8 Cara Jualan Laris di Instagram

Posted on
8 Cara Jualan Laris di Instagram
5 (100%) 4 vote[s]

Untuk Anda yang saat ini gemar sekali dengan Instagram, coba manfaatkan aplikasi tersebut untuk mendapatkan uang, salah satunya adalah dengan berjualan. Berjualan di sosial media bisa kamu jadikan usaha sampingan yang menghasilkan.

Sudah banyak orang yang berhasil mencapai kesuksesan dalam hal finansial karena berjualan di Instagram, seperti jualan baju di online shop dan masih banyak yang lainnya.

Anda juga bisa sukses seperti mereka asalkan bersungguh-sungguh dan mengikuti sejumlah tips di bawah ini supaya bisa mendorong jualan Anda di Instagram semakin laris.

5 Tips Jualan Laris di Instagram

1. Jangan Menjadikan Akun Pribadi untuk Jualan

Tips cara jualan di instagram pertama, sebaiknya Anda tidak menjadikan akun pribadi sebagai alat untuk jualan.

  • Lebih baik Anda buat akun yang benar-benar khusus untuk jualan karena ini akan membuat Anda tampak profesional.
  • Selain itu, dengan membuat akun khusus, postingan-postingan yang sifatnya pribadi juga tidak akan tercampur dengan postingan jualan.

Ada baiknya pula jika saat membuat akun ini, Anda menggunakan nama yang mengandung kata kunci supaya target pasar bisa lebih mudah menemukannya.

Kalau Anda suka, Anda bisa menyesuaikan nama akun dengan barang jualan. Misalnya, Anda jualan jilbab, nama akun yang bisa ditulis adalah @hijabku_cantik atau yang lainnya.

Dengan menggunakan nama akun yang seperti ini, maka kemungkinan untuk akun Anda bisa ditemukan oleh orang lain itu cukup besar.

2. Cari Follower yang Sesuai dengan Target Pasar

cara sukses jualan di instagram

Setelah proses pembuatan akun khusus sudah selesai, hal yang semestinya Anda lakukan ialah mencari follower sebanyak mungkin. Tapi, jangan asal mencari, carilah follower yang benar-benar sesuai dengan produk Anda atau target pasar.

Anda bisa mencoba mencari follower ini dengan mengunjungi komunitas terkait. Dan, kalau Anda ingin memfollow mereka terlebih dahulu, sebaiknya Anda tidak melebihi batasan yang sudah ditetapkan oleh pihak Instagram supaya akun yang baru jadi ini tidak diblokir oleh mereka.

3. Pasang Foto Terbaik dan Lengkapi dengan Keterangan

Supaya calon pembeli bisa tahu bagaimana barang yang Anda jual, silahkan Anda pasang foto produk di Instagram. Kemudian, lengkapi foto tersebut dengan keterangan yang berkaitan dengan foto. Proses upload foto ini juga sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan, tetapi lakukan di jam dimana banyak orang yang membuka sosial media.

Biasanya, orang banyak membuka instagram pada pagi hari sekitar jam 08.00 – 09.00. Setelah itu, saat jam istirahat sekitar jam 12.00 – 12.00. Kemudian, sesaat sebelum jam pulang kantor dan malam sebelum tidur.

Jika Anda memperhatikan jam upload foto seperti ini, kemungkinan besar penjualan Anda akan meningkat karena saat itu banyak orang yang tengah bersantai dan bisa langsung melihat foto produk Anda.

4. Cara Jualan di Ig – Tambahkan Hashtag yang Sesuai

Seperti kata kunci, hashtag ini juga akan membantu produk Anda bisa ditemukan dengan lebih mudah oleh orang lain. Maka dari itu, selain menyertakan keterangan produk, sebaiknya Anda juga menyertakan hashtag yang sesuai untuk produk tersebut.

5. Tambahkan Testimoni dari Pelanggan dan Nomor Resi

Memang sekarang orang tidak mudah percaya dengan testimoni, tetapi tak ada salahnya jika Anda tetap menguploadnya di akun khusus jualan. Sedikit banyak ini akan membantu meningkatkan kepercayaan target pasar terhadap akun dan produk Anda.

Tapi, sebelum Anda mengunggah testimoni dari pembeli sebelumnya, sebaiknya samarkan dulu hal-hal yang tidak seharusnya ditampilkan, misalnya nama akun milik pemberi testimoni, nomor teleponnya, fotonya dan lain-lain yang sekiranya bersifat privasi.

Selain testimoni, ada baiknya juga jika Anda menampilkan nomor resi pengiriman supaya target pasar yakin bahwa Anda adalah penjual yang benar-benar bisa dipercaya.

6. Endorse dan Promosi Berbayar

Jika Anda mempunyai dana lebih, sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan kegiatan promosi berbayar, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa selebgram. Hal ini dikarenakan para selebgram tersebut mempunyai jumlah follower yang sangat banyak.

Dengan Anda menggunakan jasa mereka, ini memperbesar peluang produk Anda untuk dilirik oleh orang-orang yang biasa menghabiskan sebagian waktunya di Instagram. Untuk menghubungi para selebgram ini juga tidak susah, karena biasanya mereka akan menampilkan nomor kontak di bagian profil.

7. Tawarkan Diskon atau Kuis Berhadiah

Sesekali, Anda bisa mengadakan diskon atau kuis berhadiah yang ditujukan pada setiap follower. Sebaiknya, dalam melakukan hal tersebut Anda berikan syarat tertentu yang ada kaitannya dengan kegiatan promosi, misalnya wajib tag sejumlah teman.

Untuk pelaksanaan pemberian diskon atau kuis berhadiah, itu terserah pada Anda. Dilakukan saat hari penting nasional bisa, hari ulang tahun Anda bisa, atau hari-hari yang lainnya juga bisa.

8. Buat Profile yang Menarik

cara jualan online di instagram

Selain perlu memperhatikan cara jualan di Instagram di atas, ada hal lain yang juga perlu Anda perhatikan yaitu, buatlah profil yang menarik. Profil ini ini bisa berupa identitas bisnis, info kontak, alamat dan lain sebagainya. Biasanya, semakin lengkap identitas profil, maka akun akan menjadi lebih menarik dan tampak terpercaya.

Nah, kalau foto yang dipakai untuk profil, sebaiknya Anda gunakan gambar atau logo yang menggambarkan produk Anda. Ini penting karena banyak yang menilai bahwa penggunaan logo brand bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Selain itu, ada baiknya jika Anda hanya mengkhususkan diri untuk menjual produk dengan niche tertentu supaya target market lebih mudah mengenal serta mengingat akun dan produk Anda. Kemudian, jika Anda benar-benar ingin sukses berjualan di Instagram, jangan hanya direncanakan saja. Yuk lakukan mulai sekarang dan jalankan bisnisnya dengan sungguh-sungguh.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.