Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia

Posted on

Salah satu faktor yang dapat menentukan sebuah perusahaan asuransi terbaik adalah bagaimana perusahaan tersebut membuat laporan tahunan. Tentu saja hal ini harus diketahui jika ingin melakukan asuransi ataupun melihat seberapa besar perusahaan asuransi yang ingin Anda ikuti.

Sangatlah penting melakukan riset agar tidak salah dalam memilih produk asuransi. Tentu perusahaan tersebut harus memiliki kredibilitas dan portofolio yang bagus.

Berikut ini daftar rekomendasi perusahaan asuransi di Indonesia kami sajikan berdasarkan hasil Lembaga Riset Media Asuransi (LMRA) yang disadur dari situs onoini.com.

30 Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia versi LMRA

Pada tahun 2020 LMRA melakukan analisis data perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Seperti diketahui bahwa LMRA merupakan sebuah media asuransi yang menerbitkan majalah dengan topik perbankan, asuransi, pasar modal dan industri yang berkaitan dengan keuangan.

Berikut daftarnya:

  1. PT Asuransi Sinar Mas
  2. PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
  3. PT Asuransi Astra Buana
  4. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk
  5. PT Asuransi Central Asia
  6. PT Asuransi Bangun Askrida
  7. PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk
  8. PT Asuransi Wahana Tata
  9. PT Sompo Insuransi Indonesia
  10. PT Asuransi Multi Arta Guna, Tbk
  11. PT Asuransi Simas Insurtech
  12. PT Asuransi MSIG Indonesia
  13. PT BRI Asuransi Indonesia
  14. PT Asuransi Tokio Marice Indonesia
  15. PT Lippo General Insurance, Tbk
  16. PT Prudential Life Assurance
  17. PT Asuransi Allianz Life Indonesia
  18. PT AIA Financial
  19. PT Indolife Pensiontama
  20. PT Capital Life Indonesia
  21. PT AXA Mandiri Financial Services
  22. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
  23. PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha
  24. PT Asuransi BRI Life
  25. PT Panin Dai-ichi Life
  26. PT Asuransi Jiwa Sequis Life
  27. PT Astra Aviva Life
  28. PT Sun Life Financial Indonesia
  29. PT Asuransi Simas Jiwa
  30. PT BNI Life Insurance

Dari 30 daftar di atas, manakah yang sudah Anda ikuti asuransinya? Anda bisa mempertimbangkan daftar perusahaan di atas sebelum memutuskan ber-asuransi. Dan tentu saja harus mempertimbangkan asuransi apa yang ingin anda pilih.

Apakah Anda akan memilih asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan atau asuransi bisnis. Ini tak kalah penting karena asuransi sangat banyak jenisnya dan harus dilakukan riset terlebih dahulu jika ingin membeli produk asuransi.

Baca juga : Perusahaan Multinasional : Pengertian, Ciri dan Contohnya

Jenis – Jenis Asuransi di Indonesia

Berikut penjelasan singkat dari jenis asuransi yang telah kami sebutkan di atas.

Asuransi Kesehatan

Pengertian asuransi kesehatan yaitu sebuah produk asuransi yang membidangi secara spesifik dalam pembiayaan kesehatan atau merawat anggota asuransi jika jatuh sakit dan mendapatkan musibah kecelakaan.

Asuransi jenis ini akan mengcover atau pembiayaannya mencakup perawatan selama anggota asuransi sakit karena kecelakaan.

Apa saja biaya yang dicover oleh asuransi kesehatan? Untuk biaya yang dapat ditalangi oleh asuransi mencakup biaya rawat inap, rawat jalan yang di dalamnya termasuk obat-obatan.

Jadi sebelum Anda memilih perusahaan asuransi terbaik harus melihat poin-point asuransi yang dicover oleh perusahaan itu. Karena ada asuransi kesehatan yang hanya bisa mengcover biaya ketika anggota rawat inap di rumah sakit dengan nilai pertanggungan amat kecil.

Asuransi Jiwa

Berikutnya adalah asuransi jiwa, salah satu produk asuransi yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat. Asuransi ini merupakan perlindungan terhadap kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang yang disebabkan adanya kematian anggota asuransi.

Produk asuransi ini sangat tepat untuk langkah antisipasi jika ada keluarga yang ditinggalkan, jika anggota yang menjadi sumber nafkah meninggal, sehingga sumber pendapatan akan mengalami gangguan.

Jika sumber nafkah dalam keluarga tersebut meninggal, maka keuangan keluarga pasti akan mengalami penurunan dan hal ini bisa berlangsung lama. Maka sebagai langkah tepat mengantisipasi hal tersebut, akan sangat baik jika sejak awal Anda menggunakan asuransi jiwa.

Di Indonesia sendiri banyak perusahaan asuransi jiwa yang sudah berdiri lama seperti Asuransi Jiwasraya, Asuransi Bumi Putera dan lainnya.

Baca juga : Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang menangggung cedera karena kecelakaan, hilang atau terkena bencana alam. Asuransi ini berfokus pada tanggungan cedera kepada orang lain atau atas kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung.

Di Indonesia asuransi kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah asuransi mobil. Karena mobil adalah kendaraan yang sering terjadi kecelakaan di jalan raya ataupun mengalami kerusakan.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis perlindungan pada asuransi mobil. Pertama All Risk dan yang kedua adalal TLO (Total Loss Only). Keduanya memiliki perbedaan apa saja yang dicover ketika terjadi kerusakan pada mobil.

Asuransi Pendidikan

Sangat penting merencanakan pendidikan anak sejak kecil. Untuk itu perusahaan asuransi terbaik yang harus anda ikuti adalah yang mempunyai produk asuransi pendidikan. Jenis asuransi ini adalah sebagai asuransi yang menjamin kehidupan yang lebih baik pada pendidikan anak.

Kita tahu bahwa biaya pendidikan sangatlah tinggi, apalagi di kondisi ekonomi yang tidak stabil tentu saja memikirkan pendidikan anak sangat krusial agar mereka mendapatkan apa yang jadi cita-citanya. Untuk itu sangat disarankan mengikuti asuransi pendidikan sejak anak masih kecil bahkan masih dalam kandungan agar ketika mereka lahir sudah memiliki asuransi yang baik untuk masa depannya.

Asuransi Bisnis

Kalau Anda seorang pebisnis atau pengusaha, maka asuransi bisnis sangat penting dimiliki. Hal ini tentu saja untuk melindungi aset atau kerugian atas kerusakan dan kehilangan yang nilainya besar.

Asuransi bisnis akan mengcover segala hal yang berhubungan dengan aset bisnis, perlindungan investasi, dan juga terhadap seluruh karyawan.

Asuransi bisnis sangat penting digunakan agar ketika terjadi kerusakan atau kehilangan yang bisa saja terjadi maka Anda akan mendapatkan pengganti.

Asuransi Perjalanan

Asuransi jenis ini merupakan asuransi biasa yang memproteksi nasabah dengan jangka waktu pendek. Asuransi ini bisanya hanya berlaku ketika pembeli premi asuransi melakukan perjalanan hingga dia kembali pulang.

Ketika terjadi kecelakaan di perjalanan maka akan memperoleh proteksi dan penanggunangan biaya kecelakaan yang menimpa si pembeli premi asuransi perjalanan.

Kesimpulan

Dari daftar perusahaan asuransi terbaik yang telah kami sebutkan di atas, bukan berarti yang pertama itu yang paling baik. Anda harus mengecek terlebih dahulu sejarah dan kiprahnya di dunia asuransi. Pilihan tetap di tangan Anda sebagai calon pengguna asuransi.

Leave a Reply