8 Peran BUMS Bagi Perekonomian Nasional

Posted on
Peran BUMS bagi perekonomian negara

Peran BUMS – Negara sebagai negara yang menjadi sebuah tempat tinggal sekaligus tempat penghidupan, memiliki tanggung jawab untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Dalam mencapai tujuan bersama berupa kesejahteraan, perlu adanya kerjasama antara Pemerintah dan pihak swasta untuk menjalankan berbagai program. Peran BUMS sangat besar dalam mewujudkan hal ini. 

Pada dasarnya, swasta muncul di Indonesia untuk berbagai tujuan, mulai dari memperoleh keuntungan hingga memperjuangkan hak masyarakat.

Apa itu BUMS?

BUMS atau yang dijabarkan menjadi Badan Usaha Milik Swasta merupakan salah satu jenis badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh orang-orang yang terdaftar di luar Pemerintahan suatu negara.

Pihak Swasta adalah orang selain di lingkungan Pemerintah yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dalam jenis usaha yang didirikan. 

Adapun alasan yang melatarbelakangi dibentuknya BUMS adalah untuk memperoleh porsi dalam mengelola sumber daya alam yang melimpah di Indonesia. Setiap hasil pengelolaan yang dilakukan oleh BUMS juga pasti akan dibagi kepada Pemerintah Daerah maupun Pusat tergantung dari proses pengajuan pendirian BUMS tersebut. 

Latar Belakang Mendirikan BUMS

Pendirian BUMS juga diatur dalam pasal 33 UUD 1945 yang didukung oleh UUD 1945 pasal 27 ayat 2. Dalam pasal 33 UUD 1945, disebutkan bahwa konsekuensi bahwa setiap BUMS yang terdaftar tidak dapat secara langsung dikelola oleh negara. Sehingga BUMS dalam hal ini memiliki kuasa untuk mengelola secara penuh hal-hal yang berhubungan dengan usaha yang dijalankan. 

Undang Undang tentang BUMS

Selain itu, pada pasal 27 ayat 2 disebutkan bahwa setiap orang yang tergolong dalam masyarakat Indonesia memiliki hak untuk bekerja. Dalam hal ini setiap warga negara memiliki hak memperoleh penghidupan yang layak sebagai salah satu bentuk kemanusiaan. 

BUMS telah tersebar di seluruh penjuru nusantara, mulai dari perusahaan makanan dan minuman, tekstil, pertambangan, industry, property, dan lain sebagainya. Perusahaan-perusahaan ini hadir untuk membantu Pemerintah dalam mengelola sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di negara tersebut. 

Jenis-Jenis BUMS

BUMS ini dibagi menjadi 2, yaitu badan usaha swasta dalam negeri dan badan swasta luar negeri. Keduanya memiliki perbedaan, dimana badan usaha swasta dalam negeri dimiliki oleh masyarakat dalam negeri. Sedangkan badan usaha swasta luar negeri dimiliki oleh orang luar negeri atau orang asing. 

Baca : Ciri BUMN dan BUMS

Peran BUMS Bagi Perekonomian Negara

BUMS bekerjasama dalam membangun perekonomian negara. Dalam hal ini, peran BUMS sangat penting bagi perkembangan ekonomi. Tentunya banyak hal yang dapat dijabarkan terkait BUMS sebagai pihak yang dapat menggerakkan perkonomian Indonesia. Penjelasan tersebut akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini. 

1. Menjadi mitra BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

peran-bums-bagi-perekonomian-nasional

BUMN dapat menjadi tangan kanan Pemerintah, dan BUMS dapat menjadi tangan kirinya. Sebagai sesama badan usaha yang menginginkan keuntungan dan kesejahteraan masyakat, maka keduanya dikelola secara terpisah untuk saling membantu dalam setiap prosesnya. 

Pemerintah merupakan penguasa atau pengelola utama yang akan menangani sumber daya alam yang ada di Indonesia. Sumber daya alam yang tersedia jumlahnya sangat banyak, sehingga diperlukan bantuan untuk mengelola sumber daya alam tersebut. 

Dalam hal ini, peran BUMS juga dapat menjadi mitra BUMN untuk memperluas kinerja masyarakat, yaitu dengan memperbesar penerimaan penghasilan negara melalui pembayaran pajak. Oleh karena itu, perkembangan BUMS juga akan berpengaruh terhadap pendapatan negara. 

Baca : Kelebihan Serta Kekurangan BUMN dan BUMS

2. Meratakan pendapatan nasional

Setiap wilayah tentu memiliki pendapatan yang berbeda karena memiliki profesi yang berbeda pula. Dalam hal ini, peran BUMS adalah :

  1. Membantu meratakan pendapatan masyarakat. Hal ini dilakukan dengan keberadaan BUMS yang membuka lapangan kerja di setiap wilayah yang tersebar di Indonesia. 
  2. Peran BUMS dalam hal ini juga dapat menjadi penyedia lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, sehingga masyarakat yang tinggal disana memperoleh pendapatan.
  3. Jika pendapatan di suatu wilayah tersebut kecil, maka BUMS akan membantu meningkatkan pendapatan dengan menjadikan masyarakat sekitar pekerja di BUMS tersebut.

3. Membuka peluang usaha baru

Pihak swasta sangat identik dengan membuka peluang usaha baru yang memiliki kreasi dan inovasi yang tentunya dapat memberi wajah baru bagi perekonomian Indonesia. Wajah baru yang memiliki kontribusi bagus untuk meningkatkan perekonomian. 

4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia 

peran-bums-mengurangi-pengagguran

Peran BUMS sebagai pihak yang membantu Pemerintah dalam mengelola sumber daya alam yang ada di Indonesia juga harus melakukan pertanggungjawaban sosial. Hal ini dikemas dalam CSR (Corporate Social Responsibility). CSR ini merupakan suatu hal wajib yang perlu dilakukan BUMS sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tindakan mengambil sumber daya alam. 

Kegiatan CSR ini terdiri dari berbagai macam, mulai dari beasiswa, pembentukan fasilitas daerah, bantuan sosial, dan lain sebagainya. Ketika beasiswa menjadi fokus utama, maka hal yang dapat diperoleh pemilik beasiswa tersebut dapat memperoleh ilmu untuk meningkatkan kualitas masyarakat itu sendiri.

5. Meningkatkan penguasaan teknologi pada masyarakat

Kegiatan BUMS yang berkembang pesat dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan prduktifitas tentu menjadi hal yang utama. Ketika masyarakat menjadi karyawan BUMS tersebut, tentu harus menguasai teknologi yang digunakan. Sehingga dalam hal ini peran BUMS dapat menmbantu masyarakat untuk menyebarkan teknologi kepada masyarakat. 

6. Mengelola kegiatan ekonomi yang tidak dikelola Pemerintah

Peran BUMS dapat membantu Pemerintah daam melakukan kegiatan ekonomi yang tidak dilakukan oleh Pemerintah, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Sebagian besar BUMS membantu dalam hal mengelola sumber daya alam, dimana BUMS memiliki orang-orang yang memiliki keterampilan di bidang tersebut.

7. Mengurangi angka pengangguran

Banyaknya penduduk tidak diiringi dengan banyaknya lowongan kerja menjadikan angka pengangguran semakin tinggi. Hal ini merupakan salah satu permasalahan sosial yang ada di Indonesia. 

Dengan adanya BUMS, maka dibutuhkan tenaga kerja yang akan menjalankan usaha yang telah dibuka oleh BUMS tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan masyarakat sekitar maupun orang-orang yang masuk dalam kualifikasi untuk bekerja di dalamnya. Sehingga dalam hal ini, peran BUMS akan membantu membuka lowongan kerja yang dapat mengatasi permasalahan penganggur. 

8. Membantu pembangunan negara

BUMS akan dikenakan pajak yang harus disetor kepada negara sebagai pemilik dari sumber daya alam yang sah. Dengan izin tersebut, BUMS harus membayar pajak baik dari penghasilan maupun pajak pertambahan nilai. Dalam hal ini, pajak yang disetorkan akan menambah kas negara yaitu tergolong dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Dana APBN akan digunakan untuk pembangunan negara, baik dalam bentuk infrastruktur maupun yang lainnya. Hal ini membuat BUMS diberi gelar sebagai salah satu agen pembangunan nasional karena menunjang pendapatan negara untuk pembangunan nasional. 

Pemahaman tentang peran BUMS bagi perekonomian nasional, dapat menjadi salah satu alat bagi kita untuk mendukung keberadaan BUMS, karena berdampak bagus bagi Indonesia. 

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.