Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan

Posted on
Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan
2.1 (42.22%) 9 votes

fungsi laporan keuangan secara umum

Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan – Pengertian laporan keuangan secara singkat diartikan sebagai gambaran tentang kondisi keuangan suatu perusahaan secara nyata atau sebenarnya.. analisis laporan keuangan diperlukan untuk menerjemahkan informasi pada laporan keuangan. Pada artikel ini akan dijelaskan fungsi laporan keuangan secara umum dan secara khusus untuk fungsi jenis-jenis laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, perubahan modal dan laporan arus kas.

Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum


Proses akuntansi tentu tidak bisa lepas dari laporan keuangan karena laporan keuangan memiliki fungsi yang sangat penting baik fungsi bagi internal perusahaan maupun pihak ekstern sebagai pihak pemakai informasi keuangan.

Fungsi Laporan keuangan secara umum dapat di bagi menjadi :

  1. Sebagai alat untuk mengetahui kondisi keuangan dan kinerja perusahaan
  2. Menyusun Perencanaan Kegiatan Perusahaan
  3. Mengendalikan Perusahaan
  4. Dasar Pembuatan Keputusan Dalam Perusahaan
  5. Pertimbangan dan pertanggung jawaban pada pihak Ekstern

1. Alat Mengetahui Kondisi Keuangan dan Kinerja Perusahaan

Untuk melihat aktivitas usaha atau kegiatan operasional perusahaan telah berjalan baik ataupun sebaliknya bisa kita lihat atau analisis melalui laporan keuangannya. Misalnya pada laporan laba rugi kita bisa melihat keuntungan perusahaan. jika keuntungannya tinggi itu berarti kinerja perusahaan dapat berjalan baik atau sesuai dengan yang diharapkan. Namun jika terjadi sebaliknya, maka perlu dilakukan evaluasi serta tindakan lanjutan.

Berbagai informasi dalam laporan keuangan yang meliputi kas, asset, piutang dan modal perusahaan. Kita dapat mengetahui kondisi keuangan sebenarnya apakah dalam kondisi baik, tidak baik atau bahkan buruk. Itulah salah satu fungsi dari laporan keuangan.

2. Dasar Penyusunan Rencana Kegiatan Perusahaan

Informasi yang berisi tentang kemampuan perusahaan dalam mengelola kegiatannya selama satu periode bisa di lihat pada laporan keuangan. Informasi kemampuan yang dimaksud adalah dari segi penggunaan dana/keuangan. Informasi keuangan tersebut tentu dapat membantu perusahaan dalam penyusunan rencana kegiatan perusahaan yang efektif dan bisa dilakukan manajemen sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaan ingin melakukan promosi produknya dan mempertimbangkan jenis promosi apa yang akan dilakukan, apakah melalui marketing atau media online. Kegiatan marketing tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Saat perusahaan menyusun rincian biaya promosi dan disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan, apakah keuangan perusahaan mampu membiayai kegiatan marketing atau hanya melalui media online saja.

Bayangkan seandainya perusahaan tidak memiliki informasi keuangannya sendiri, tentu akan sulit dalam menyusun rencana kegiatan dan resiko kegagalan atau kerugian akan semakin besar terjadi.

3. Sebagai Alat Mengendalikan Perusahaan

 Fungsi laporan keuangan juga sebagai gambaran tentang beberapa faktor yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang. Misalnya saja di saat suatu perusahaan mempunyai banyak piutang yang tertunggak di perusahaan lain maka sebagai antisipasi yang dilakukan perusahaan adalah mengurangi jumlah penjualan kredit dan meningkatkan penagihan piutang. Gambaran tentang informasi keuangan tersebut dapat memudahkan manajemen perusahaan dalam mempertimbangkan langkah selanjutnya.

4. Dasar Pembuatan Keputusan Dalam Perusahaan

 Seperti yang sudah banyak dijelaskan sebelumnya, bahwa adanya informasi keuangan yang tersedia di laporan keuangan adalah dapat memudahkan pihak manejemen perusahaan dalam mengambil kebijakan atau membuat keputusan untuk melakukan kegiatan demi mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.

5. Sebagai Pertimbangan dan Pertanggung jawaban Pada Pihak Ekstern 

Pihak yang menjalin kerjasama dengan suatu perusahaan bisa disebut sebagai pihak ekstern. Contohnya perusahaan yang menginvestasikan modalnya atau lembaga perbankan yang memberikan pinjaman perusahaan tentu ingin juga melihat perkembangan perusahaan melalui laporan keuangan yang disusun perusahaan. inilah fungsi laporan keuangan sebagai bentuk pertimbangan. Dan fungsi pertanggungjawaban misalnya kepada lembaga pemungut pajak yang membutuhkan laporan keuangan untuk menghitung jumlah pajak perusahaan.

Fungsi Laporan Keuangan Menurut Jenis Laporannya


Fungsi laporan keuangan menurut jenis laporannya dapat dijelaskan seperti berikut ini.

1. Neraca

  • Menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada tanggal tertentu.
  • Memberikan informasi mengenai alokasi penggunaan dana perusahaan yang menjadi kebijakan invstasi perusahaan.
  • Memberikan informasi tentang asal sumber dana yang digunakan untuk membiayai investasi.

Baca Juga : Bentuk Neraca Staffel dan Skontro “Mudah”

2. Laporan laba rugi

  • Laporan ini dapat menilai keberhasilan operasi serta efisiensi manajemen di dalam mengelola kegiatan perusahaan.
  • Dapat menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau profitabilitas dari modal dana yang diinvestasikan kedalam perusahaan.
  • Sebagai dasar untuk membuat perencanaan laba di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

3. Perubahan ekuitas

  • Memberikan informasi tentang perubahan aktiva
  • Memberikan informasi tentang peruabahan kewajiban
  • Memberikan informasi aliran modal perusahaan terutama menyangkut modal pemilik perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian, Contoh dan Unsur Laporan Perubahan Modal

4. Ailran kas 

  • Memudahkan investor atau lembaga yang memberikan pinjaman dana (kreditur) dalam memperkirakan kas (baik berupa bunga, deviden atau pengembalian dana yang di berikan ke perusahaan) yang akan diterima.
  • Memudahkan manajemen perusahaan dalam memperkirakan resiko yang mungkin terjadi dan antisipasi yang akan dilakukan.

Baca Juga : Tujuan Laporan Arus Kas, Definisi, Manfaat dan Contoh

Itulah tadi penjelasan mengenai Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan , semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa kunjungi juga artikel lainnya. Terimakasih.

Kunjungi Juga :

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.