Pengertian Sistem Informasi Pemasaran “Jenis dan Manfaat”

Posted on

sistem informasi pemasaran

AkuntansiLengkap.com – Sistem Informasi Pemasaran merupakan rangkaian dari sub – sub yang saling berhubungan dan berfungsi untuk mengolah data mengenai seluruh kegiatan pemasaran.

Data tersebut akan dimanfaatkan manajemen perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya dan perusahaan sendiri.

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran Menurut Ahli


Berikut ini akan dibahas dulu seputar konsep Sistem Informasi Pemasaran menurut para ahli.

# Sistem

Menurut para ahli berikut penjelasan mengenai sistem:

W Gerald Cole : Sistem adalah kerangka dari kumpulan prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan skema yang menyeluruh guna melaksanakan suatu aktivitas atau fungsi utama dari suatu perusahaan.

Bertalanffy : Sistem adalah sekumpulan komponen yang berinteraksi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Raymond Mc Leod : Sistem adalah himpunan dari beberapa unsur yang saling berkaitan dan membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu.

Baca juga:

  1. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel
  2. 10 Strategi Pemasaran Produk
  3. Tujuan dan Fungsi Strategi Pemasaran Ringkas dan Jelas

# Informasi

Menurut para ahli berikut penjelasan mengenai informasi:

George H Bodnar : Informasi adalah kumpulan data yang diolah untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.

Raymond Mc Leod : Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk dan memiliki arti bagi penerima dan bermanfaat untuk pengambilan keputusan saat ini maupun mendatang.

# Sistem Informasi

Menurut para ahli berikut penjelasan mengenai sistem informasi:

Gordon B Davis : Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima input data (masukan) dan instruksi mengolah data tersebut sesuai  instruksi dan dapat mengeluarkan hasilnya.

Erwan Arbie : Sistem informasi adalah sistem dalam suatu organisasi yang melakukan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi bersifat manajerial dari suatu organisasi dan mempermudah penyajian laporan yang diperlukan.

Robert A Leitch dan Roscoe Davis : Sistem informasi adalah sistem organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi bersifat manajerial dan menyediakan pihak luar perusahaan dengan laporan yang dibutuhkan.

#Pemasaran

Menurut para ahli berikut penjelasan mengenai pemasaran:

Philip Kotler : Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial ketika seseorang atau kelompok memperoleh ada yang dibutuhkan dan diinginkan melalui produksi (penciptaan) atau dengan pertukaran produk dan nilai.

William J Staton : Pemasaran adalah suatu keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mendistribusikan dan mempromosikan barang  dan jasa yang memuaskan kebutuhan pembeli yang ada dan pembeli potensial.

Baca juga:

  1. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  2. Pengertian dan 5 Konsep Strategi Pemasaran
  3. Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran


Kotler : Sistem informasi pemasaran adalah struktur yang berlanjut dan saling berkait dari orang, peralatan serta prosedur yang ditetapkan untuk menganalisa, menyaring dan membagikan informasi yang spesifik, tepat waktu dan cermat guna pengambilan keputusan bidang pemasaran dengan tujuan penyempurnaan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemasaran.

Kenneth P Uhl : Sistem informasi pemasaran adalah suatu struktur interaksi secara kompleks antara orang, mesin dan prosedur guna menghasilkan alur informasi yang teratur tepat dari sumber diluar perusahaan dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan bagi pimpinan.

Kesimpulan

Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa:

Sistem informasi pemasaran adalah sistem berupa alat (computer dll) yang dapat bekerjasama dengan sistem informasi fungsional untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bidang pemasaran produk perusahaan. 

Jenis Informasi Pemasaran


Prof Philip Kotler tahun 1996 dari Nortwedtern University menggunakan istilah pusat saraf pemasaran (marketing nerve center) guna menggambarkan unit-unit baru dalam pemasaran yang mengumpulkan dan mengolah data informasi dan unit pemasaran.

Menurut Kotler jenis informasi pemasaran dibagi tiga yaitu :

1. Pemasaran (Marketing Intelegence)

Informasi ini hanya mengalir dari lingkungan sekitar ke perusahaan.

2. Informasi Pemasaran Intern (Internal Marketing Information)

Informasi ini dikumpulkan dari dalam perusahaan sendiri.

3. Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication)

Informasi ini mengalir yang berasal dari perusahaan ke lingkungan sekitar.

Manfaat Sistem Informasi Pemasaran


1. Mengetahui kebutuhan pelanggan

Dengan melihat data – data pemasaran, perusahaan akan mudah mengetahui barang dan jasa yang diinginkan dan disukai pelanggan.

2. Mengetahui perencanaan yang efektif

Sistem ini akan menghasilkan sejumlah informasi yang dapat digunakan dalam membuat perencanaan  yang  efektif dan efisien.

3. Mengetahui Ancaman Perusahaan

Sistem informasi ini akan menghasilkan identifikasi dan menemukan masalah terkait para pesaing perusahaan. dengan begitu perusahaan dapat menentukan keunggulan yang lebih bervariasi seperti kualitas baik dan harga yang lebih murah.

Baca Juga : 

 

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply