Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur]

Posted on
Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur]
5 (100%) 11 vote[s]

Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur] | Setiap negara menginginkan suatu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam negaranya. Tidak hanya mengenai pendapatan nasional nya saja yang mengalami pertumbuhan, namun seluruh kegiatan perekonomian. Hal ini terjadi karena pertumbuhan ekonomi menggambarkan adanya peningkatan pendapatan nasional yang memperlihatkan bahwa akan terjadi meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Baca juga 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi.

Selain itu suatu perekonomian disebut mengalami pertumbuhan ekonomi bila jumlah produksi akan barang dan jasanya meningkat di negara tersebut. Istilah pertumbuhan biasanya ialah suatu ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan bahwa adanya tingkat perkembangan dalam ekonomi di negara tersebut.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Terdapat tiga hal penting dan berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, yaitu sebagai berikut:

  1. Perwujudan pertumbuhan ekonomi, yaitu kenaikan output secara berkelanjutan.
  2. Dasar keberlangsungan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan merupakan perkembangan teknologi.
  3. Adanya penyesuaian sikap, kelembagaan dan ideologi agar pertumbuhan ekonomi dapat berlangsung dengan baik.

Pertumbuhan ekonomi ialah kenaikan yang terjadi dalam waktu jangka panjang dengan kemampuan suatu negara dalam menyediakan banyaknya jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya, kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologinya dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang diperlukan.

Pertumbuhan ekonomi sering digunakan sebagai istilah untuk menyatakan perkembangan ekonomi, kesejahteraan ekonomi, kemajuan ekonomi dan perubahan fundamental ekonomi jangka panjang suatu negara.

Pertumbuhan ekonomi atau sering disebut economic growth adalah jumlah pertambahan pendapatan nasional agregatif atau pertambahan output dalam periode tertentu, biasanya dalam periode satu tahun. Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi akan menunjukkan peningkatan jumlah produksi barang dan jasa secara fisik dalam periode tertentu.

Maksud dari peningkatan ini dapat dilihat dari bertambahnya produksi barang industri, berkembangnya infrastruktur, bertambahnya jumlah sekolah, bertambahnya produksi barang modal dan bertambahnya sektor jasa di suatu negara.

Setiap negara selalu berusaha untuk mampu mencapai pertumbuhan ekonomi yang optimal untuk menuju kehidupan yang lebih baik kedepannya. Dalam mengukur keberhasilan perekonomian negaranya setiap pemerintah menggunakan berbagai metode atau indikator yang paling representative terhadap perubahan perekonomiannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja elemen pemerintahan dan semua pihak yang berkepentingan.

Baca juga:

  1. “8 Pengertian dan Perbedaan” Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli
  2. Pembangunan Ekonomi [Pengertian, Tujuan, Faktor, Dampak, dan Contohnya]
  3. [Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Ciri-ciri pertumbuhan ekonomi di suatu negara ialah sebagai berikut:

  1. Laju pertumbuhan penduduk dan produk per kapita,
  2. Meningkatnya produktivitas,
  3. Laju perubahan struktural yang tinggi,
  4. Adanya urbanisasi,
  5. Ekspansi negara maju.

Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur]

Indikator-Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Dibawah ini merupakan indikator pertumbuhan ekoonomi suatu negara:

  • Pendapatan Nasional Riil

Perubahan pendapatan nasional riil menjadi indikator pertama yang umum digunakan di berbagai negara guna untuk dapat menilai pertumbuhan ekonomi negaranya dalam jangka waktu panjang.

Pendapatan nasional riil menyajikan output secara keseluruhan akan barang dan jasa di suatu negara. Suatu negara disebut mengalami pertumbuh ekonomi, dengan syarat yaitu jika pendapatan nasional riilnya naik dari periode sebelumnya. Tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara dihitung dari pertambahan pendapatan nasional riil yaitu produk nasional bruto riil yang berlaku dari tahun ke tahun. (Baca juga: metode perhitungan pendapatan nasional )

  • Pendapatan Riil Perkapita

Pendapatan rill per kapita dalam periode waktu yang panjang akan menjadi salah satu indikator menilai pertumbuhan ekonomi suatu negara. Perekonomian suatu negara dapat disebut mengalami pertumbuhan jika pendapatan masyarakatnya meningkat dalam waktu kewaktu.

  • Kesejahteraan Penduduk

Peningkatan kesejahteraan material terjadi di masyarakat secara terus-menerus meningkat dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini dapat dilihat dari lancarnya distribusi akan barang dan jasa di negara tersebut. Distribusi akan barang dan jasa yang lancar ini menunjukkan distribusi pendapatan per kapita di seluruh wilayah negara tersebut. Artinya akan adanya peningkatan kesejahteraan secara menyeluruh di seluruh wilayah.

  • Tenaga Kerja dan Pengangguran

Suatu negara disebut sebagai negara yang berkembang jika sudah mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja secara maksimal atau kesempatan kerja penuh jika tingkat pengangguran kurang dari empat persen (4%).

Baca juga:

  1. Harga Keseimbangan [Pengertian, Penjelasan, Serta Cara Menghitung]
  2.  [Pengertian dan Contoh] Konsep Nilai Waktu Uang
  3.  Kurs Valuta Asing Pengertian, “Perhitungan, Jenis dan Sistem, serta Contohnya”

Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi

Dalam praktik pertumbuhan ekonomi yang menjadi tolak ukurnya adalah Gross National Product (GNP) dan Gross Domestic Product (GDP) atau Product Domestic Bruto.

Terdapat perbedaan antara tolak ukur tersebut ialah:

  • GNP berfungsi sebagai alat pengukur jumlah output produksi perekonomian nasional yang dimiliki oleh warga negara tersebut baik yang di dalam negeri ataupun di luar negeri.
  • GDP berfungsi sebagai alat pengukur jumlah output produksi yang terdapat di dalam negeri sekalipun itu produksi yang dihasilkan oleh warga negara asing ataupun bangsa sendiri, yang terpenting ialah lokasinya hanya di dalam negeri (Domestik).

Terdapat salah satu variabel yang perlu diketahui dalam memahami kinerja suatu perekonomian ialah pertumbuhan ekonomi yang dinyatakan dalam persen per tahun.

Cara menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi dapat dihitung dengan rumus:

Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur]

Keterangan

Tahun t    = tahun yang dihitung pertumbuhannya

GDP t                      = pertumbuhan

GDP t-1                   = GDP sebelum berubah

Demikianlah penjelasan mengenai Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur]. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih atas kunjungannya.

Kunjungi Artikel Terbaru:

  1. 8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya
  2. 3 Metode Perhitungan Pendapatan Nasional Beserta Contohnya
  3.  [Lengkap] Pengertian, Jenis-Jenis serta Manfaat Reksa Dana
  4. [7 Point] Masalah Ekonomi Makro dan Mikro
  5. Pengertian, Jenis-Jenis dan Contoh Pasar Input Serta Teorinya [Lengkap]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *