6 Manfaat Pertumbuhan Ekonomi Bagi Suatu Negara

Posted on
Manfaa Pertumbuhan Ekonomi bagi suatu negara.

Mari kita awali artikel pertumbuhan ekonomi ini dengan pertanyaan, apa sih dampak positif pertumbuhan ekonomi bagi suatu negara ?

Jawabannya, pertumbuhan ekonomi suatu negara akan menimbulkan dampak sangat positif pada keberlangsungan hidup masyarakatnya. Salah satunya adalah pendapatan nasional yang meningkat, tingkat peluang pekerjaan yang kesemuanya akan meningkatkan standar hidup.

Dengan tingginya PDB nasional, negara akan lebih produktif dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

1. Pendapatan perkapita masyarakat lebih tinggi

Pertumbuhan ekonomi yang baik pada suatu negara akan berdampak pada meningkatnya rata-rata pendapatan perkapita masyarakat.

Maka secara otomatis masyarakat akan bisa menikmati atau mengonsumsi lebih banyak barang dan jasa dan memiliki standar hidup yang lebih baik.

Pertumbuhan ekonomi di banyak negara cara secara langsung akan mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan angka harapan hidup.

Pengangguran dapat ditekan dan dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang positif, para perusahaan akan membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga akan banyak tenaga pekerja baru yang dibutuhkan.

Simak juga : 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

2. Pinjaman pemerintah lebih rendah

Pertumbuhan ekonomi akan menciptakan pendapatan pajak yang lebih tinggi, karena itu pertumbuhan ekonomi dapat membantu mengurangi pinjaman pemerintah.

Akibat pendapatan pajak yang tinggi kebutuhan pemerintah untuk mengeluarkan uang contohnya membantu dalam hal tunjangan pengangguran, kemiskinan dan yg terkait dengan kesejahteraan juga semakin sedikit.

Cari tahu : 7 Penerimaan Negara Bukan Pajak

3. Peningkatan layanan publik

Dengan meningkatnya pendapatan pajak, pemerintah dapat mengalokasikan dana lebih banyak untuk kebutuhan layanan publik seperti, untuk pendidikan, kesehatan, memperbaiki lingkungan dan infrastruktur lainnya demi melayani masyarakatnya.

Pemerintah juga dapat mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk penggunaan sumber daya alam terbarukan yang bisa didaur ulang.

Baca juga : 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara 

4. Investasi Meningkat

Pertumbuhan ekonomi pada suatu negara cara akan menumbuhkan iklim investasi yang baik. Sehingga pemilik modal dan perusahaan akan dengan senang dan nyaman berinvestasi.

5. Peningkatan penelitian dan pengembangan

Perusahaan dalam lingkungan ekonomi dan investasi yang sehat akan meningkatkan profitabilitas bagi perusahaan. Dengan demikian perusahaan akan lebih banyak mengeluarkan dana atau sumber daya untuk penelitian dan pengembangan.

Pertumbuhan ekonomi yang baik juga meningkatkan kepercayaan diri bagi perusahaan dalam melakukan Inovasi dan mengambil resiko.

6. Evaluasi pembangunan ekonomi

Contoh negara dengan ekonomi berkembang seperti di Afrika, dengan adanya pertumbuhan ekonomi, negara dapat keluar dari bahaya kemiskinan dan dapat meningkatkan angka harapan hidup.

Penyebabnya adalah bidang sosial seperti pendidikan dan kesehatan akan difasilitasi lebih banyak oleh negara.

Namun beda kasusnya dengan negara maju yang menganggap pertumbuhan ekonomi kurang penting.

Contoh dampak negatif pertumbuhan ekonomi adalah menimbulkan kemacetan dan polusi sehingga standar hidup yang baik tidak akan terpenuhi.

Pada contoh lain distribusi pertumbuhan ekonomi juga harus diperhatikan yaitu siapa yang yang diuntungkan dari pertumbuhan ekonomi tersebut. Supaya tidak ada kesenjangan tingkat ekonomi di masyarakat.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.