Pengertian Komunikasi Bisnis [Tujuan, Bentuk, Manfaat, dan Fungsi]

Posted on

pengertian komunikasi bisnis

“Pengertian Komunikasi Bisnis [Tujuan, Bentuk, Manfaat, dan Fungsi]”

Akuntansilengkap.compengertian komunikasi bisnis | adalah terdiri dari dua suku kata, yaitu komunikasi dan bisnis. Komunikasi sendiri adalah sebagai aktivitas dasar manusia untuk berhubungan dengan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis adalah suatu struktur secara dinamis, dari pertukaran gagasan, perasaan dan usaha bersama, dengan tujuan memperoleh keuntungan. (Lawrence D.Brennan) [1]

Bisnis hanya bisa dilakukan apabila ada dua orang atau lebih yang berinteraksi dan berkomunikasi. Bisnis bisa dilakukan baik seseorang atau suatu badan, dengan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Menurut Katz,

Komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.

Menurut Rosenblatt

Definisi komunikasi bisnis adalah pertukaran ide-ide ,opini,informasi ,instruksi dan sejenisnya yang dikemukakan baik secara personal,ataupun non personal melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perushaan.

Menurut Curtis

Pengertian komunikasi bisnis dalam organisasi bisnis ditunjukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.

Baca juga:

  1. Pengertian Manajer Menurut Para Ahli Serta Tugas, 3 Tingkatan dan Contoh
  2. Pengertian dan Contoh Soal Piutang Wesel Dalam Akuntansi
  3. 10 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Para Ahli

Tujuan Komunikasi Bisnis

Tujuan komunikasi bisnis menurut James J. Floyd dan Jerry L. Winsor dan B Curtis diantaranya adalah:

  1. Menyelesaikan Masalah dan Membuat Keputusan.

Pendapat ini sangat tepat karena semakin tinggi seseorang dalam suatu bisnis, maka seseorang tersebut akan bergantung kepada keahlian sesorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk mencapai sebuah keberhasilan.

  1. Mengevaluasi Perilaku.

Penilaian diperlukan oleh para anggota organisasi guna mengetahui dan untuk mengoreksi hal-hal apa saja yang akan dan telah dilakukan terhadap prestasi mereka. Penilaian semacam ini juga memerlukan kepekaan dan keahlian komunikasi.

  1. Pemenuhan kebutuhan barang dan jasa

Menurut Soeganda Priyatna, pemenuhan kebutuhan barang yang diperlukan masyarakat adalah tujuan komunikasi bisnis. Tujuan kegiatan bisnis sendiri adalah untuk memperoleh laba. Setiap organisasi menetapkan tujuan bisnisnya berkaitan dengan sistem nilai masyarakat tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.

Baca juga:

  1. Pengertian, Fungsi, Tujuan Akuntansi Keuangan Terlengkap
  2. Pengertian Badan Usaha, Jenis-Jenis, Fungsi dan Bentuknya
  3. 5 [Bahasan] Landasan Koperasi Beserta Asas, Tujuan, Fungsi, Prinsip

Fungsi Komunikasi Bisnis

Fungsi dari komunikasi bisnis menurut sutrisna dewi adalah:

  1. Informatif

Setiap informasi sangat dibutuhkan oleh pimpinan dan anggota organisasi guna menyelesaikan setiap tugas-tugas mereka. Informasi tersebut digunakan sebagai upaya organisasi untuk mencapai tujuannya.

  1. Pengendalian (Regulatory)

Komunikasi bisnis sangat berfungsi sebagai pengatur dan pengendali organisasi. Prosedur, perintah peraturan dan laporan inilah yang disebut berupa komunikasi bisnis.

  1. Persuasif

Dengan komunikasi, bisa digunakan untuk mengajak, mengikuti atau menjalankan ide/ gagasan atau tugas.

  1. Integratif

Komunikasi memungkinkan membagi organisasi menjadi beberapa bagian atau departemen akan tetap merupakan satu kesatuan yang utuh.

Bentuk Komunikasi Bisnis

Setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam melakukan komunikasi bisnis. Contohnya perusahaan kecil, penyampaian informasi bisa dilakukan secara langsung kepada karyawan atau pihak lain. Sedangkan bagi perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan tentu penyampaian informasi tersebut harus dilakukan secara khusus.

Menurut Djoko Purwanto, pola komunikasi bisa dikelompokkan menjadi saluran komunikasi formal (formal communications channel) dan saluran komunikasi nonformal (informal communications channel)

  1. Saluran Komunikasi Formal

Dalam struktur organisasi garis, fungsional atau matriks, dalam kaitannya dengan proses penyampaian informasi dari manajer ke bawahan atau sebaliknya, pola transformasi informasinya bisa berbentuk dari atas ke bawah atau bawah keatas ( top down atau downward communications), komunikasi dari bawah ke atas ( bottom-up atau upward communications ), komunikasi horizontal ( horizontal communicatons ), dan komunikasi diagonal ( diagonal communications ).

  1. Komunikasi dari atas kebawah, adalah komunikasi dari manajer dengan bawahannya. Aliran komunikasi tersebut biasanya berhubungan dengan tanggungjawab atau kewenangannya dalam suatu organisasi/bisnis. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengarahkan, mengordinasikan, memotivasi, memimpin, dan mengendalikan berbagai kegiatan yang ada di level bawah. Jalur komunikasi dari atas (manajer) kebawah (karyawan) adalah penyampaian pesan yang isinya bisa berbentuk instruksi, perintah atau prosedur untuk dijalankan oleh para bawahan dengan baik.
  2. Komunikasi dari bawah (karyawan) ke atas (manajer) adalah komunikasi yang isinya menyampaikan pesan yang bermula dari karyawan, selanjutnya disampaikan kepada bagian yang lebih tinggi, seperti bagian pabrik, manajer produksi dan manajer umum. Manajer yang bijak selalu memperhatikan aspirasi yang berasal dari karyawan. Karena dengan keterlibatan bawahan akan dapat membantu pencapaian tujuan organisasi atau bisnis.
  3. Komunikasi Horizontal adalah komunikasi yang dilakukan antara bagian yang mempunyai posisi yang sejajar dalam organisasi bisnis. Komunikasi ini bertujuan untuk melakukan persuasi, mempengaruhi atau memberikan informasi kepada bagian atau departemen yang kedudukannya sejajar.
  4. Komunikasi Diagonal, adalah komunikasi yang mellibatkan komunikasi antara dua tingkat (level) organisasi yang berbeda. Contohnya, adalah komunkasi antara manajer pemasaran denan bagian pabrik yaitu antara manajer bagian produksi dengan bag akuntansi atau manajer produksi dengan bagian promosi dan bagian keuangan dengan bagian penelitian. Keuntungannya, penyebaran informasi bisa menjadi lebih cepat dibandingkan dengan komunkasi bentuk tradisional.

2. Saluran Komunikasi Informal

Orang-orang dalam suatu jaringan komunikasi informal tidak memandang jenjang hirarki, pangkat atau kedudukan, bisa berkomunikasi secara luas. Meskipun pembicaraan hanya bersifat umum. Contohnya: mengobrol humor, anak-anak, keluarga dan terkadang membahas tentang situasi kerja pada organisasinya.

Itulah tadi Pengertian Komunikasi Bisnis [Tujuan, Bentuk, Manfaat, dan Fungsi]. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih banyak sudah berkunjung. 🙂 Like and share ya ! 

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  [Lengkap] Rumus Elastisitas Permintaan Dan Penawaran + Contoh Soal
  2.  7 Jenis Produk Pasar Modal [Manfaat dan Fungsinya]
  3.  [Lengkap] Pengertian, Faktor Pendorong, Hambatan Perdagangan Internasional [Contoh di Indonesia]
  4.  Pengertian Dumping Adalah [Contoh dan Jenisnya] Dalam Perdagangan Internasional
  5.  3 Karakteristik Administrasi Perkantoran Dan Contohnya
  6.  Unsur Unsur Administrasi Perkantoran [Contoh dan Penjelasan] Menurut Ahli
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *