Bauran Pemasaran : Pengertian, Variabel dan Strategi

Posted on

AkuntansiLengkap.comBauran pemasaran atau umum disebut marketing mix adalah suatu perangkat yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga bisa mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Dengan variabel – variabel di dalamnya, bauran pemasaran dapat dikatakan bisa menentukan tingkat keberhasilan dari pemasaran bagi perusahaan karena dapat membantu perusahaan mencapai tujuan pemasaran.

bauran pemasaran

Pengertian Bauran Pemasaran

Berikut pengertian bauran pemasaran menurut para ahli :

Kotler ( 2000: 18) menyatakan bahwa bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran pada perusahaan yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Bauran pemasaran adalah variabel-variabel terkendali yang dapat mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan.

Mc Carthy (Kotler 2000: 18) mempopulerkan tentang klasifikasi empat unsur seperangkat alat bauran pemasaran (marketing mix) yang dikenal dengan 4P yakni produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place) dan promosi (promotion).

Bahkan di dunia pemasaran orang-orang sudah mengenal dengan istilah 7P yaitu dengan tambahan sarana fisik (physical evidence), orang (people) dan proses (process). Variabel marketing mix maupun istilah ini yang umumnya di terapkan dalam perusahaan.

Baca : 10 Strategi Pemasaran Produk

Strategi Bauran Pemasaran

Berikut strategi bauran pemasaran yang bisa digunakan ketika ingin memasarkan sebuah produk :

1. Strategi Produk/layanan

Dibawah ini adalah seputar pertanyaan tentang strategi produk :

Apakah Produk/Layanan Anda Cukup Menarik?

Produk yang menarik di analogikan seperti umpan dalam memancing. Umpan yang baik akan menarik ikan untuk memakannya, produk yang menarik juga dapat menarik pelanggan. Produk bisa berupa barang yang dijual, layanan, solusi masalah, ide dll.

Apakah Produk Anda bisa Memenuhi Kebutuhan Pelanggan?

Menawarkan produk yang tidak bisa menyelesaikan persoalan/kebutuhan pelanggan adalah sia-sia. Maka yang perlu dilakukan adalah harus riset pemasaran tentang kebutuhan orang-orang, kemudian baru membuat produknya, jangan sebaliknya ya.

Apakah Produk Anda Berkualitas?

Produk yang berkualitas bisa ditandai dengan pembelian ulang oleh pelanggan. Jika produk Anda berkualitas, maka pelanggan akan kembali lagi produk Anda, itu menandakan produk kita berkualitas.

Adakah perbedaan produk Anda dengan yang sudah ada?

Jika produk serupa sudah ada di pasaran, lalu mengapa pelanggan harus memilih untuk membeli produk Anda?

Nilai tambah atau tambahan fitur bisa Anda pertimbangkan untuk memberikan nilai lebih kepada produk kita, dariapada produk serupa milik kompetitor.

2. Strategi Harga

Persaingan harga di pasar. Seorang pemasar harus dapat menyesuaikan harga produk supaya bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

Penentuan harga produk yang tepat adalah strategi yang paling penting untuk menentukan keuntungan. Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan harga produk adalah memperhatikan biaya biaya seperti biaya promosi, biaya distribusi dan biaya pembuatan produk atau biaya produksi.

Kualitas vs Harga

Tidak semua orang menginginkan harga produk yang murah. Terkadang orang-orang juga memperhatikan kualitas, meskipun harganya mahal.

Jangan juga menaikkan harga supaya barangnya terlihat berkualitas. Kesimpulannya, harga harus sesuai dengan kualitas produk.

3. Strategi Tempat

Apakah tempat pemasaran Anda sudah tepat?

Sama halnya dengan memancing, lokasi pemasaran sangat berpengaruh, jika lokasi kurang strategis dapat membuat produk Anda kurang dikenal.

Kasus lain, lokasi pemasaran juga dapat mempengaruhi proses distribusi. Sebaiknya lokasi pemasaran berada di tempat yang dekat dengan target pelanggan.

Membuat Toko Online

Saat ini, hampir semua brand atau pemiliki toko membuat website untuk toko online, atau memajang produknya di platform toko online marketplace.

Keuntungan toko online bagi pelanggan adalah memudahkan pelanggan untuk melihat produk tanpa harus datang ke toko, melakukan pemesanan dengan mudah.

Keuntungan bagi penjual adalah bisa mengurangi biaya sewa toko.

4. Strategi Promosi

Promosi adalah kegiatan untuk meningkatkan kesadaran tentang produk. Media promosi bisa dilakukan di televisi, internet, radio, email, telepon, dll.

Promosi sangat berpengaruh untuk mendorong penjualan, terbukti papan media promosi baik di jalan, di mall tidak pernah sepi iklan.

Contohnya, promosi produk makanan mie instan di Indonesia, sebut saja Indomie, Mie Sedap, meskipun produknya sudah terkenal dan setiap orang di Indonesia sudah hafal di luar kepala produk ini, mereka masih terus melakukan promosi di macam-macam media promosi.

Baca : Strategi Pemasaran Jasa

Variabel Bauran Pemasaran

Adapun variabel yang terdapat dalam bauran pemasaran diantaranya:

1. Produk (Product)

Produk yang baik adalah produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Cara memperoleh produk yang demikian tentu dengan merencanakan formulasi yang baik agar produk yang dihasilkan nanti dapat tepat sasaran dan bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

2. Harga (Price)

Harga sebuah produk umumnya tak pernah luput mendapat perhatian perusahaan dalam sistem manajemen. Manajemen akan menentukan berbagai keputusan harga seperti harga dasar yang sesuai pada produk atau jasa, dibarengi dengan potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan variabel lain yang bersangkutan.

3. Tempat atau distribusi (Place)

Hal ini berhubungan dengan keputusan lokasi dan pendistribusian yang strategis agar produknya dapat langsung menuju ke target pasar. Seringkali perusahaan kurang tepat dalam menentukan hal ini, itulah sebabnya produk tidak benar dirasa manfaatnya oleh konsumen.

4. Promosi (Promotion)

Promosi adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan bahkan membujuk konsumen agar mengenal bahkan memakai suatuproduk. Promosi dilakukan melalui iklan, promosi penjualan dan publikasi yang baik dan gencar.

5. Sarana Fisik (Physical Evidence)

Sarana fisik juga menunjang dalam pemasaran sebuah produk, sarana fisik dapat mempengaruhi konsumen untuk memakai produk atau jasa yang ditawarkan. Contoh unsur-unsur sarana fisik antara lain: bangunan fisik, logo dan warna-warna barang lainnya.

6. Orang (People)

Orang dalam hal ini adalah semua yang terkait dalam penyajian produk sehingga mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen yang ada di perusahaan adalah pegawai perusahaan, konsumen. Semua sikap dan tindakan karyawan perusahaan baik cara berpakaian dan berkomunikasi akan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.

7. Proses (Procces)

Proses adalah semua mekanisme dan prosedur yang aktual untuk menyampaikan jasa. Proses dalam hal ini adalah faktor utama dalam bauran pemasaran bagaimana membuat konsumen merasa senang dan puas sehingga akan kembali lagi suatu saat.

Bauran pemasaran sangat penting diperhatikan perusahaan supaya perusahaan dapat mencapai target pemasaran yang diinginkan.

Baca Juga Artikel Lainya : 

  1. Pengertian Sistem Informasi Pemasaran “Jenis dan Manfaat”
  2. Tujuan dan Manfaat Komunikasi Bisnis
  3. 3 Hambatan Komunikasi Bisnis dan Cara Mengatasinya
  4. Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya
Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.