5 Tips Jadi Sales Marketing Handal : Kerja Santai Target Tercapai

Posted on

Kegiatan akhir dari sebuah perusahaan, baik perusahaan jasa maupun perusahaan dagang adalah memasarkan jasa atau barang yang di produksi oleh perusahaan tersebut.

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dalam menciptakan waktu dan tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).

Kegiatan pemasaran sangat menentukan keberlangsungan dari sebuah perusahaan, semakin baik kegiatan pemasaran akan semakin banyak produk yang dipasarkan sehingga semakin banyak pula keuntungan yang diperoleh perusahaan, begitu pula sebaliknya.

Mengingat pentingnya kegiatan pemasaran ini perusahaan menaruh perhatian khusus terhadap stategi pemasaran

Lowongan pekerjaan saat ini didominasi oleh lowongan sebagai tenaga pemasar (marketing). Hampir setiap hari perusahaan-perusahaan membuka kesempatan bagi para pencari pekerja.

Banyaknya lowongan pekerjaan sebagai marketing ini berbanding terbalik dengan minat para pencari pekerja, dimana pencari pekerja tidak tertarik untuk menjadi seorang marketing.

Rendahnya minat pencari pekerja sebagai seorang marketing dikarenakan beberapa alasan diantaranya paradigma marketing yang bekerja di lapangan, marketing itu banyak target dan marketing itu harus banyak berinteraksi dengan orang luar.

Berikut ini beberapa tips menjadi marketing handal, kerja santai target tercapai bagi anda yang berminat menjadi marketing  atau marketing pemula :

1. Jangan Anggap Marketing itu Sulit, melainkan Marketing itu Menyenangkan

Banyak orang berpikir menjadi seorang marketing adalah sebuah pekerjaan yang sulit. Menjadi seorang marketing memang memiliki tantangan dan hambatan tersendiri yang cukup memacu andrenalin, sehingga tidak semua orang berminat dan bertahan dengan profesi tersebut.

Target yang terus meningkat dari waktu ke waktu dari perusahaan dan penolakan demi penolakan dari calon konsumen menjadi salah satu tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh para marketing.

Namun, semua itu akan menjadi terasa menyenangkan apabila secara psikis dan jiwa kita benar-benar tanamkan dalam hati bahwa marketing itu profesi yang mudah dan menyenangkan.

Ketika kita sudah menanamkan dalam pikiran kita bahwa menjadi seorang marketing adalah sebuah profesi yang mudah dan menyenangkan maka semua tantangan dan hambatan itu akan hilang, justru sebaliknya kita akan menemukan sejuta cara untuk memasarkan produk yang kita miliki.

Menjadi seorang marketing sejati kita harus selalu optimis dan bersemangat dalam melayani kebutuhan konsumen dalam setiap keadaan. Optimis dan semangat adalah kunci awal kesuksesan seorang marketing.

2. Kuasai Product Knowledge

Setelah kita memiliki paradigma bahwasanya bekerja sebagai seorang marketing adalah sebuah profesi yang mudah dan menyenangkan, selanjutnya hal yang perlu kita lakukan adalah menguasai produk yang akan kita pasarkan (product knowledge).

Menguasai produk yang akan kita pasarkan artinya kita mengetahui dengan jelas dan detail apa produk yang kita pasarkan seperti kelebihan dan kekuranganya, manfaatnya, dan keunggulan produk kita dibandingkan dengan produk pesaing.

Dengan menguasai produk yang akan kita pasarkan, kita akan lebih mudah dalam memberikan informasi lengkap mengenai produk tersebut kepada calon konsumen kita.

Cara Meyakinkan Konsumen

Dengan mengetahui segala informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat membantu kita untuk meyakinkan para calon konsumen.

Berikan informasi dengan jelas tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang kita tawarkan.

Simak juga : Contoh Manajemen Pemasaran

3. Berpenampilan Menarik

Sebagai seorang marketing first impression tentu saja sangat penting untuk membangun kepercayaan dan kenyaman kepada konsumen.

Salah satu hal pertama yang akan dilihat oleh calon konsumen adalah segi penampilan kita. Penampilan kita tentu saja akan mencerminkan pribadi kita secara individu serta perusahaan dan produk yang sedang kita tawarkan kepada calon konsumen.

Untuk itu penampilan tentu saja perlu kita perhatikan sebagai seorang marketing.

Dengan penampilan yang menarik, maka tentu saja kita akan merasa percaya diri dalam memasarkan produk dan akan meciptakan kenyaman terhadap calon konsumen sehingga tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Sebagai seorang marketing kita akan dituntut selalu menjaga penampilan oleh perusahaan. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga penampilan diantaranya mencari referensi dari internet, belajar dari teman, dan pelatihan- pelatihan table manner dari perusahaan. 

4. Pahami dan Respon Kebutuhan Konsumen 

Dalam memasarkan produk ke konsumen hal yang perlu kita perhatikan adalah kita harus memahami serta merespon sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Biasanya dalam sebuah perusahaan banyak jenis produk yang harus kita tawarkan ke konsumen, namun tidak semua produk tersebut dibutuhkan oleh calon konsumen kita untuk itu kita harus pahami terlebih dahulu produk apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen kita.

Untuk mengetahui kebutuhan konsumen kita harus mengenal dekat calon konsumen dengan cara sering melakukan komunikasi baik secara langsung yaitu dengan kunjungan maupun dengan teknologi media sosial seperti WA, Line, IG, facebook dll.

Baca lebih lanjut tentang komunikasi pemasaran.

Dengan sering melakukan komunikasi yang baik kita akan mengenal lebih dekat konsumen sehingga kita akan paham produk apa yang sedang dibutuhkan oleh calon konsumen kita.

Dalam mengetahui kebutuhan konsumen, terlebih dahulu kita tentukan target pasar yang akan di bidik. Bisa jadi kita membidik komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.

Pastikan bahwa kita memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang marketing yang cerdas harus kenali dulu perilaku konsumen yang kita bidik untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

5. Bangun Jaringan dan Relasi

Menjadi seorang marketing kita dituntut harus memiliki jaringan dan relasi yang kuat dan luas.

Jaringan dan relasi yang luas dan kuatlah yang akan menjadikan kita marketing yang handal karena dengan kita memiliki jaringan bisnis yang luas tentunya akan memudahkan kita untuk memasarkan produk kita. Selain itu, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari jaringan bisnis yang kita miliki.

Mulai dari peluang kerja sama di bidang permodalan, lalu memudahkan kita untuk memasarkan produk perusahaan. Bagi marketing pemula kita dapat mencari relasi dengan referensi dari keluarga, teman kita, konsumen lama.

Dari referensi itulah kita mulai kembangkan dengana cara katif mencari informasi, setelah mendapatkan informasi kita lanjutkan dengan eksekusi.

Eksekusi disini maksudnya kita mengunjungi calon-calon konsumen ideal berdasarkan informasi yang kita dapatkan dari keluarga, teman, dan konsumen lama tadi.

Setelah itu kita membangun komunikasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada calon-calon konsumen tersebut.

Nah, itu dia tips menjadi marketing handal, kerja santai target tercapai. Semoga bermanfaat dan lakukan dengan baik agar anda menjadi seorang marketing yang handal. Karena dengan menjadi seorang marketing yang handal banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan seperti target akan tercapai, reward dan hadiah perusahaan, promosi jabatan dll.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply