Contoh Koperasi di Indonesia

Posted on

Koperasi adalah organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki ekonomi dan mensejahterakan anggota. Sudah banyak contoh koperasi di Indonesia yang sukses menggerakkan roda ekonomi di daerahnya, bahkan assetnya mencapai angka miliaran.

Contohnya Kospin Jasa, Pekalongan, Koperasi Kredit Lantang Tipo, Kalimantan Barat, KSPPS UGT Sidogiri dan Koperasi Telekomunikasi Selular Jakarta. Beberapa contoh tadi termasuk ke dalam 100 Koperasi Besar di Indonesia.

Berikut contoh koperasi di Indonesia sesuai dengan bidang-bidangnya.

Contoh Koperasi Produsen

Contoh Koperasi Produsen

Koperasi produsen adalah koperasi yang anggotanya berasal dari industri kecil, pengusaha, pemilik alat produksi dan orang-orang yang punya kepetningan bersama. Jenis koperasi produsesn diantaranya koperasi petani, koperasi peternakan, koperasi perikanan dan koperasi kerajinan dan industri.

Contoh koperasi produsen adalah :

Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara Lembang

Koperasi ini menjual aneka olahan susu segar murni. Nama produknya yang terkenal adalah Freshtime. Produknya terdiri dari susu murni, susu pasteurasi, susu sterilisasi dan yoghurt. Lokasinya ada di Komp. Pasar Panorama Lembang Bandung Bandung Jawa Barat 40391 Indonesia.

Koperasi Perajin Batik

Contoh koperasi perajin batik adalah Pesona Minang dari Sumatera Barat. Koperasi ini memproduksi kerajinan batik di Kota Pariaman. Tujuan didirikannya adalah untuk meringankan dan memudahkan biaya pembelian bahan baku dan mempopulerkan batik Sumatera Barat khususnya.

Koperasi Produsen Tahu Tempe

Koperasi produsen tahu tempe merupakan kumpulan para pengusaha olahan tempe. Koperasi ini bahkan punya asosiasi yang bernama Gakoptindo (Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia).

Koperasi Agro Niaga Jabung Malang Jawa Timur

Koperasi ini merupakan koperasi yang bergerak di bidang pengolahan dan pembuatan susu segar, yoghurt, pupuk kompos dan organik dan pakan ternak.

Baca juga tentang sumber modal koperasi.

Contoh Koperasi Konsumen

Contoh Koperasi Konsumen

Koperasi konsumen adalah koperasi yang bidang usahanya menyediakan produk kebutuhan sehari-hari bagi para anggotanya. Koperasi ini mudah di temui di berbagai instansi. Misalnya di sekolah ada koperasi sekolah, di kampus ada koperasi mahasiswa, di pesantren ada koperasi pondok, di desa ada koperasi desa.

Tujuan koperasi konsumen adalah menyalurkan produk supaya lebih dekat dengan kelompok anggotanya.

Contoh koperasi konsumen di Indonesia adalah :

Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah adalah contoh koperasi yang dikelola oleh lembaga pendidikan atau sekolah. Koperasi sekolah memudahkan siswa untuk mencari kebutuhan sekolah. Misalnya mencari alat tulis, seragam sekolah dan buku pelajaran.

Koperasi Unit Desa

Koperasi unit desa adalah koperasi yang menyediakan kebutuhan masyarakat desa, misalnya kebutuhan produk pertanian. Koperasi unit desa biasanya juga memiliki bidang usaha simpan pinjam dan produksi.

Koperasi Karyawan

Koperasi karyawan adalah koperasi yang berada di suatu perusahaan. Misalnya di perusahaan Astra, dibuat koperasi karyawan Astra.

Koperasi Pegawai

Koperasi pegawai adalah koperasi yang didirikan oleh instansi pemerintahan. Contoh koperasi pegawai adalah :

  • Koperasi Pegawai Bappenas
  • Koperasi Pegawai Balitbang Kemdikbud
  • Koperasi Pegawai Negeri (KPN)

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang menghimpun dana anggota dan menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman, kepada anggota yang membutuhkan. Keuntungan koperasi simpan pinjam berasal dari bunga pinjaman atau sistem bagi hasil. Sedangkan keuntungan anggota berasal dari sisa hasil usaha koperasi.

Contoh koperasi simpan pinjam adalah :

  • Koperasi Swamitra
  • Kospin Jasa
  • KSP Sejahtera Bersama

Contoh Koperasi Jasa

Koperasi jasa adalah koperasi yang bidang usahanya menyediakan pelayanan jasa, misalnya jasa angkutan, jasa asuransi dan jasa pelayaran.

Contoh koperasi jasa adalah :

  • Koperasi Bandung Tertib (Kobanter)
  • Koperasi Asuransi Indonesia (KAI)
  • Koperasi Bina Usaha Transportasi RI (Kobutri)
  • Koperasi Listrik

Demikian ulasan contoh koperasi di Indonesia beserta bidang usahanya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Silahkan share ke teman-teman Anda, jika dirasa informasi ini berguna.

Artikel terkait :

  1. Kelebihan dan Kekurangan Koperasi
  2. Tingkatan Koperasi Di Indonesia

Leave a Reply