7 Ide Usaha Makanan Ringan Menjanjikan

Posted on
7 Ide Usaha Makanan Ringan Menjanjikan
5 (100%) 6 votes

Walaupun bukan makanan pokok, tetapi makanan ringan cukup sering dicari oleh masyarakat terutama untuk menemani waktu santai mereka. Inilah kenapa kemudian bisnis makanan ringan begitu menjamur di Indonesia. Anda tertarik untuk menjalankan bisnisnya juga? Jika iya, sebenarnya ada banyak sekali ide usaha makanan ringan menjanjikan yang bisa dicoba, diantaranya ialah sebagai berikut.

7 Ide Usaha Makanan Ringan Menjanjikan

1. Usaha Makanan Ringan, Keripik Tempe

Asli dari Indonesia, Anda bisa menjadikan tempe sebagai keripik untuk bisnis makanan ringan. Walaupun keripik tempe ini termasuk hal yang biasa, tetapi bagi para penikmat makanan ringan, keripik tempe tetap merupakan salah satu makanan yang layak untuk diacungi jempol.

Untuk daya tahannya sendiri memang tidak terlalu kuat, makanya Anda disarankan untuk tidak langsung memproduksinya dalam jumlah yang besar. Buat saja dalam skala yang sedikit terlebih dahulu, nanti kalau brand keripik tempe Anda sudah berhasil menempati posisi tertentu di hati masyarakat, Anda bisa menambah produksinya.

2. Bisnis Keripik Singkong

Bisa dikatakan keripik singkong ini adalah makanan ringan legendaris karena sudah ada sejak jaman dulu. Untuk saat inipun, keripik singkong juga tetap mempunyai tempat yang istimewa di hati masyarakat karena rasanya yang enak, renyah dan murah.

Dibandingkan dengan keripik tempe, daya tahan keripik singkong ini lebih lama. Karenanya, jika Anda ingin memproduksi dalam skala yang cukup besar, ini tidak masalah walaupun sebenarnya Anda lebih disarankan untuk membuatnya dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu.

3. Bisnis Keripik Tahu

Masih dari kategori keripik, ada keripik tahu. Peminat keripik tahu ini juga cukup banyak mulai dari orang tua hingga anak-anak. Makanya bisa dikatakan bahwa peluang bisnis keripik tahu cukup menjanjikan. Biasanya, tahu yang dijadikan keripik adalah tahu pong. Untuk pengadaan bahan baku, ada dua alternatif yang bisa Anda pilih, yaitu membuat sendiri atau membeli.

Jika Anda berniat membuat tahu pong sendiri, maka Anda harus siap dengan konsekuensinya, yakni waktu yang diperlukan untuk proses pembuatan tahu hingga menjadi keripik cenderung lama. Tetapi bila Anda lebih memilih untuk membeli, maka keuntungan yang akan Anda dapat bisa kurang maksimal.

Cara yang manapun yang Anda pilih sebenarnya terserah saja. Tapi, pastikan dulu bahwa peralatan-peralatan yang diperlukan dalam pembuatan keripik tahu sudah lengkap dan ada di rumah ya.

4. Usaha Makanan Ringan, Gorengan

Meskipun banyak yang menganggap bahwa gorengan itu adalah makanan yang kurang sehat dan penjualnya juga kurang bergengsi, tetapi tidak sedikit loh orang yang menyukainya. Makanya, jika Anda masih bingung dengan makanan ringan apa yang bisa dijual, Anda bisa mempertimbangkan gorengan ini.

Sama seperti makanan ringan yang sebelumnya, untuk berjualan gorengan juga diperlukan modal yang tidak terlalu besar. Sekedar saran saja, jika Anda memang ingin jualan gorengan, sebaiknya Anda variasikan menunya. Misanya,

  • gorengan tahu isi,
  • gorengan tempe,
  • bakwan,
  • dadar jagung,
  • pisang goreng,
  • ubi goreng dan lain sebagainya.

5. Aneka Kue Kering dan Basah

Jika Anda hobi membuat kue, sebaiknya Anda manfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan rupiah, yaitu dengan berjualan kue. Kue itu sendiri bisa dibagi menjadi dua, yaitu kue kering dan kue basah. Perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya terletak pada masalah daya tahan, dimana kue kering akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan kue basah.

Biasanya, kue kering banyak dicari saat momen tertentu seperti lebaran idul fitri, natal serta tahun baru. Cara penjualannya bisa dilakukan secara offline maupun online.

Sementara untuk kue basah, bisa dijual kapan saja dan sebaiknya hanya dipasarkan secara offline saja mengingat daya tahannya yang tak seberapa.

Jenis kue apapun yang akan Anda jual, silahkan tentukan sendiri saja. Pastinya, dalam menentukan jenis kue ini, sebaiknya Anda memperhatikan waktu penjualan dan target pasar.

6. Kacang Bawang

Hampir setiap makanan yang berbahan baku kacang disukai oleh para pecinta cemilan, termasuk salah satunya ialah kacang bawang. Cara pembuatannya mudah, namun memang untuk bahan bakunya sendiri sedikit mahal. Pun demikian, omset yang dijanjikan cukup memuaskan.

7. Kembang Goyang

Kembang goyang adalah salah satu makanan yang biasa dijumpai saat lebaran. Pun demikian, ini tidak berarti bahwa peminat kembang goyang tidak ada saat di luar lebaran. Peminat makanan ringan satu ini tetap banyak, hanya saja untuk saat ini kembang goyang cukup sulit untuk ditemukan.

Maka dari itu, Anda bisa menganggap ini sebagai peluang. Mengingat penjual kembang goyang yang tidak terlalu banyak, itu artinya kompetitor Anda juga tidak seberapa. Untung yang bisa Anda dapatkan jelas akan lebih besar.

Kunci Sukses dalam Berbisnis Makanan Ringan

Jika Anda memang berniat untuk berjualan makanan ringan, entah dengan mengambil salah satu dari ide usaha makanan ringan menjanjikan di atas atau memilih makanan ringan yang lainnya, maka Anda harus tahu bahwa untuk sukses di bidang ini, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan. Salah satunya ialah Anda harus berani berinovasi.

Perlu dicatat bahwa hampir dalam bisnis apapun, yang akan keluar sebagai pemenang adalah pebisnis yang selalu menerapkan inovasi pada produknya. Karenanya, Anda jangan takut untuk berkreasi menciptakan makanan ringan dengan rasa yang belum pernah ada.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa produk Anda mempunyai kualitas yang bagus mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembuatan hingga pengemasannya. Kemudian lanjutkan pula dengan menciptakan kesan yang baik pada pelanggan.

Jika Anda memperhatikan hal-hal kecil seperti ini, maka itu sebenarnya Anda mendorong diri sendiri untuk lebih dekat pada kesuksesan dari berjualan makanan ringan. Pada awal-awal pelaksanaan, mungkin Anda akan merasakan sejumlah kesulitan. Tidak masalah, itu adalah hal yang biasa. Teruskan saja berjualan karena setiap usaha mempunyai tantangannya sendiri-sendiri.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.