12 Manfaat Laporan Keuangan Lengkap

Posted on

12 Manfaat Laporan Keuangan Lengkap – akuntansilengkap.com | adalah alat untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang dicapai oleh perusahaan. Hasil dari laporan keuangan dapat dipastikan digunakan untuk mendukung keputusan yang diambil manajemen perusahaan.

12-manfaat-laporan-keuangan

Manfaat Laporan Keuangan


Menurut Statement of Financial Accounting Concept No. 1, tujuan dan manfaat laporan keuangan adalah:

  • Pelaporan keuangan harus dapat menyajikan informasi yang dapat membantu pihak eksternal dan pengguna lainnya untuk membuat keputusan secara rasional. (Baca juga: Tujuan Laporan Arus Kas )
  • Pelaporan keuangan harus dapat menyajikan informasi yang dapat membantu pihak pemakai informasi dalam memperkirakan jumlah waktu dan estimasi penerimaan kas di masa yang akan datang yang berasal dari pembagian deviden ,pembayaran bunga dan pendapatan dari penjualan.
  • Pelaporan keuangan harus dapat menyajikan informasi tentang prestasi perusahaan selama satu periode. Investor dan pengguna lain terkadang menggunakan informasi masa lalu untuk membantu menaksir kemajuan.

Menurut PSAK (2004) pihak-pihak yang memanfaatkan laporan keuangan adalah (IAI,2004) :

  • Investor, memerlukan informasi untuk menentukan perlakuan (membeli, menjual atau menahan) terhadap investasi. Penanam modal berkepentingan dengan informasi sebab risiko yang ada serta ingin mengetahui hasil pengembangan dari investasi yang mereka lakukan.  (Baca juga: Manfaat buku besar pembantu )
  • Karyawan membutuhkan informasi tentang stabilitas dan profitabilitas perusahaan karena memungkinkan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, kesempatan kerja dan manfaat pensiun .
  • Pemberi pinjaman. Mereka tertarik dengan informasi keuangan yang memungkinkan mereka untuk melihat kemampuan perusahaan dalam melunasi pinjamannya . (Baca juga: manfaat jurnal khusus )
  • Pemasok dan kreditor usaha lainnya. Mereka tertarik dengan informasi keuangan yang bisa digunakan untuk memutuskan apakah jumlah yang terhutang akan dibayar perusahaan.
  • Pelanggan. Mereka yang berkepentingan atau terlibat perjanjian jangka panjang atau tergantung dengan perusahaan membutuhkan  informasi tentang kelangsungan hidup perusahaan. (Baca juga: manfaat komunikasi bisnis )
  • Pemerintah dan berbagai lembaga yang berada di bawah kekuasaanya berkepentingan untuk menetapkan kebijakan pajak dan sebagai dasar untuk menyusun statistik pendapatan nasional dan statistik lainnya.
  • Masyarakat, Perusahaan terkadang dapat memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional, karena membuka lapangan pekerjaan dan memberikan perlindungan kepada penanam modal domestik. Laporan keuangan akan membantu masyarakat mengetahui informasi kecenderungan (trend)dan rangkaian aktivitas dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan.  (Baca juga: Manfaat pasar modal )
  • Untuk pihak lain. Pihak lain yang juga mendapatkan manfaat laporan keuangan perusahaan diantaranya adalah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan Badan Pusat Statistik (BPS). Fungsinya bagi LSM perusahaan bisa dijadikan partner dalam menjalankan program bantuan atau CSRdan bagi BPS bisa dijadikan rekapan kondisi keuangan suatu perusahaan baik yang ada untuk satu wilayah atau lebih. Hal ini digunakan sebagai rekapitulasi keuangan negara.

Demikianlah 12 Manfaat Laporan keuangan Lengkap yang telah dibahas secara ringkas dan jelas semoga bisa bermanfaat, dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi Artikel Lainnya:

 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.