Tujuan dan Manfaat Komunikasi Bisnis

Posted on
komunikasi bisnis

AkuntansiLengkap.com – Artikel sebelumnya sudah membahas mengenai pengertian dan unsur komunikasi. Artikel kali ini akan diuraikan tujuan dan manfaat dari komunikasi bisnis.

Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang diterapkan pada dunia bisnis sejak didirikannya bisnis tersebut hingga perkembangan yang mencakup seluruh permasalahannya.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Tujuan komunikasi bisnis dapat digolongkan menjadi dua tujuan umum dan tujuan khusus :

  1. Tujuan umum komunikasi bisnis yakni mendukung tujuan bisnis supaya lebih efektif dan efisien guna memperbaiki pengelolaan bisnis.
  2. Tujuan khusus komunikasi bisnis yaitu menciptakan interaksi / hubungan antara perusahaan dengan konsumen, pemerintah, sesama dunia usaha serta dengan lingkungan agar tercipta hubungan baik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis.

1. Menginformasikan ( Informing)

Komunikasi bertujuan  memberikan Informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis bagi pihak lain , seperti pimpinan perusahaan ingin mendapatkan pegawai baru yang kompeten maka ia akn memasang sebuah iklan melalui media baik cetak maupun elektronik.

Setiap media pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dilihat melalui jangkauan biayanya, untuk itu harus dicermati dalam memilih iklan sesuai kebijakan maupun kemampuan internal perusahaan tersebut.

Baca juga: Bauran Pemasaran

2. Melakukan Persuasi (persuasion)

Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan persuasi kepada pihak lain agar sesuatu yang disampaikan dapat dipahami dengan baik, terutama dalam hal hubungan dengan penegasan konfirmasi pemesanan pelanggan atau negosiasi agar setiap pihak mendapatkan manfaat dan tidak ada yang merasa dirugikan.

3. Kolaborasi (Collaborating)

komunikasi ini bertujuan melakukan kolaborasi (kerjasama) bisnis dengan pihak lain. Bila komunikasi bisnis baik maka aktivitas bisnis dapat berjalan dengan baik pula.

Teknologi yang berkembang saat ini bisa mendukung dan mempererat komunikasi dan kerjasama bisnis.

Tujuan komunikasi bisnis menurut James J. Floyd dan Jerry L. Winsor dan B Curtis diantaranya adalah:

4. Menyelesaikan Masalah dan Membuat Keputusan.

Pendapat ini sangat tepat karena semakin tinggi seseorang dalam suatu bisnis, maka seseorang tersebut akan bergantung kepada keahlian sesorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk mencapai sebuah keberhasilan.

5. Mengevaluasi Perilaku.

Penilaian diperlukan oleh para anggota organisasi guna mengetahui dan untuk mengoreksi hal-hal apa saja yang akan dan telah dilakukan terhadap prestasi mereka. Penilaian semacam ini juga memerlukan kepekaan dan keahlian komunikasi.

6. Pemenuhan kebutuhan barang dan jasa

Menurut Soeganda Priyatna, pemenuhan kebutuhan barang yang diperlukan masyarakat adalah tujuan komunikasi bisnis.

Tujuan kegiatan bisnis sendiri adalah untuk memperoleh laba. Setiap organisasi menetapkan tujuan bisnisnya berkaitan dengan sistem nilai masyarakat tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.

Terkait : Hambatan Komunikasi Bisnis dan Cara Mengatasi

Manfaat Komunikasi Bisnis

Manfaat dari komunikasi bisnis terbagi menjadi dua, manfaat internal dan manfaat eksternal.

1. Manfaat Internal

Komunikasi yang efektif di dalam perusahaan dapat menunjang karir eksekutif perusahaan. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karir eksekutif supaya proses komunikasi berjalan dengan baik yaitu:

  1. Kemampuan manajemen
  2. Memiliki ambisi untuk maju
  3. Kepercayaan diri
  4. Kemampuan bekerja keras
  5. Kemampuan mengambil keputusan yang tepat
  6. Latar belakang akademis
  7. Kemampuan berkomunikasi efektif
  8. Berpenampilan menarik

2. Manfaat Eksternal

Menjalin komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan keberhasilan bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarkat.

Komunikasi bisnis yang baik tentu akan membawa dampak baik bagi peningkatan keberhasilan bisnis perusahaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Baca Juga :

  1. 8 Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya
  2. 10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi “Terbaru”
  3. 8 Ide Bisnis Online Tanpa Modal
Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. Materi artikel, penulis rangkum dari berbagai sumber. Kritik dan saran, silahkan dikirimkan melalui halaman kontak website.