapat bekerjasama dengan agen perjalanan. Walaupun cara promosi ini tidak banyak dilakukan saat ini, tetapi jika berbicara mengenai kuliner khas daerah, tentunya akan sangat relevan ketika anda bisa bekerja sama dengan agen perjalanan.

Tidak ada salahnya untuk menawarkan komisi kepada partner yang memang bersedia membantu dalam mempromosikan kuliner anda.

Nah, setiap kali ada turis yang ingin berbelanja di tempat anda yang memang telah direkomendasikan oleh si agen perjalanan tersebut, maka agen perjalanan tersebut akan mendapatkan komisi. Sangat mudah, kan?

10. Bergabung dengan komunitas tertentu

Cara yang satu ini merupakan cara mempromosikan produk makanan yang terakhir. Untuk memperkenalkan kuliner andalan yang anda miliki, maka tidak ada salahnya kok anda bergabung dengan komunitas yang masih sejalan dengan bisnis kuliner anda.

Ketika anda memiliki komunitas yang aktif, tentunya hal ini akan memberikan peluang baru untuk anda dalam mempromosikan produk makanan yang anda miliki.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply