12 Manfaat Pertumbuhan Ekonomi Bagi Negara dan Masyarakat

Posted on
Manfaa Pertumbuhan Ekonomi bagi suatu negara.

Manfaat pertumbuhan ekonomi suatu negara akan menimbulkan dampak sangat positif pada keberlangsungan hidup masyarakatnya.

Salah satunya adalah pendapatan nasional yang meningkat, tingkat peluang pekerjaan yang kesemuanya akan meningkatkan standar hidup.

Dengan tingginya PDB nasional, negara akan lebih produktif dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

1. Pendapatan perkapita masyarakat lebih tinggi

Pertumbuhan ekonomi yang baik pada suatu negara akan berdampak pada meningkatnya rata-rata pendapatan perkapita masyarakat.

Maka secara otomatis masyarakat akan bisa menikmati atau mengonsumsi lebih banyak barang dan jasa dan memiliki standar hidup yang lebih baik.

Pertumbuhan ekonomi di banyak negara cara secara langsung akan mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan angka harapan hidup.

Pengangguran dapat ditekan dan dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang positif, para perusahaan akan membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga akan banyak tenaga pekerja baru yang dibutuhkan.

Simak juga : 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

2. Pinjaman pemerintah lebih rendah

Pertumbuhan ekonomi akan menciptakan pendapatan pajak yang lebih tinggi, karena itu pertumbuhan ekonomi dapat membantu mengurangi pinjaman pemerintah.

Akibat pendapatan pajak yang tinggi kebutuhan pemerintah untuk mengeluarkan uang contohnya membantu dalam hal tunjangan pengangguran, kemiskinan dan yg terkait dengan kesejahteraan juga semakin sedikit.

3. Peningkatan layanan publik

Dengan meningkatnya pendapatan pajak, pemerintah dapat mengalokasikan dana lebih banyak untuk kebutuhan layanan publik seperti, untuk pendidikan, kesehatan, memperbaiki lingkungan dan infrastruktur lainnya demi melayani masyarakatnya.

Pemerintah juga dapat mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk penggunaan sumber daya alam terbarukan yang bisa didaur ulang.

Baca juga : 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara 

4. Investasi meningkat

Pertumbuhan ekonomi pada suatu negara cara akan menumbuhkan iklim investasi yang baik. Sehingga pemilik modal dan perusahaan akan dengan senang dan nyaman berinvestasi.

Di Indonesia, sudah banyak bermunculan platform untuk investasi baik saham, emas, deposito, properti dan masih banyak lagi.

Bahkan Anda juga bisa investasi penanaman modal untuk usaha yang sudah berjalan dengan menggunakan aplikasi / platform tersebut.

5. Peningkatan penelitian dan pengembangan

Perusahaan dalam lingkungan ekonomi dan investasi yang sehat akan meningkatkan profitabilitas bagi perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan lebih banyak mengeluarkan dana atau sumber daya untuk penelitian dan pengembangan.

Pertumbuhan ekonomi yang baik juga meningkatkan kepercayaan diri bagi perusahaan dalam melakukan Inovasi dan mengambil resiko.

Baca Juga: Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia

6. Evaluasi pembangunan ekonomi

Contoh negara dengan ekonomi berkembang seperti di Afrika, dengan adanya pertumbuhan ekonomi, negara dapat keluar dari bahaya kemiskinan dan dapat meningkatkan angka harapan hidup.

Penyebabnya adalah bidang sosial seperti pendidikan dan kesehatan akan difasilitasi lebih banyak oleh negara.

Namun beda kasusnya dengan negara maju yang menganggap pertumbuhan ekonomi kurang penting.

Contoh dampak negatif pertumbuhan ekonomi adalah menimbulkan kemacetan dan polusi sehingga standar hidup yang baik tidak akan terpenuhi.

Pada contoh lain distribusi pertumbuhan ekonomi juga harus diperhatikan yaitu siapa yang yang diuntungkan dari pertumbuhan ekonomi tersebut. Supaya tidak ada kesenjangan tingkat ekonomi di masyarakat.

7. Pengangguran menurun

Dampak pertumbuhan ekonomi, perusahaan semakin bermunculan dan menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Para angkatan kerja juga bisa lebih produktif, karena banyak peluang kesempatan kerja yang lebih menguntungkan.

8. Lebih banyak riset dan pengembangan

Riset dan pengembangan diperlukan untuk meningkatkan efektifitas kerja yang sudah ada dan bisa juga mencari alternatif untuk pengolahan sumber daya yang baru.

Misalnya di Indonesia, sering muncul pengganti bahan bakar minyak, contohnya dengan gas dari kotoran hewan, listrik hingga sampah plastik.

Temuan-temuan tersebut hanya bisa dilakukan jika seorang ahli didukung dengan ekonomi yang baik.

9. Produksi barang meningkat

Pertumbuhan ekonomi yang baik membuat lebih banyak barang yang diproduksi dan dihasilkan. Artinya perusahaan dan negara bisa mengekspornya ke luar negeri dan menambah pemasukan.

Saat ini produk indonesia yang kebanyakan di ekspor adalah jenis bahan baku minyak kelapa sawit, bahan baku nikel, batu bara dan industri kertas.

10. Pembangunan ekonomi

Manfaat pertumbuhan ekonomi berikutnya akan mendorong pembangunan ekonomi, contohnya pembangunan sektor pengetahuan, teknik dan sosial.

Bidang-bidang tersebut akan lebih mendapat perhatian pembangunan jika ekonomi negara juga baik.

11. Kemiskinan menurun

Saat ekonomi suatu negara baik banyak keluarga yang pendapatannya meningkat dan ketersediaan bahan baku melimpah.

Sehingga kemampuan keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya semakin baik. Tidak adanya ketimpangan ekonomi yang besar antara penduduk kota dan desa.

12. Tersedia banyak sektor ekonomi

Kebanyakan negara berkembang berkutat pada sektor ekonomi tradisional seperti pertanian tradisional, perkebunan, percetakaan dan pengolahan.

Sedangkan akan tersedia lebih banyak sektor ekonomi jika pertumbuhan ekonomi negara baik. Orang-orang akan beralih ke sektor ekonomi baru, seperti jasa, digital, manufaktur dan sektor lain yang mengandalkan teknologi.

Gravatar Image
Semoga materi yang saya bagikan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar akuntansi online.