Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macam Kebutuhan

Posted on
Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macam Kebutuhan
5 (100%) 2 votes

Pengertian dan Macam-Macam Kebutuhan Ekonomi| Setiap manusia mempunyai kebutuhan yang sangat beragam jenisnya dan jika dituruti tidak akan terbatas jumlahnya. Namun setiap manusia juga harus sadar bahwa tidak semua kebutuhan hidup bisa dipenuhi.

Manusia perlu rasional dalam bertindak, artinya setiap orang harus mengerti akan kebutuhan dan kemampuan untuk memenuhinya dan bertindak untuk mencegah pemborosan. Karena pada dasarnya, kebutuhan adalah keperluan manusia agar mampu bertahan hidup. Kebutuhan inilah yang disebut dengan kebutuhan ekonomi. (Baca juga: Faktor penyebab kelangkaan. )

Pengertian Kebutuhan

Pengertian kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia dalam rangka mencapai kesejahteraan. Manusia dikenal memiliki sifat yang muncul secara alamiah yaitu perasaan kurang puas yang ingin dipenuhi untuk memepertahankan kelangsungan hidupnya.

Macam-Macam Kebutuhan

Kebutuhan manusia yang beraneka ragam dapat kita kelompokkan diantaranya menurut intensitas kegunaan, menurut subjeknya, menurut bentuk dan sifat dan menurut waktu pemenuhan.

Kebutuhan Menurut Intensitanya

Jadi, kebutuhan menurut tingkat atau intensitas kegunaan adalah kebutuhan yang diukur dengan prioritas atau pentingnya suatu kebutuhan. Menurut intensitasnya, macam-macam kebutuhan dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

1. Kebutuhan Primer dan Contoh

Pengertian kebutuhan primer adalah kenutuhan yang harus dipenuhi atau mutlak oleh manusia untuk bertahan hidup.

Tahukah kamu apa saja yang termasuk dalam kebutuhan primer? kebutuhan ini meliputi makanan dan minuman tempat tinggal dan pakaian.

Contoh kebutuhan primer seseorang untuk bertahan hidup sehari-harinya membutuhkan makanan yang rata-rata mengandung 2.100-2.500 kalori perhari.

Sedangkan untuk kebutuhan rumah contohnya adalah, bukan hanya tempat untuk berteduh namun juga tersedia sumber air bersih, tempat buang air, tempat mandi, keamanan dan lain sebagainya.

Contoh pakaian adalah pakaian atau baju yang layak digunakan. Nah, berdasarkan perkembangan kebutuhan, pendidikan juga termasuk di dalam kebutuhan primer, alasannya dengan pendidikan seseorang dewasa akan mempunyai keterampilan di bidang tertentu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Kebutuhan Sekunder dan Contoh

Pengertian kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Artinya, kebutuhan sekunder ini erat kaitanya dengan faktor lingkungan hidup atau tradisi masyarakat karena manusia adalah makhluk yang bermasyarakat dan berbudaya.

Contoh kebutuhan sekunder misalnya, seseorang yang memiliki kedudukan di masyarakat mempunyai dorongan psikologis untuk mempunyai pakaian pesta, komputer, sepatu bermerek, jam tangan bermerek dan kebutuhan lainnya.

3. Kebutuhan Tersier dan Contoh

Pengertian kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang muncul dan dipenuhi setelah kebutuhan sekunder (tambahan) terpenuhi.

Pemenuhan kebutuhan tersier biasanya didorong oleh faktor atau tujuan untuk mempertinggi status sosial seseorang. Contoh kebutuhan tersier adalah perhiasan, rumah mewah, mobil mewah dan lain sebagainya.

Tahukah Kamu ?
Kebutuhan berdasarkan intensitasnya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti, tingkat pendidikan, keadaan sosial budaya di daerah setempat, kepentingan dan lingkungan.

Ada beberapa barang yang digolongkan sebagai kebutuhan tersier bagi seseorang namun menjadi kebutuhan sekunder bagi sebagian orang.

Contohnya sebuah komputer adalah kebutuhan mewah jika dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga, namun komputer dianggap menjadi kebutuhan pokok oleh seorang programer atau pembuat program.

pengertian kebutuhan dan macam macamnya
Mobil mewah termasuk kebutuhan tersier.

Baca juga: 

  1. 12 Cara Mendirikan Koperasi (Simpan Pinjam, Yang Benar)
  2. Sejarah Perbankan Di Indonesia [9 Bank Zaman Kemerdekaan ]
  3.  (Lengkap) Pengertian, Contoh, Fungsi Lembaga Ekonomi dan Tujuannya

Kebutuhan Menurut Bentuk dan Sifatnya

Kebutuhan menurut bentuk dan sifatnya bisa dikelompokkan menjadi kebutuhan jasmani (badan) dan kebutuhan rohani (batin):

1. Kebutuhan Jasmani dan Contoh

kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan untuk keperluan jasmani seseorang. kebutuhan ini contohnya adalah tempat berlindung, makanan sehat, olahraga, pakaian bersih dan lainnya.

2. Kebutuhan Rohani dan Contoh

Kebutuhan rohani (spiritual) adalah kebutuhan untuk memenuhi keperluan rohani. contohnya adalah pendidikan, ibadah dan rekreasi. Jika kebutuhan ini terpenuhi, sesorang akan merasakan kepuasan batin.

macam macam kebutuhan
Ibadah termasuk kebutuhan rohani

Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya

Kebutuhan menurut waktu pemenuhan dapat dikelompokkan menjadi 4 diantaranya:

1. Kebutuhan Sekarang dan Contoh

Pengertian kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pada saat ini juga harus di penuhi atau didahulukan. contohnya adalah minum, makan dan kesehatan.

Kebutuhan sekarang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup sesorang, karena barang yang diperlukan bersifat rutin dan sebagian besar adalah barang kebutuhan pokok.

Kebutuhan ini juga dianggap sebagai kebutuhan mendesak. Contohnya adalah seseorang membutuhkan payung saat hujan, dan minum obat saat sakit.

2. Kebutuhan Masa Depan dan Contoh

Pengertian kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya sudah dipersiapkan sebelumnya jauh-jauh hari. Contohnya adalah pendidikan anak dan kebutuhan untuk memiliki rumah pribadi.

3. Kebutuhan Yang Tidak Tentu Waktunya dan Contoh

Kebutuhan yang waktunya tidak terduga kebutuhan ini sifatnya tiba-tiba atau insidentil kadang-kadang terjadi. Contohnya adalah bantuan kepada saudara yang sedang terkena musibah/kecelakaan.

4. Kebutuhan Sepanjang Waktu dan Contoh

Kebutuhan ini biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama apa saja. Contohnya belajar dan menuntut ilmu adalah kebutuhan pokok bagi manusia sepanjang hidupnya.

Kebutuhan Menurut Subjek

Kebutuhan ini dikelompokkan berdasarkan siapa yang membutuhkan.

1. Kebutuhan Individu dan Contoh

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing orang. Jadi, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Contohnya kebutuhan petani berbeda dengan kebutuhan nelayan dan kebutuhan karyawan berbeda dengan kebutuhan pelajar.

2. Kebutuhan Kelompok dan Contoh

Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang diperlukan oleh suatu kelompok atau orang secara bersama-sama. Contohnya kebutuhan kelompok yang berwujud adalah jembatan, listrik, angkutan umum dan jalan. Sedangkan contoh kebutuhan kelompok yang tidak berwujud meliputi, keamanan, kebersihan umum, ketertiban dan menang dalam pertandingan.

contoh kebutuhan
Jembatan termasuk kebutuhan kelompok

Itulah tadi Pengertian dan 11 Macam-Macam Kebutuhan + Contohnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi juga artikel lainnnya: 

  1. Pengertian Kebijakan Moneter [Instrumen, Tujuan, Jenis-Jenis Dan Contoh]
  2. Pengertian Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Dan Biaya Overhead Pabrik Dengan Contoh
  3. Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri- Ciri Dan Tujuannya
  4. 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya
  5. Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri-Cirinya
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *