[Lengkap] Tugas-Tugas Marketing

Posted on
[Lengkap] Tugas-Tugas Marketing
5 (100%) 5 vote[s]

Tugas-Tugas Marketing | Marketing ialah suatu proses yang dilakukan secara terencana dan menyeluruh sebagai penghubung antara perusahaan dengan konsumen. Marketing merupakan ujung tombak suatu perusahaan dalam meraih kesuksesan atau bahkan mengalami kerugian.

Tugas utama marketing yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang memiliki target pasar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

Marketing merupakan hal yang berperan sangat penting di suatu perusahaan, hal ini terjadi karena marketing memiliki fungsi dalam mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar.

Banyaknya jumlah pendapatan bagi perusahaan ditentukan oleh banyaknya konsumen yang dimiliki perusahaan tersebut. Semakin besar pendapatan yang diterima, maka perusahaan tersebut akan semakin berkembang, dan sebaliknya.

Proses marketing diatas terdiri dari kegiatan Penciptaan Produk, Mendistribusikan Produk dan Pelayanan Purna Jual. Dan kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi kepuasan kepada konsumen.

[Lengkap] Tugas-Tugas Marketing bank

Tugas Marketing Berdasarkan Prosesnya

Penciptaan Produk 

Marketing memiliki tugas yang sangat penting pada proses ini. Proses ini merupakan salah satu aspek dalam penentuan kekuatan produk untuk mampu bersaing dipasaran. Berikut ini merupakan beberapa tugas marketing berdasarkan pada penciptaan produk;

  1. Melakukan pengamatan pada karakteristik suatu produk yang diinginkan oleh konsumen, hal ini menjadi suatu tolak ukur oleh perusahaan tersebut dalam menciptakan produk yang berkualitas untuk mampu bersaing dipasaran. Pada proses inipun, teknologi dalam proses produksi juga harus perlu untuk diperhatikan, karena umumnya teknologi berkaitan dengan kualitas produk yang diciptakan.
  2. Melakukan pengamatan pada harga suatu produk yang diinginkan oleh konsumen. Hal ini termasuk suatu yang penting, karena harga merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli suatu produk. Jika pengamatan pada harga pesaing dilakukan dengan baik maka akan menambah kekuatan suatu produk agar mampu bersaing di pasar.
  3. Melakukan pengamatan pada tampilan kemasan produk yang akan dipasarkan, proses ini berkaitan dengan perkembangan teknologi suatu perusahaan dalam pengemasan barang. Kemasan yang baik dan rapi akan bisa meningkat selera konsumen, serta kemasan yang menarik dan unik juga akan dapat menarik perhatian konsumen akan suatu produk.

Baca juga:

  1. 10 Teknik Pemasaran Produk
  2. Tujuan dan Fungsi Strategi Pemasaran Ringkas dan Jelas
  3. 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”

Pendistribusian produk

Tugas Marketing dalam pendistribusian produk perusahaan, yaitu:

1. Memberikan informasi kepada konsumen tentang suatu produk

Dalam memberikan informasi ini dapat dilakukan melalui kegiatan promosi atau publikasi di media atau dengan terjun langsung ketarget pasar melalui tenaga penjual. Hal merupakan langkah awal dari proses penjualan, karena kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari aktivitas mencari pembeli.

2. Mempengaruhi konsumen untuk membeli produk

Jika calon konsumen tahu mengenai keberadaan suatu produk dipasar, Tugas marketing ialah mengajak atau membujuk calon konsumen agar ingin membeli dan memakai produk.

3. Saluran distribusi

Saluran distribusi merupakan salah satu kegiatan dari penjualan, tugasnya yaitu mencari calon pembeli. Suatu perusahaan selain menggunakan saluran distribusi, perusahaan tersebut akan menugaskan tenaga penjual atau marketing untuk langsung berhubungan dengan calon konsumen perseorangan. Dalam proses ini, tim marketing akan mengalami beberapa hal, seperti kredibilitas calon relasi, sistem transaksi, sistem order dan lain-lain.

4. Pengiriman produk

Tugas marketing pada proses ini cenderung mengarah kepada bagaimana barang bisa sampai kepada konsumen atau dengan kata lain pencapaian pada tujuan penjualan dan promosi. Tim marketing akan diarahkan untuk melakukan suatu tugas yaitu mengenalkan produk kepada konsumen, Mengajak atau membujuk calon konsumen agar mau membeli dan menggunakan produk.

Tugas marketing dalam tahap ini cenderung akan menghadapi strategi pasar yang dijalankan oleh para pesaing. Maka dari itu, Tugas marketing yaitu sebagai intelijen pasar yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menentukan strategi marketing yang akan dijalankan.

Baca juga:

  1. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  2. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel
  3.  Pengertian Sistem Informasi Pemasaran “Jenis dan Manfaat”

Pelayanan Purna Jual

Proses ini berkaitan dengan informasi mengenai kepuasan konsumen. Jika proses ini bisa dilakukan dengan baik, maka perusahaan akan mendapatkan peluang besar yaitu untuk terjadinya pembelian ulang suatu produk akan terbuka. Berikut ini merupakan beberapa tugas marketing:

  1. Menanggapi komplain dari konsumen dengan baik dan sesuai dengan aturan perusahaan.
  2. Melakukan tindak lanjut yang tepat saat ada pengajuan kerusakan pada masa garansi oleh konsumen.
  3. Mengumpulkan informasi mengenai produk dan pelayanan dari tim marketing. Hal ini merupakan suatu bentuk perhatian kepada konsumen yang sudah memakai produk perusahaan tersebut. Proses ini menciptakan loyalitas konsumen terhadap suatu produk dan atau perusahaan.

Demikianlah penjelasan mengenai Tugas-Tugas Maketing. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terbaru:

  1. Tujuan, Unsur dan Pengertian Sistem Pengendalian Intern
  2. Perbedaan Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Manufaktur
  3. Cari Tahu Pengertian Siklus Akuntansi dan Tahapan Lengkap Disini
  4. Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)
  5. Pengertian dan Karakeritstik Perusahaan Jasa
  6. Pengertian, Jenis dan Karakteristik Perusahaan Dagang

Comments are closed.