Contoh dan Panduan Membuat Surat Keterangan Domisili

Posted on

Surat keterangan domisili (SKD) – Dalam UU Administrasi baik nomor baik UU Nomor 23 Tahun 2006 ataupun UU nomor 24 Tahun 2013. Tidak ada yang menyebutkan mengenai surat keterangan domisili, adanya surat pindah. Tetapi walaupun begitu, surat ini sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis kepengurusan.

Berikut ini informasi lengkapnya:

Atau Anda bisa langsung klik ke panduan membuat SKD dan contoh.

Pengertian Surat Keterangan Domisili 

Surat keterangan domisili adalah penjelasan mengenai domisili seseorang atau alamat badan usaha yang didirikiannya. Sebagai tanda pengenal atau alat identitas yang sah. Bisa dikeluarkan oleh kepala desa, kecamatan atau RT/RW setempat. 

Henry S. Siswoediro

Walaupun tidak secara khusus dibahas dalam Undang-Undang, namun sejatinya tidak jauh berbeda dengan surat pindah. Yaitu sama-sama dibutuhkan untuk mengurus berkas administrasi yang lain. Seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). 

Pengertian lengkapnya yaitu surat yang menandakan bahwa seseorang menempati suatu daerah tertentu. Juga sudah melakukan pelaporan resmi kepada pejabat yang berwenang terkait keberadaannya. Biasanya, berfungsi apabila seseorang belum memiliki KTP. 

Sekedar informasi, bahwa masing-masing daerah memiliki peraturan yang berbeda dalam pembuatannya. Semisal di daerah Jawa Timur bisa dikeluarkan oleh kelurahan masing-masing.

Berbeda dengan Jakarta yang pelayanannya ada di Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP). Jadi, tanyakan kepada pemerintah setempat ya bagaimana alur dan persyaratannya. 

Baca : Syarat Membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) Perseorangan 

Manfaat Surat Keterangan Domisili 

Banyak sekali manfaat atau kegunaan surat ini yang wajib Anda ketahui. Sehingga ke depannya, diharapkan Anda tidak akan malas lagi untuk mengurusnya. Karena menyangkut kebaikan pribadi dan membantu administrasi negara agar tertata rapi.  

  1. Pengurusan Lamaran Pekerjaan 

Manfaat yang pertama, surat ini bisa digunakan untuk mengurus lamaran pekerjaan. Karena biasanya, ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan para calon pekerjanya untuk menyerahkan KTP. Dan jika tidak memiliki, bisa menggunakan surat ini sebagai gantinya. 

  1. Pengurusan Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh pelajar masa kini. Mulai dari jenjang dasar hingga perguruan tinggi. Nah, biasanya salah satu syarat yang dipelrlukan adalah surat ini. Untuk keperluan peninjauan langsung ke lokasi oleh pihak pemberi beasiswa. Seperti contohnya bidikmisi.  

  1. Pengurusan Akta Lahir 

Ketiga adalah pengurusan akta lahir. Jika Anda ingin mengurus akta kelahiran anak, maka surat ini sangat dibutuhkan. Tujuannya, untuk memastikan kebenaran bahwa anak tersebut memang dilahirkan oleh pasangan yang diakui secara sah keberadaannya oleh negara. 

  1. Pendaftaran Sekolah

Keempat adalah pendaftaran sekolah. Hal ini bertujuan untuk melengkapi data siswa didik. Baik yang akan disetorkan secara online maupun offline. Selain itu, agar pemerintah juga bisa memetakan persebaran anak usia sekolah di Indonesia.  

  1. Kepengurusan Dokumen Lainnya

Jika Anda mempunyai usaha, dan ingin mendaftarkan SIUP, NPWP, daftar perusahaan atau perdagangan lainnya. Maka surat ini sangat dibutuhkan. Tujuannya, agar pemerintah memastikan bahwa itu bukan perusahaan fiktif yang berpotensi untuk melakukan penipuan. Serta memudahkan untuk melakukan pengawasan barang yang beredar. 

Syarat Membuat Surat Keterangan Domisili 

Dokumen persyaratan membuat surat keterangan domisili yang diperlukan adalah :

  1. Surat permohonan dokumen dan data di atas materai Rp6.000.
  2. Melampirkan KTP dan kartu keluarga.
  3. Surat pengantar dari RT dan RW.
  4. Surat kuasa jika pengurusan diwakilkan dengan materai Rp6.000.
  5. Pas foto 3×4 sebanyak satu lembar.

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili 

Proses pembuatan surat ini terbilang mudah jika dibanding lainnya. Sekedar informasi, masa aktifnya yaitu enam bulan. Apabila melebihi dan masih dibutuhkan maka Anda harus mengurusnya kembali. Simak alurnya dengan cermat di bawah ini : 

  1. Datang ke RT/RW

Pertama-tama Anda harus datang ke RT/RW untuk mendapatkan surat pengantar. Untuk formatnya, sudah disediakan dan mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia. Karena RT/RW biasanya ada di rumah pada sore hari. Sebaiknya Anda datang di waktu tersebut.

  1. Datang ke Kelurahan 

Setelah mendapatkan surat pengantar dari RT/RW. Anda harus datang ke kelurahan dengan membawa dokumen lainnya. Yaitu foto 3×4 sebanyak 3 lembar, foocopy KTP atau KK dengan membawa aslinya, surat kuasa (apabila diwakilkan). Anda juga harus mengajukan surat permohonan kepada tugas dengan ditambah materai 6000. 

  1. Petugas Akan Melakukan Verifikasi

Setelah itu, petugas akan melakukan verifikasi kebenaran berkas. Pada sesi ini, Anda harus sabar menunggu. Bisa cepat bisa juga lambat tergantung pengunjung kelurahan pada saat itu. 

  1. Setelah Diverifikasi, Petugas Akan Menerbitkan Surat Keterangan Domisili

Setelah  berkas dirasa beres. Maka petugas akan menerbitkan surat sesuai dengan permintaan. Periksa kembali sebelum meninggalkan kelurahan. Karena apabila terjadi kesalahan, bisa langsung dibenarkan tanpa harus bolak-balik.  

  1. Siap Untuk Digunakan Sesuai Keperluan

Terakhir, surat keterangan sudah bisa digunakan sesuai dengan keperluan. Entah itu untuk pengurusan izin tempat atau yang lainnya. 

Cukup gampang kan caranya? Paling lama, pembuatannya 1×24 jam. Namun pada umumnya tidak sampai 2 jam berkas sudah ada ditangan. Asalkan persyaratannya lengkap dan benar.

Contoh Surat Keterangan Domisili

Berikut ini ada beberapa contoh surat keterangan domisili yang digunakan untuk berbagai macam keperluan :

1. Contoh Surat Untuk Pembuatan KK 

PEMERINTAH KOTA SURABAYA

KECAMATAN SUKARAME

KELURAHAN MAJU SEJAHTERA

Jln. Melati No 67 Telp: 876987

SURAT KETERANGAN DOMISILI 

Nomor : 564/ 56/ 546.87.21.1/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : Drs. H. Mahmud M.Si

Jabatan : Lurah Maju Sejahtera 

Menerangkan bahwa : 

Nama : Abdinal Ilmi 

Jenis Kelamin : Laki-Laki 

Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 8 Desember 1992 

Agama : Islam 

Pekerjaan : Pegawai Swasta 

Status Perkawinan : Sudah kawin 

Alamat : Jalan Raden Rahmat No 76 Surabaya Jawa Timur 

Nama di atas, adalah benar adanya berdomisili di RT 09/RW 08 Kelurahan Maju Sejahtera, Surabaya, Jawa Timur. 

Demikian surat ini dibuat, untuk dipergunakan sebagai pembuatan Kartu Keluarga (KK) baru. 

Surabaya , 17 November 2019 

Drs. H. Mahmud M.Si

2. Contoh Surat Untuk Pembukaan Izin Usaha 

PEMERINTAH KOTA BLITAR

KECAMATAN MAJU JAYA 

KELURAHAN SEJAHTERA 

Jln. Brawijaya No 67 Telp: 876987

SURAT KETERANGAN DOMISILI 

Nomor : 564/ 56/ 546.87.21.1/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : Rahmat Aditya M.Si

Jabatan : Kepala Desa Sejahtera 

Menerangkan bahwa : 

Nama : Muhammad Sidiq

Jenis Kelamin : Laki-Laki 

Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 8 Desember 1992 

Agama : Islam 

Pekerjaan : Wiraswasta

Status Perkawinan : Sudah kawin 

Alamat : Jalan Brawijaya No 987 Kelurahan Sejahtera Kecamatan Maju Jaya Kota Blitar

Benar adanya yang pada saat ini membuka usaha sebagaimana di bawah ini :

Nama Usaha : CV Abadi Nan Jaya 

Jenis Usaha : Percetakan 

Alamat Kantor Usaha : Jalan Brawijaya No 987 Kelurahan Sejahtera Kecamatan Maju Jaya Kota Blitar

Jumlah Pegawai : 10 orang 

Demikian surat ini dibuat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya 

Blitar , 17 November 2019 

Rahmat Aditya M.Si

Pengertian, manfaat, tata cara beserta contoh surat keterangan domisili di atas sudah Anda pahami. Perhatikan dengan benar, dan periksa terlebih dahulu sebelum meninggalkan. Usahakan, semua data yang ada sinkron, baik nama di KTP, KK beserta tempat dan tanggal lahir. Karena nantinya akan berpengaruh pada kevalidan data. Selamat mencoba. 

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.