6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Posted on
1.2
11

6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi | Pertumbuhan ekonomi termasuk dalam salah satu aspek dalam pembangunan ekonomi, namun pertumbuhan ekonomi lebih menekankan kepada peningkatan jumlah output agregat khususnya output agregat per kapita.

Tahukah kamu ?

Pertumbuhan ekonomi ialah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan yaitu dengan menunjukan keadaan yang lebih baik dalam periode tertentu. Selain itu, pengertian lain dari pertumbuhan ekonomi ialah sutau proses meningkatnya jumlah produksi yang dibuktikan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional di suatu negara.

Perekonomian suatu negara dapat disebut mengalami pertumbuhan apabila jumlah balas jasa riil lebih besar daripada tahun sebelumnya dibandingkan dengan penggunaan faktor-faktor produksi dalam periode waktu tertentu.

6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Baca juga:

  1.  “Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh” Tindakan Ekonomi
  2. [Contoh-Contoh] Kegiatan Produksi, Konsumsi dan Distribusi
  3.  10 Prinsip Dasar Ekonomi Syariah

Dibawah ini merupakan 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi:

1. Sumber Daya Manusia

Untuk menentukan hal yang paling penting dari pertumbuhan ekonomi di suatu negara ialah dengan memperhitungkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang tersedia secara langsung untuk dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat pada ilmu keterampilan, kemampuan kreatif, pelatihan, dan pendidikan yang dimilikinya. Jika suatu negara memiliki sumber daya manusia yang baik. Jika sumber daya manusia suatu negara  terampil dan terlatih maka output yang dihasilkan juga akan berkualitas tinggi.

Namun, kekurangan akan sumber daya manusia yang terampil  dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, sedangkan surplus akan sumber daya manusia ini akan kurang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, sumber daya manusia suatu negara harus sebanding antara jumlahnya dengan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan, sehingga akan tercapainya pertumbuhan ekonomi.

2. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sumber daya alam ialah sumber daya yang telah tersedia di alam, baik di darat ataupun di bawah laut.

Sumber daya alam yang dimiliki suatu negara sesuai dengan kondisi iklim dan lingkungan di negara tersebut. Negara yang memiliki banyak sumber daya alam dapat menikmati pertumbuhan yang baik dibandingkan dengan negara-negara yang sumber daya alamnya sedikit.

Pemanfaatan sumber daya alam secara efisien atau eksploitasi itu terjadi tergantung dengan keterampilan dan kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkannya, dan teknologi yang digunakan serta ketersediaan dana yang mencukupi. Sebuah negara yang memiliki sumber daya manusia yang terampil dan terdidik dalam pemanfaatan sumber daya alam yang kaya, hal ini akan  menunjukkan status perekonomian mengalami pertumbuhan.

Baca juga:

  1. Pengertian, Contoh + Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral
  2. Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab dan Cara Mengatasinya
  3. [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

3. Pembentukan Modal

Pembentukan modal terdiri dari tanah, bangunan, mesin, listrik, transportasi, dan media komunikasi. Pembentukan modal ialah proses memproduksi dan memperoleh semua produk buatan manusia.

Pembentukan modal dapat meningkatkan ketersediaan modal untuk tenaga kerja, yang dapat meningkatkan rasio modal atau tenaga kerja. Akibatnya, meningkatnya produktivitas tenaga kerja, yang dapat menghasilkan peningkatan output serta pertumbuhan ekonomi suatu negara.

6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

4. Pengembangan Teknologi

Teknologi merupakan sifat dan jenis dari instrumen teknis yang digunakan oleh sejumlah tenaga kerja. Perkembangan teknologi mempunyai andil dalam membantu peningkatan produktivitas dengan jumlah sumber daya yang terbatas.

Negara-negara yang telah menggunakan pengembangan teknologi mampu tumbuh secara pesat dibandingkan dengan negara-negara yang tidak menggunakannya. Pemilihan teknologi secara tepat dan cermat dapat berperan dalam pertumbuhan ekonomi.

5. Faktor Sosial dan Politik

Faktor sosial terdiri dari adat istiadat, tradisi, nilai-nilai dan keyakinan, hal-hal tersebut dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi.

Kondisi politik suatu negara dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Jika kondisi politik suatu negara stabil dan berjalan denngan baik maka akan memberikan kenyamanan bagi para masyarakat serta dapat mendukung peningkatan kinerja dalam produksi.

Dengan demikian masyarakat akan bebas dalam berinovasi dan mengembangkan segala potensinya yang dimilikinya, sehingga akan tercapainya pertumbuhan ekonomi.

6. Faktor Budaya

Faktor budaya memberikan dampak tersendiri terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Faktor ini berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pertembuhan namun dapat juga menjadi penghambatpertumbuhan suatu negara.

Budaya yang dapat mendorong peertumbuhan suatu negara ialah sikap kerja keras dan kerja cerdas, jujur, ulet dan lain-lain. Dan budaya yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi suatu negara diantaranya ialah sikap anarkis, egois, boros, hedonisme, KKN, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan tentang 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih banyak atas kunjungannya..

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  [Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya
  2. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi
  3.  6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga
  4. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  5. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *