3 Hambatan Komunikasi Bisnis dan Cara Mengatasinya

Posted on

hambatan komunikasi bisnis

AkuntansiLengkap.com – Berbagai jenis hambatan sering ditemui kala menjalin hubungan dengan partner bsnis perusahaan. namun jangan terlalu risau karena setiap masalah pasti ada solusinya. Berikut ini akan dibahas mengenai hambatan dalam komunikasi bisnis

Hambatan Dalam Komunikasi Bisnis


Hambatan dalam komunikasi bisnis dibagi menjadi tiga yakni:

1. Hambatan Teknis

Hambatan ini timbul umumnya karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran dalam pengiriman dan penerimaan pesan. Hambatan di era saat ini semakin dapat di minimalisir karena penemuan teknologi-teknologi komunikasi terbaru sehingga komunikasi melalui media komunikasi dapat diandalkan serta bisa lebih efisien.

2. Hambatan semantik

Hambatan (gangguan) semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian suatu idea secara efektif. Semantik berkaitan dengan bahasa yang digunakan komunikator sebagai alat untuk menyampaikan pikirannya kepada komunikan.

3. Hambatan manusiawi

Hambatan ini muncul dari masalah – masalah pribadi yang dihadapi oleh orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator atau komunikan.

Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini meliputi :

1. Hambatan yang muncul dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi, umur dan kondisi emosi, pencarian informasi, keterampilan mendengarkan, penyaringan informasi.

2. Hambatan ini ditimbulkan oleh iklim psikologis organisasi atau lingkungan sosial dan budaya seperti kondisi suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut.

Cara Menanggulangi Hambatan Komunikasi Bisnis


Berikut ini adalah solusi dalam menanggulangi komunikasi bisnis :

  • Belajar dan berlatih
  • Memperdalam hubungan kemanusiaan, yaitu mempelajari tentang etika
  • Memahami sistem sosial
  • Menggunakan media komunikasi yang tepat
  • Menggunakan bahasa yang dipahami oleh komunikator dan komunikan

Demikian artikel hambatan komunikasi bisnis diatas semoga dapat bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih

Baca Juga :

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.