8 Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya

Posted on

komunikasi pemasaran

AkuntansiLengkap.com – Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya | Dalam keseharian kita selalu melakukan komunikasi kepada orang-orang di lingkungan kita. Dalam dunia pemasaran komunikasi yang efektif menjadi modal penting perusahaan guna menyampaikan pesan merek kepada publik demi mencapai tujuan perusahaan.

Tahukah kamu?

Tayangan iklan baik di media cetak maupun elektronik merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas.  

Berikut ini adalah pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli.

Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli


1. Philip Kotler (2001) komunikasi pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, serta distribusi sejumlah barang atau jasa guna menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi. (Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk )

2. Terence Shimp, mendefinisikan komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah bagian penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran.

3. Sutisna dalam Amir Purba, dkk menyatakan bahwa komunikasi bisnis pemasaran adalah usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen berupa saran tentang perbedaan produk di pasar.

4. William G Nickles menyatakan bahwa komunikasi pemasaran adalah suatu proses pertukaran informasi yang dilakukan secara persuasif sehingga proses pemasaran bisa berjalan secara efektif dan efisien.

5. Soemanagara (2006) menyatakan bahwa komunikasi pemasaran merupakan komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran guna meraih segmentasi yang luas.

6. Prisgunanto menyatakan komunikasi pemasaran dibawah periklanan namun saat ini komunikasi pemasaran muncul sebagai suatu bentuk elemen promosi dari marketing mix yang melibatkan komunikasi antar organisasi dan target khalayak guna meningkatkan performa pemasaran.

7. Morrisan, komunikasi pemasaran proses pengembangan hubungan dengan konsumen dengan cara mengamati kebutuhan dan keinginan konsumen yang dilanjutkan dengan pengembangan suatu produk (product) guna memuaskan kebutuhan konsumen dan memberikan penawaran harga (price) serta melakukan distribusi supaya tersedia di tempat (place) yang menjadi pasar produk yang bersangkutan.

Kesimpulan Komunikasi Pemasaran

Dari beberapa definisi komunikasi pemasaran dapat disimpulkan bahwa komunikasi bisnis adalah cara perusahaan atau manajemen perusahaan agar dapat bersentuhan langsung dengan konsumen demi memberikan produk dan pelayanan yang efektif dan tepat guna. 

Baca juga:

  1. 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”
  2. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  3. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel

Bentuk Bentuk Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication Mix)


Komunikasi pemasaran mempunyai beberapa bentuk upaya perusahaan dalam menjalankan komunikasi pemasaran diantaranya :

  • Hubungan kemasyarakatan (Public Relation)
  • Penjualan Perorangan / Wiraniaga (Personal Selling)
  • Periklanan (Advertising)
  • Pemasaran Interaktif (Interactive / Internet Marketing)
  • Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Demikian artikel mengenai 8 Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya, semoga bermanfaat bagi pembaca,  dan Terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi artikel terkait:

  1.  Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan
  2. Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli “Unsur dan Jenisnya Lengkap”
  3. 10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi “Terbaru”
  4. 4 Pengertian Modal Dalam Akuntansi “Menurut Ahli dan Jenisnya”
  5. Pengertian, Tujuan dan Contoh Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik
Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.