Pembagian Ilmu Ekonomi dan Contohnya [Deskriptif, Teori, dan Terapan]

Posted on

Pembagian Ilmu Ekonomi [Ilmu Ekonomi Deskriptif, Teori, dan Terapan]

Pembagian Ilmu Ekonomi [Ilmu Ekonomi Deskriptif, Teori, Serta Terapan] | Sebelum kita membahas mengenai pembagian ilmu-ilmu ekonomi, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari ilmu ekonomi tersebut.

Tahukah kamu?
Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari  tentang segala tingkah laku manusia yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas serta usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas.

Peranan penting suatu ekonomi dalam masyarakat sangat memberikan dampak yang sangat besar bagi suatu kehidupan. Hal ini yang dapat menyebabkan banyaknya pembagian-pembagian dalam ilmu ekonomi tersebut.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi terbagi dalam 3 kategori yaitu sebagai berikut :

  1. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ilmu Ekonomi Deskriptif ialah ilmu ekonomi yang mengumpulkan fakta penting yang berkaitan dengan suatu persoalan ekonomi atau topik tertentu.

Atau dengan arti lain ialah ilmu ekonomi deskriptif merupakan suatu analisa mengenai bidang ekonomi yang menggambarkan mengenai kondisi yang sebenarnya atau sesuai fakta yang terjadi dalam kegiatan perekonomian.

Contoh ilmu ekonomi deskriptif

Contoh ilmu ekonomi deskriptif adalah krisis moneter di Indonesia yang terjadi pada tahun 1998.

Pengetahuan mengenai fakta yang terdapat dalam perekonomian belumlah cukup untuk mempelajari ilmu ekonomi. Hal yang terpenting ialah menyusun data mengenai kenyataan atau fakta yang ada secara sistematis, dan membuat gambaran secara umum mengenai kegiatan perekonomian beserta komponen-komponen di dalamnya.

Baca juga:

  1. 5 Teori Pertumbuhan Ekonomi (Klasik, Neo Klasik, Adam smith, Schumpeter)
  2. Perencanaan Pembangunan Ekonomi “Pengertian, Unsur Tujuan, Ciri-cirinya”
  3.  Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur]
  1. Ilmu Ekonomi Teori

Ekonomi Teori adalah pandangan yang menggambarkan kegiatan ekonomi yang memiliki sifat hubungan yang nyata dan menggambarkan ramalan suatu peristiwa yang kemungkinan akan terjadi di masa depan jika terdapat suatu kondisi yang dapat berpengaruh menuju perubahan. Ilmu ekonomi teori terbagi menjadi 2 macam yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro.

Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu Ekonomi Makro ialah salah satu ilmu ekonomi yang membahas mengenai keseluruhan kegiatan ekonomi dalam cakupan nasional. Analisis ilmu ekonomi makro ini bersifat global, dan tidak berfokus kepada kegiatan ekonomi yang terdapat dalam unit-unit kecil perekonomian.

Ilmu ekonomi makro membahas tentang suatu perubahan ekonomi yang berpengaruh kepada aktivitas ekonomi rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar.

Dalam menganalisis cara yang dapat mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, stabilitas harga, serta pencapaian suatu keseimbangan neraca yaitu dengan menggunakan ilmu ekonomi makro.
Permasalahan yang terjadi dalam ekonomi makro adalah sebagai berikut:

  • Kemiskinan dan pemerataan
  • Krisis nilai tukar
  • Hutang luar negeri
  • Perbankan, kredit macet
  • Inflasi
  • Pertumbuhan ekonomi
  • Pengangguran

Ilmu Ekonomi Mikro

Ilmu Ekonomi Mikro ialah suatu ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian kecil dalam kegiatan perekonomian secara khusus. Contohnya ialah analisis membahas tentang masalah yang terjadi di suatu pasar, perusahaan, harga komoditas tertentu, dan lain-lain.

Ilmu ekonomi mikro meneliti tentang macam-macam keputusan dan perilaku yang dapat mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga di pasar.

Masyarakat yang melakukan kegiatan pengkombinasian suatu konsumsi atau produksi secara optimal di pasar yang dapat membentuk suatu pencapaian atas keseimbangan yang akan terjadi dalam skala makro, dengan syarat yaitu semua hal lain yang berkaitan tetap sama (ceteris paribus).

Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro adalah sebagai berikut (Baca juga 3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro ):

NoEkonomi MikroEkonomi Makro
1Menganalisis harga suatu barang  dan jasa tertentu saja.Menganalisis harga barang dan jasa  secara keseluruhan.
2Menganalisis tentang perilaku pelaku ekonomi tertentu saja ( produsen atau konsumen ).Menganalisis mengenai segala permasalahan ekonomi secara keseluruhan seperti produksi nasional, pengangguran dan pertumbuhan ekonomi.
3Memahami bagaimana mengalokasi kan faktor produksi agar dicapai kom binasi yang tepat.Menganalisis pengaruh kegiatan ekonomi tertentu terhadap kinerja perekonomian secara nasional.
  1. Ilmu Ekonomi Terapan

Ilmu Ekonomi Terapan ialah ilmu ekonomi yang menerapkan ilmu ekonomi teori dalam merumuskan segala kebijakan-kebijakan dan pedoman yang tepat untuk mengatasi masalah ekonomi yang terjadi.

Selain itu Ilmu ekonomi terapan juga termasuk dalam cabang ilmu yang mempelajari secara khusus tentang bagaimana penerapan teori ekonomi dalam suatu rumah tangga produksi.

Ilmu ekonomi terapan juga termasuk ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif. Dengan kata lain, ilmu ekonomi terapan merupakan penerapan teori-teori ekonomi yang dalam praktek kehidupan masyarakat yang dilakukan secara nyata, seperti penerapan ekonomi koperasi dan ekonomi perusahaan.

Contoh ilmu ekonomi terapan

Contoh ilmu ekonomi terapan adalah ekonomi di perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, dan sebagainya.

8 Cabang Ilmu Ekonomi 

Cabang ilmu ekonomi yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu Ekonomi Moneter merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas seputar perbankan, lembaga keuangan dan berbagai aspek lainnya yang terkait seperti inflasi, tingkat suku bunga, dan jumlah uang beredar.

Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik merupakan cabang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam perekonomian negara (publik). Contohnya seperti APBN, APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.

Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu ekonomi industri adalah cabang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan interaksi perusahaan dalam suatu industry. Aspek-aspek di dalamnya seperti persaingan usaha, kinerja perusahaan atau kartel.

Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kegiatan perekonomian antar bangsa atau antarnegara. Aspek-aspek di dalamnya seperti transaksi aliran investasi antarnegara, transaksi perdaganagan antar negara dan neraca pembayaran.

Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses pengembangan suatu wilayah.

 Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA)

Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA) adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas perihal alokasi sumber daya alam yang paling optimal menurut ekonomi.

Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM)

Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM) adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas perihal faktor produksi tenaga kerja. Aspek di dalamnya meliputi masalah tingkat pendidikan calon tenaga kerja, pengangguran dan upah minimum pekerja.

 Ilmu Ekonomi Syariah

Ilmu ekonomi syariah merupakan cabang ilmu ekonomi yang di harapkan dapat menerapkan ekonomi islam. Contoh bahasannya seperti penghapusan riba pada perekonomian, prinsip bagi hasil, dan zakat.

 

Nah demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Pembagian Ilmu Ekonomi [Ilmu Ekonomi Deskriptif, Teori, Serta Terapan]. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda yang membacanya. Terimakasih atas kunjungannya yaa…

Kunjungi artikel terbaru:

  1.  “8 Pengertian dan Perbedaan” Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli
  2.  Pembangunan Ekonomi [Pengertian, Tujuan, Faktor, Dampak, dan Contohnya]
  3.  [Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara
  4.  Hukum Permintaan dan Penawaran [Pengertian, Jenis, dan Kurva]
  5.  “Fungsi Permintaan dan Penawaran” Pengertian, Contoh Soal dan Jawaban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *