Pembangunan Ekonomi [Pengertian, Tujuan, Faktor, Dampak, dan Contohnya]

Posted on

Pembangunan Ekonomi [Pengertian, Tujuan, Faktor, Dampak, Serta Contoh] | Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi.  Pembangunan Ekonomi bergantung dari pertumbuhan ekonomi (economic growth) dimana pembangunan ekonomi mendorong dalam pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya pula, ekonomi dapat memperlancar dalam proses pembangunan ekonomi tersebut.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Tahukah kamu?
Pembangunan ekonomi ialah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk serta disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk dinegara tersebut.

Pembangunan ekonomi merupakan salah satu perubahan yang terjadi secara terus-menerus melalui serangkaian kombinasi proses, untuk mencapai sesuatu yang lebih baik yaitu dengan adanya peningkatan pendapatan perkapita yang terus menerus berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

Pembangunan ekonomi dapat juga disebut sebagai pembangunan negara. Pembangunan ekonomi berisi strategi pembangunan daerah yang dimaksudkan sebagai suatu langkah untuk melengkapi strategi makro dan sektoral dari pembangunan nasional. Pengertian pembangunan dalam hal ini banyak digunakan para pembuat kebijakan sebagai usahanya untuk membangun stabilitas perekonomian suatu negara.

Baca juga:

  1.  [Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara
  2. 10 Alat dan Cara Pembayaran Internasional (Tunai, Open Account) dan Lainnya
  3. Pengertian Dumping Adalah [Contoh dan Jenisnya] Dalam Perdagangan Internasional

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Adapun tujuan dari pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut :

  • Memperluas lapangan pekerjaan.
  • Memperbaiki kualitas dan kuantitas pendidikan.
  • Memperluas distribusi berbagai barang kebutuhan pokok.
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari yang meliputi sandang, pangan, papan, keamanan, kesehatan, serta perlindungan keamanan dari pemerintah.
  • Meningkatkan tingkah laku dan pemahaman masyarakat dalam menjunjung nilai-nilai luhur, seperti budaya agama dan sosial.
  • Memperluas pilihan-pilihan sosial dan ekonomi bagi setiap individu serta bangsa secara keseluruhan. Contohnya : kebebasan dari sikap ketergantungan, bukan hanya terhadap orang atau negara lain tetapi terhadap setiap kekuatan yang berpotensi merendahkan nilai-nilai kemanusiaan.

Faktor Pembangunan Ekonomi

Adapun faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut :

  1. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan ekonomi suatu negara. Sumber daya alam meliputi segala sesuatu yang disediakan oleh alam dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan penyediaan bahan baku produksi. Sumber daya alam meliputi air, tanah, dan udara beserta segala hal yang dikandungnya.

Dengan sumber daya alam yang baik, maka suatu negara dapat mencapai pembangunan ekonomi dengan tingkat yang lebih baik. Contohnya adalah negara-negara Timur Tengah yang memiliki bahan tambang berupa gas alam dan minyak bumi.

  1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia juga merupakan faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara. Faktor ini disebut kunci dari proses pembangunan itu sendiri. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas maka dapat mencapai tingkat pembangunan ekonomi yang diinginkan.

Negara yang kurang sumber daya alamnya tapi memiliki sumber daya manusia yang baik bisa menjadi negara maju dibandingkan negara yang kaya sumber daya alam tapi memiliki sumber daya manusia yang rendah. Contohnya adalah negara-negara di Eropa Jepang, Singapura, dan Amerika.

  1. Sumber Daya Modal

Sumber daya modal memegang peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dengan modal yang banyak, maka akan terjadi pertumbuhan kegiatan ekonomi baru di negara tersebut. Karena kurangnya sumber daya modal, biasanya negara akan membuat peraturan untuk penanaman modal asing dalam bentuk investasi.

  1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah alat yang digunakan manusia untuk mengolah sumber daya alam yang ada secara produktif, efektif, dan efisien. Tanpa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi akan terhambat karena proses produksi dalam menghasilkan barang dan jasa tersebut.

  1. Infrastruktur

Infrastruktur yang lengkap dan merata dapat mendorong efektivitas dan efisiensi kegiatan produksi yang dilakukan oleh suatu negara. Dengan infrastruktur yang baik, maka setiap pelaku ekonomi dapat mencapai kemudahan dalam menjalankan kegiatan ekonominya. Dengan kemudahan tersebut, maka proses pembangunan ekonomi suatu negara akan berjalan dengan baik.

  1. Keadaan Politik

Keadaan politik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi di suatu negara. Apabila keadaan politik suatu negara tidak stabil dengan adanya bongkar pasang peraturan, maka akan semakin sulit masuknya modal ke negara tersebut. Dengan sulitnya modal masuk, maka kegiatan produksi tidak akan berkembang dengan baik.

  1. Sosial Budaya

Suatu negara yang dihuni oleh penduduk yang sering mengalami konflik cenderung akan mengalami kemunduran dalam proses pembangunannya. Dan sebaliknya, negara dengan penduduk yang ramah dan menjunjung tinggi kesamaan hak dan kewajiban akan mendorong terciptanya pembangunan ekonomi yang baik.

  1. Sistem Pemerintah

Sistem pemerintahan yang mendukung cepatnya pembangunan ekonomi umumnya adalah sistem pemerintahan yang mengizinkan masuknya modal asing untuk investasi di negara tersebut, misalnya sistem liberalis. Sementara sistem pemerintahan yang akan menghambat percepatan pembangunan ekonomi misalnya sistem sosialis.

Dampak Pembangunan Ekonomi

Adapun dampak postif dan negatif yang ditimbulkan dari pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut :

  1. Dampak Positif

  • Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga akan mengurangi jumlah pengangguran.
  • Pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan akan mempercepat proses pertumubuhan ekonomi.
  • Perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh suatu negara akan menjadi semakin dinamis dan beragam.
  • Pembangunan ekonomi menuntut adanya peningkatan kualitas SDM sehingga dimungkinkan perkembangan IPTEK semakin berkembang pesat, sehingga makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  1. Dampak Negatif

  • Industrialisasi mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian.
  • Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik sehingga menyebabkan adanya kerusakan lingkungan hidup.
  • Terjadinya pencemaran udara, air, dan tanah dari ketidaksiplinannya manusia.

Baca juga:

  1.  8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya
  2. ‘Pengertian dan Jenis-Jenis” Pengangguran Serta Contohnya

Contoh Pembangunan Ekonomi

Adapun contoh dari pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut :

  • Penyediaan air bersih
  • Pembangunan fasilitas komunikasi
  • Perbaikan sanitasi
  • Peningkatan kualitas SDM
  • Pembangunan jalan tol

Pembangunan Ekonomi [Pengertian, Tujuan, Faktor, Dampak, Serta Contoh]

Nah demikianlah artikel diatas yang membahas tentang Pembangunan Ekonomi [Pengertian, Tujuan, Faktor, Dampak, Serta Contoh]. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat yaa..

Artikel terbaru:

  1.  “Pengertian, Karakteristik, Serta Tujuan” Ekonomi Syariah
  2.  Pengertian, Rumus, dan Cara Menghitung Break Even Point
  3.  3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
  4. [7 Point] Masalah Ekonomi Makro dan Mikro
  5. “Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh” Tindakan Ekonomi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *