Cara Mengutip Dari Jurnal

Posted on

Cara mengutip dari jurnal sangat penting untuk menambah referensi saat menyusun karya ilmiah.

Cara mengutip dari jurnal bisa dilakukan dengan cara mengutip dari internet, mengutip lebih dari 2 orang, mengutip kutipan yang dikuti orang, dan lainnya.

Kami harap, Anda akan terbantu saat menyusun karya ilmiah secara benar setelah mengetahui cara mengutip dari jurnal yang benar berikut ini.

Pengertian Kutipan

Kutipan adalah pengulangan sebuah argumen atau tulisan orang lain, dengan tujuan untuk memperkuat teori pada karya ilmiah, biasanya ditandai dengan tanda kutip.

Karya ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk mengatasi masalah dengan landasan teori dan metode ilmiah.

Kutipan menunjukkan bahwa ada teori yang mendukung seorang penulis dalam membuat karya ilmiah. Karena karya ilmiah tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Baca juga: Contoh Jurnal Penyesuaian

Jenis Jenis Kutipan

Kutipan langsung

Kutipan langsung adalah kutipan yang masih murni, langsung diambil dari sumber aslinya, tanpa ada penambahan atau pengurangan tulisan.

Kutipan langsung terdiri dari kutipan langsung kurang dari 4 baris, dan kutipan langsung lebih dari 4 baris.

1. Jarak spasi 2,5

Kutipan langsung berjarak 2,5 spasi untuk kutipan lebih dari 4 baris. Kutipan >4 baris harus dibawah dari teks asli.

Kutipan bisa menggunakan tanda kutip atau tidak.

Kutipan harus ditulis beserta nama pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman di dalam kurung.

Contoh:

Akuntansi merupakan bidang penting dalam proses bisnis. Akuntansi menjadi Bahasa keuangan, dengan laporan akuntansi, pihak manajemen bisa mengambil keputusan yang tepat berdasarkan laporan tersebut. Menurut Rudianto (2007: 11-12)

“Akuntansi adalah proses informasi yang memberikan laporan tentang keuangan kepada pihak yang berkepentingan tentang kegiatan ekonomi perusahaan. Akuntansi adalah mengolah transaksi keuangan, dan menyimpulkannya menjadi informasi yang bermanfaat bagi pihak internal dan eksternal perusahaan.”

2. Teks asli dengan kutipan menyatu

Langkah ini untuk menulis kutipan kurang dari 4 baris. Kutipan juga wajib menyantumkan beserta nama pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman di dalam kurung.

Contoh:

Menjadi penulis adalah cita-cita banyak pemuda zaman sekarang. Menurut Rusdi (2020:11-12), “penulis adalah orang pekerjaannya yang melahirkan tulisan berupa opini, cerita, atau karya tulis.”

3. Menghilangkan beberapa kutipan dengan tiga tanda titik

Hal ini dilakukan jika Anda ingin mengutip sebagian kata atau kalimat saja. Tiga tanda titik diletakkan pada bagian yang tidak ditulis, bisa ditulis di awal, tengah atau akhir kutipan.

Contoh:

“… Menjadi penulis harus memperhatikan kaidah-kaidah dalam penulisan, seperti tanda baca, pesan yang disampaikan dan data yang benar.” Sumarni (2001:19-20)

4. Menambahkan kurung kurawal []

Kurung kurawal ditambahkan pada kutipan, saat penulis ingin menambahkan keterangan.

Contoh:

“Manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan bantuan orang lain [berdasarkan pendapat beberapa pakar], manajemen membutuhkan seorang manajer untuk menjalankannya.” Mary parker (2007:15-16).

Kutipan tidak langsung

Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang sudah tidak orisinil, kutipan ini adalah pendapat dari orang yang menulis kutipan.

1. Kutipan ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri

Contoh dari sumber asli:

Hani Handoko (2000:10-11) Manajemen adalah kegiatan bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Contoh kutipan tidak langsung:

Hani Handoko (2000:10-11) berpendapat bahwa, Manajemen adalah kegiatan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara merencanakan, mengorganisasi, pengarahan dan pengawasan.

2. Kutipan tidak diapit tanda petik

Contoh:

Perusahaan adalah mereka yang bertindak secara terus menerus dan terbuka untuk mencapai keuntungan pribadi dengan cara menjual produk, barang maupun jasa atau menjual layanan.

Baca juga: Contoh Jurnal Umum

Cara Mengutip Dari Jurnal

Mengutip dalam teks

  1. Edi (2019) menyatakan bahwa menulis kutipan…dst.
  2. Risma (2013) menegaskan bahwa kutipan adalah sebuah pengulangan teori…dst.

Mengutip jurnal dengan 1 pengarang

  1. Urutannya, nama belakang pengarang, tahun terbit dan nomer halaman disingkat dengan p. “penelitian dan karya ilmiah harus menggunakan metode penelitian,” (Edi, 2019, p. 30).

Cara mengutip jurnal lebih dari 2 orang

  1. Dengan menulis nama lengkap penulis, urutannya nama belakang > tanda koma > inisial nama depan dan tengah penulis. “Amad Kadir Jaelani dan Murti Sumarni: Jaelani, A. K., & Sumarni, M.”
  2. Dengan tahun terbit. “Jaelani, A. K., & Sumarni, M. (2009).”
  3. Dengan sumber jelas dan lengkap, urutannya sama seperti nomer 2 > judul sumber jurnal > informasi publikasi. Jaelani, A. K., & Sumarni, M. (2009). Manajemen Perusahaan. Jakarta: LIPI.

Cara mengutip kutipan yang dikutip orang lain

Contoh:

Henry (dalam Bahrudin, 2019:11) mengatakan bahwa penelitian adalah proses investigasi yang dilakukan oleh peneliti (sebutan untuk orang yang melakukan penelitian) untuk mengungkapkan fakta-fakta yang beredar.

Baca juga: Contoh Jurnal Khusus

Cara mengutip jurnal dari internet

  1. Menggunakan penulis lengkap dengan judul dan referensi. Bahrudin, M. (10 Januari 2020). Manajemen dan Pemasaran [Halaman web]. Diakses dari https://www.akuntansilengkap.com/manajemen-pemasaran/
  2. Tanpa nama penulis. Manajemen dan Pemasaran. (21 April 2012). Diakses pada Januari 1, 2020, dari Akuntansi Lengkap: https://www.akuntansilengkap.com/manajemen-pemasaran/

Cara penulisan kutipan dari jurnal dalam skripsi

  1. Kutipan jurnal dengan tanggal penerbitan. Hadi, J. (Juli 2019). Hadi, J. (20 Juli 2019).
  2. Kutipan dengan 2 sumber. (Hadi, 2018; Purnomo, 2019)
  3. Kutipan dengan judul artikel. Hadi, J. (Januari 2020). Jurnal Analisis Keuangan dan Bank.
  4. Kutipan dengan nomer halaman. Hadi, J. (Januari 2020). Jurnal Analisis Keuangan dan Bank, 15-16.
Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. Materi artikel, penulis rangkum dari berbagai sumber. Kritik dan saran, silahkan dikirimkan melalui halaman kontak website.