[Pengertian, Tujuan, dan Contoh] Pembangunan Berkelanjutan

Posted on

[Pengertian, Tujuan, dan Contoh] Pembangunan Berkelanjutan | Pembangunan berkelanjutan biasanya memerhatikan pemanfaatan lingkungan hidup dan kelestarian lingkungannya agar kualitas lingkungan tetap terjaga. Kelestarian lingkungan yang tidak dijaga, akan menyebabkan daya dukung lingkungan berkurang, atau bahkan akan hilang.

Pembangunan berkelanjutan mengandung arti sudah tercapainya keadilan sosial dari generasi ke generasi. Pembangunan berkelanjutan disebut juga sebagai pembangunan nasional yang melestarikan fungsi dan kemampuan ekosistem.

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan Berkelanjutan ialah pembangunan yang memenuhi kebutuhan sekarang tanpa harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan generasi yang akan datang.

Dalam prosesnya, pembangunan ini mengoptimalkan manfaat sumber daya alam, sumber daya manusia, dan iptek dengan menserasikan ketiga komponen tersebut, sehingga dapat berkesinambungan.

Pembangunan berkesinambungan ini dikenal dengan pembangunan berkelanjutan, yaitu: pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana, efisiensi, dan memperhatikan pemanfaatannya baik untuk generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.

Pembangunan yang berkelanjutan harus mencerminkan tindakan yang mampu melestarikan lingkungan alamnya. Pembangunan berkelanjutan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memberi kemungkinan pada kelangsungan hidup dengan jalan melestarikan fungsi dan kemampuan ekosistem yang mendukungnya, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
  • Memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki dengan memanfaatkan teknologi yang tidak merusak lingkungan sekitar.
  • Memberikan kesempatan kepada sektor dan kegiatan lainnya untuk berkembang bersama-sama di setiap daerah, baik dalam kurun waktu yang sama maupun kurun waktu yang berbeda secara berkesinambungan.
  • Meningkatkan dan melestarikan kemampuan dan fungsi ekosistem untuk memasok, melindungi, serta mendukung sumber daya alam bagi kehidupan secara berkesinambungan.
  • Menggunakan prosedur dan tata cara yang memerhatikan kelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem untuk mendukung kehidupan, baik masa kini maupun masa yang akan datang.

Baca juga:

  1.  Perencanaan Pembangunan Ekonomi “Pengertian, Unsur Tujuan, Ciri-cirinya”
  2. 18: Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur]
  3. 18: “8 Pengertian dan Perbedaan” Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Adapun tujuan dari adanya pembangunan berkelanjutan ini adalah sebagai berikut :

  • Mengatasi segala bentuk kemiskinan diseluruh tempat.
  • Mengakhiri kelaparan, menggalakkan pertanian yang berkelanjutan, mencapai ketahanan pangan serta perbaikan nutrisi.
  • Memastikan pendidikan yang berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.
  • Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan.
  • Menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia.
  • Menjamin akses air dan sanitasi untuk semua.
  • Memastikan akses pada energi yang terjangkau, bisa diandalkan, dan berkelanjutan serta modern untuk semua.
  • Mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, lapangan pekerjaan yang layak untuk semua.
  • Membangun infrastruktur kuat, mempromosikan industrialisasi berkelanjutan, dan mendorong inovasi.
  • Mengurangi kesenjangan didalam dan diantar negara-negara.
  • Membuat perkotaan menjadi inklusif, aman, kuat, dan berkelanjutan.
  • Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.
  • Mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya.
  • Perlindungan dan penggunaan samudera, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan.
  • Mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan, menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati.
  • Mendorong masyarakat adil, damai, dan inklusif.
  • Menghidupkan kembali kemitraan global demi pembangunan berkelanjutan.

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan Berkelanjutan memiliki tiga tiang utama, atau lebih dikenal tiga sektor pembangunan. Ketiga tiang utama tersebut adalah sektor ekonomi, sektor sosial, dan sektor lingkungan.

Contoh pembangunan berkelanjutan sejatinya ketiga sektor tersebut saling berhubungan satu sama lain, pada halnya semakin sukses pembangunan sektor ekonomi maka sektor lain juga akan mengalami kemajuan/progres yang serupa. Pembangunan harusnya berazaskan keseimbangan, sebab tidak menutup kemungkinan peningkatan sektor ekonomi justru merusak sektor lingkungan tersebut.

Kerusakan salah satu sektor tiang pembangunan berkelanjutan tentunya akan menjadi salah satu faktor pemicu kegagalan pembangunan tersebut. Sehingga memanfaatkan lingkungan secara bijak dan sekaligus menjaganya merupakan hal yang harus diprioritaskan.

Simbiosis parasitisme yang terjadi tentunya harus diminamilisir, sebab kekayaan sumber daya alam memang bersifat terbatas. Padahal tanpa SDA yang memenuhi maka kesejahteraan sektor ekonomi tentunya sulit untuk ditingkatkan. Namun tanpa mengeksploitasi SDA secara berlebihan pada hakikatnya kesejahteraan ekonomi masih bisa dicapai, sehingga pemerintah menggalakkan solusi pemberdayaan limbah menjadi produk yang siap pakai.

Hal ini tentunya akan mengatasi masalah kerusakan lingkungan sekitar akibat kegiatan ekonomi yang dilakukan. Pembangunan berkelanjutan sejatinya juga harus didukung daya kreatifitas masyarakat, sebab masyarakat (penduduk) merupakan sentra dari pembangunan berkelanjutan. Masyarakat tidak hanya sebagai subyek (pelaku) tetapi juga sebagai obyek (tujuan).

Kegiatan pembangunan sendiri diharapkan mampu mengangkat kesejahteraan rakyat. Namun upaya mensejahterakan rakyat juga harus diimbangi kerja keras masyarakat itu sendiri. Sehingga apabila rakyat sejahtera maka pemerintah tersebut juga ikut sejahtera.

[Pengertian, Tujuan, dan Contoh] Pembangunan Berkelanjutan

Nah demikianlah artikel ini yang membahas mengenai [Pengertian, Tujuan, dan Contoh] Pembangunan Berkelanjutan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan memberi manfaat bagi anda yang membacanya. Jangan lupa share and vote yaaa…

Kunjugi artikel terbaru:

  1. Pembangunan Ekonomi [Pengertian, Tujuan, Faktor, Dampak, dan Contohnya]
  2. 17: [Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara
  3. 16: Hukum Permintaan dan Penawaran [Pengertian, Jenis, dan Kurva]
  4.  Dampak dan Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran
  5. 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Leave a Reply