15 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)

Posted on
15 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula (Modal Kecil Untung Banyak)
5 (100%) 7 votes

15 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Modal Kecil Untung Banyak

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula – Temen temen mahasiswa pastilah sudah ingin merasakan punya penghasilan sendiri, atau untuk kebutuhan hidup bagi yang merantau. Tak ayal lagi, banyak yang mengambil peluang usaha sampingan, sambil tengah belajar di bangku perguruan tinggi.

Banyak sekali peluang usaha yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan bagi para mahasiswa. Berikut contohnya:

1. Penulis Artikel

ide bisnis untuk mahasiswa menjadi penulis artikel

Akhir – akhir ini banyak sekali lowongan kerja penulis lepas/ freelancer, dimana banyak sekali kebutuhan konten writer dengan jumlah penulis lepas yang banyak. Tak ayal, banyak dipost di sosial media ataupun di web pencarian ditemukan beribu lowongan kerja penulis lepas.

Bagi mahasiswa – mahasiswa muda yang memiliki keahlian dalam bidang kepenulisan ataupun memiliki ketertarikan untuk menulis, sumber peluang usaha yang satu ini layak untuk dicoba dan ditekuni.

Bisa diambil contoh banyak penulis muda yang walaupun disetiap diri mereka masing – masing tidak memiliki latar belakang seorang penulis, tetapi mereka bisa dan mampu mengejar apa yang mereka inginkan, misalnya Dea Anugrah.

Dia seorang lulusan filsafat UGM dimana dia disebut – sebut sebagai masa depan sastra Indonesia. Dia pernah terpilih dalam Ubud Writersand Readers Festival pada tahun 2012 dan menjadi salah satu penulis Indonesia yang mengikuti residensi ke luar negeri.

Untuk peluang usaha ini, para penulis akan dibayar per artikel yang mereka tulis, yang sebelumnya topik/tema telah ditentukan sebelumnya. Jadi, para penulis hanya tinggal menuliskan, mengutarakan, dan menjelaskan dalam bentuk tulisan, yang hasilnya nanti bisa untuk ditabung, ataupun digunakan untuk menunjang hidup mereka saat ini.

Baca : Contoh Bisnis Modal 10 Juta

2. Jasa Desain Grafis

bisnis mahasiswa pemula menjadi desain grafis

Untuk peluang usaha desain grafis, tentunya peluang usaha ini disarankan untuk para mahasiswa yang berfokus atau menekuni bidang desain, seperti anak Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka layaknya mengerti dan paham akan bidang desain sebelum melanjutkan mengambil peluang usaha ini.

Mahasiswa – mahasiswa jurusan lain pun bisa mengambil peluang usaha ini tentunya. Mereka yang memiliki ketertarikan dalam bidang desain grafis dan mumpuni dalam bidang tersebut.

Yang mereka perlukan adalah pengetahuan dari dasar desain grafis, bisa dengan mempelajari Adobe Potoshop, Corel Draw dan lain – lain.

Contoh singkatnya seperti Kathrin Honesta, seorang lulusan periklanan dan Desain Grafis dari The One Academy Malaysia ini merupakan seorang ilustrator dan desainer grafis lepas yang saat ini tinggal di Jakarta.

Menurut Kathrin, hal yang dapat menginspirasinya dan menuangkan idenya adalah dengan lebih banyak terbuka, dengan rasa keingintahuan yang tinggi serta berobservasi dengan segala pendekatan yang ia butuhkan.

Yang akhirnya, ia akan menuangkan sebuah pemikirannya menjadi sebuah karya.

Rasa – rasanya, mereka tidak akan kesulitan dalam mencoba peluang usaha ini.

Berikut beberapa rekomendasi untuk menjual desain grafis kamu;

  1. Fiver
  2. 99desain
  3. Creative Market
  4. Gigster

3. Jasa penerjemah

Penerjemah ? apakah peluang usaha penerjemah juga bisa menghasilkan pundi – pundi uang ?

Jawabannya adalah ya, kenapa ?, karena dalam kebutuhan perkuliahan ataupun diluar bidang kuliah banyak sekali dicari penerjemah yang profesional untuk mentranslate kebutuhan bahasa mereka.

Dan para mahasiswa yang ahli dalam bidang bahasa ataupun verbal, pasti akan tertarik untuk ambil bagian dalam peluang usaha ini. Jasa yang mereka dapatkan juga tidak sedikit, mengingat banyak sekali dibutuhkan penerjemah – penerjemah profesional di zaman global sekarang.

4. Make up artist

Make up artist, bidang satu ini layak dicoba bagi para mahasiswa yang jago dalam tata rias ataupun menyukai bidang tata rias. Keuntungan dalam peluang usaha ini benar – benar cukup besar jikalau dibandingkan dengan peluang usaha lain.

Karena satu orang yang dirias bisa menghasilkan minimal 50k setiap hasil riasan. Itupun untuk hasil rias dalam standar biasa, kalau standar yang diminta tinggi bisa dibayangkan berapa para perias mendapatkan pundi – pundi uang mereka.

Contoh seorang pemudi Indonesia yang menekuni bidang make up artist ini adalah Archangela Chelsea Yusuf, keterampilannya dalam industri make up tidak usah diragukan lagi, ia telah menjadi MUA kepercayaan banyak selebriti Hollywood. Yang terbaru, dia terpilih menjadi prostylist untuk LAKME Indonesia, sebuah brand make up profesional berstandar Internasional.

Untuk make up artist sendiri, kebutuhan yang terpenting adalah alat rias dan tempat rias. Para mahasiswa yang memang menyukai bidang ini, pastilah mereka memiliki alat rias masing – masing yang lumayan lengkap.

Karena mereka memang menjaga penampilan mereka ketika berangkat ke kampus agar terlihat lebih fresh dan menawan.

Baca : Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan

6. Pulsa Elektrik

Bagi sebagian mahasiswa, mereka masih menggunakan pulsa elektrik untuk berkomunikasi dengan saudara ataupun keluarga kapanpun dan dimanapun. Walaupun, sekarang peran paket data jauh lebih diminati oleh para anak sekolah, tetapi pulsa elektrik juga ambil peran dalam bidang komunikasi sekarang ini.

Usaha pulsa elektrik bisa dicoba oleh para mahasiswa demi menunjang karir mereka. Mereka bisa mendapatkan pelanggan setia di kawasan kampus atau sesama anak fakultas.

Dengan begitu, aliran dana yang didapat mereka cukup untuk menambah penghasilan sedikit demi sedikit, dan para mahasiswa sendiri bisa mempergunakan uang hasil usaha ini untuk membayar uang kuliah ataupun membeli kebutuhan saat kuliah.

7. Bimbingan belajar

Peluang usaha bimbel/ bimbingan belajar layak dicoba bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang pengajaran atau pendidik. Mereka akan lebih leluasa menjelaskan secara detail mata – mata pelajaran tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Peluang usaha ini benar – benar menambah pengalaman para mahasiswa dalam mengajar. Dimana para mahasiswa memposisikan diri mereka sebagai guru dihadapan murid, kemudian menjelaskan secara gamblang dan jelas setiap mata pelajaran.

Peluang usaha ini tidak sesusah jika kita menjadi guru asli, karena disini kita Cuma dituntut mengajarkan apa yang kita ketahui lebih dulu, dan apa yang belum diketahui oleh para murid.

Para murid akan memberikan pertanyaan yang mereka belum paham kepada kita, dan kita hanya harus menjawab semua pertanyaan mereka dengan bahasa yang lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh murid.

Usaha bimbingan belajar ini cukup memberikan wawasan lebih kepada kita, yaitu kita bisa mengingat mata – mata pelajaran dulu, dan lebih dapat bersosialisasi dengan adik – adik kelas kita yang masih duduk di bangku sekolah.

8. Jasa fotografi

bisnis mahasiswa pemula jasa photographer

Bagi para mahasiswa yang jago ataupun suka dalam bidang fotografi boleh dicoba menekuni bidang yang satu ini. Alih – alih mencari orang yang mengerti seluk – beluk kamera, para perusahaan penerima jasa jauh lebih menginginkan para mahasiswa tersebut.

Kamu bisa menjual hasil karya fotomu di website ini;

9. Web design

Web design merupakan peluang usaha yang tepat bagi para mahasiswa yang memiliki keahlian dalam bidang IT. Tetapi bukan berarti peluang usaha ini hanya bisa ditekuni oleh mahasiswa IT saja, mahasiswa lain ataupun orang biasa juga mampu dalam menekuni bidang yang satu ini, yang pasti dibutuhkan adalah mau belajar dan mau menekuni bidangnya.

Terbukti banyak para web designer yang tidak memiliki latar belakang di bidang IT, tetapi mampu dalam peluang jasa pembuatan website usaha yang satu ini.

Keuntungan yang didapat juga lumayan besar, tergantung tingkat kerumitan website yang dibuat, dan pastinya disesuaikan sesuai keinginan bagi para penerima kerja ini.

10. Youtuber

peluang usaha untuk mahasiswa menjadi youtuber

Bagaimana dengan youtube, apakah peluang usaha ini menjanjikan. Pastilah ya, bisa dilihat banyak sekali orang yang sekarang membuat channel youtube yang berfokus untuk menghasilkan uang ataupun sekedar menampilkan hiburan semata.

Kalau para mahasiswa ingin membuka peluang usaha ini, sah – sah saja karena ada banyak faktor yang berada di belakangnya.

Yang dibutuhkan seorang youtuber adalah konten mereka yang menarik, dan diminati oleh banyak orang. Kalau konten yang dibuat biasa saja ataupun banyak yang sudah menyamainya kemungkinan akun youtube kita jarang ditengok oleh orang, tetapi kalau akun youtube kita menarik dan bagus, bukan hoax pastinya, maka banyak orang akan merasa penasaran dan langsung menayangkan video yang kita unggah di akun youtube kita.

Banyak sekali para youtuber muda Indonesia dengan karir yang gemilang, misalnya Ria Ricis.

Ria merupakan seorang Youtuber, pembawa acara di stasiun televisi nasional maupun swasta di Indonesia, namanya disebut – sebut sebagai ratu Squishy, karena dia sering meng-upload video di akun youtubenya dengan banyak sekali squishy.

Ia memiliki channel youtube yang subscribernya mencapai 9,6 juta saat ini. Dengan konten video yang menarik yang Ria upload, banyak sekali para pengguna youtube secara berkala memantau channel Youtube Ria.

Yang pastinya, Ria selalu meng-upload video dengan konten menarik dan bisa dinikmati oleh banyak kalangan.

11. Online shop

Bisnis online shop memang sudah merambah di zaman sekarang ini. Banyak orang berbondong – bondong menggunakan aplikasi online shop untuk berebelanja cepat dan tidak perlu kemana – mana.

Peluang usaha ini layak dicoba para mahasiswa yang tertarik dalam bisnis, mereka bisa menawarkan barang kepada teman kuliah ataupun saudara, ataupun orang lain yang mereka tidak kenal.

Banyak sekali pengguna online shop sekarang ini, karena perspektif di mindset setiap orang sekarang adalah,

  • Pertama mereka malas bepergian keluar rumah, banyak faktor yang membuat mereka menjadi malas keluar rumah, misalnya lelah ataupun memang mager (malas gerak).
  • Kedua mereka tidak direpotkan untuk melihat barang secara langsung ditempat penjual. Mereka bisa langsung melihat barang dari tampilan layar ponsel mereka masing – masing.
  • Ketiga barang yang mereka pesana akan diantar sesuai lokasi dimana mereka tinggal. Yang oleh karena itu, para pengguna online shop tidak harus repot – repot pergi keluar karena barang mereka pasti akan diantar sesuai tujuan.

Kalian bisa coba tips jualan di instagram, untuk memulai usaha online

12. Bisnis makanan ringan

Banyak sekali para mahasiswa yang ikut andil dalam bisnis yang satu ini. Mereka akan menjual makanan ringan ataupun jus kepada teman – teman sewilayah mereka. Mereka juga bisa mempromosikan barang dagangan mereka lewat akun sosial media mereka yang nanti pasti dilihat oleh teman – teman mereka yang lain.

Sebagian mahasiswa akan merasa malas ketika pagi hari harus makan makanan berkarbohidrat tinggi yaitu nasi, jadi mereka akan memilih memakan roti ataupun makanan ringan yang pas untuk mengganjal perut mereka ketika pagi. Berikut ide usaha makanan ringan yang bisa kalian coba.

13. Jasa printing

Peluang usaha ini cocok bagi mereka, para mahasiswa, yang memiliki alat print dirumah. Mereka bisa menawarkan jasa print kepada sesama mahasiswa lain untuk menggunakan jasa yang ia sediakan.

Dan para mahasiswa lain tidak perlu repot – repot lagi dalam menformat form tugas mereka, karena para mahasiswa yang memiliki alat print pasti sudah tahu apa yang mereka butuhkan.

Berbeda dengan melakukan jasa print diluar, mereka akan bersusah payah dalam mencetak form mereka dengan memperbaiki format ataupun mengedit dahulu sesuai keterangan mereka.

Sedangkan bila pemilik alat print adalah seorang mahasiswa pasti jauh lebih mudah, karena si pemiliki jasa print sudah pasti tahu format yang dibutuhkan untuk tugas mahasiswa.

14. Grupband / Grup musik

Banyak para mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang musik, dan banyak pula yang suka mendengarkan musik. Peluang usaha ini rasanya cocok mereka coba dan tekuni sekarang.

Para mahasiswa yang menyukai musik hanya harus membuat sebuah grupband ataupun grup musik kemudian mereka hanya harus berlatih maksimal, lantas manggung di wilayah – wilayah mereka.

Mungkin pada awal – awal agak susah, tetapi bila ditekuni, peluang usaha ini bisa dikatakan cukup menguntungkan apabila terus berlanjut dan para pemain semakin lihai dalam bermain alat musik.

Karena banyak orang yang suka sekali mendengarkan musik, apalagi musik yang memiliki irama merdu dan enak, jadi mereka akan berbondong – bondong menonton sebuah acara musik demi mengikuti apa yang mereka inginkan.

15. Dropship /reseller online

Bisnis dropshop juga bisa dibilang cukup menguntungkan bagi para mahasiswa, dimana para mahasiswa tidak perlu memiliki sebuah produk untuk dijual atau dipasarkan, tetapi para pekerja dropshop ini hanya tinggal menjual produk milik orang lain.

Para reseller dropship menjual produk dengan menjelaskan secara detailnya, bisa lewat akun media sosial pribadi dalam mempublikasikannya.

16. Jasa perbaikan smartphone

bisnis mahasiswa dengan modal keci jasa perbaikan smartphone

Peluang usaha ini sangatlah cocok bagi mereka, para mahasiswa yang memiliki keahlian mendalam dalam bidang IT. Ataupun bisa juga dicoba bagi mereka para mahasiswa yang memang suka dalam bidang IT.

Jasa perbaikan smartphone memang banyak sekali diminati oleh banyak kalangan. Karena ponsel pintar mereka sering sekali mengalami eror ataupun rusak secara tiba – tiba, dan para mahasiswa yang menekuni bidang ini pastinya akan tertarik bila mencobanya.

Ada kalanya, smartphone teman – teman mahasiswa lain terjatuh ataupun rusak ketika di kampus, maka para pemiliki ponsel ini akan segera saja mencari teman terdekat mereka yang memiliki keahlian dalam bidang utak – atik ponsel. Dan ketika mereka sudah akrab, maka pelanggan setia akan terus bertambah seiring waktu, dan keuntungan dari peluang usaha ini akan terus berlanjut.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.