Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur

Posted on

Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur – AkuntansiLengkap | Mau tahu kan letak perbedaan dari ketiga jenis perusahaan ini ? ternyata perbedaannya hampir atau bahkan nyaris tidak ada kecuali, hanya produk persediaan yang terdapat pada jenis bidang usaha tersebut. Mari kita simak selengkapnya pada artikel ini.

perbedaan-perusahaan-dagang-perusahaan-jasa-dan-manufaktur

Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur


Perusahaan dagang memperoleh produk barang persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk dijual kembali pada konsumen. Perusahaan dagang kegiatannya hanya melakukan penjualan kembali dengan tidak merubah baik bentuk  dan memperoleh keuntungan dari selisih penjualan. (Baca juga: siklus akuntansi perusahaan daganglaporan keuangan perusahaan dagang)

Perusahaan manufaktur memperoleh produk persediaan yang dibuat dari bahan mentah menjadi bahan setengah jadi maupun barang jadi.  Bisa jadi perusahaan manufaktur mengolah bahan baku untuk perusahaan lain. (Baca juga: laporan keuangan perusahaan manufaktur – laporan laba rugi perusahaan manufaktur)

Perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang dagang untuk dipasarkan karena produk mereka bersifat tidak berwujud seperti perusahaan dagang atau manufaktur. Produk perusahaan jasa berupa hasil kasa mereka. (Baca juga: laporan perusahaan jasasiklus akuntansi perusahaan jasa)

Jadi untuk perbedaan ketiga jenis perusahaan ini secara spesifik hanya pada bagian persediaan dan pembeliannya saja. Berikut ini adalah gambaran perbedaan ketiga jenis perusahaan tersebut:

1. Perusahaan dagang

2. Perusahaan Manufaktur (Produksi)

  • Persediaan Bahan Pembantu
  • Persediaan Dalam Proses Produksi
  • Persediaan Barang Jadi
  • Pembelian

3. Perusahaan Jasa

  • Tidak Memiliki Persediaan
  • Pembelian langsung di masukkan dalam akun Peralatan atau akun perlengkapan
  • Tidak ada Harga Pokok Penjualan (HPP)

Kemudian terkadang muncul pertanyaan, ketika terdapat dua jenis perusahaan dalam satu manajemen misalnya perusahaan servis kendaraan (Bengkel) yang juga menjual sparepart kendaraan.

Itu mudah saja, bisa diatasi dengan cara berikut ini:

  • Masukkan apa yang menjadi bagian dari perusahaan dagang ke perusahaan jasa tersebut
  • Gabungkan biaya yang timbul dan melakukan perhitungan Harga pokok penjualan
  • Dan untuk hasil dari jasa service memiliki pos yang terpisah sehingga dalam usaha tersebut terdapat 2 penghasilan yaitu, hasil penjualan barang dan pendapatan jasa service.

Artikel ini dikutip dari berbagai sumber. Semoga artikel Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi Juga Artikel Lainnya:

  1. Cari Tahu Pengertian Siklus Akuntansi dan Tahapan Lengkap Disini
  2. Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)
  3. Pengertian dan Karakeritstik Perusahaan Jasa
  4. Pengertian, Jenis dan Karakteristik Perusahaan Dagang
  5. Tujuan, Unsur dan Pengertian Sistem Pengendalian Intern
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.