8 Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia

Posted on
8 Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia
4.6 (92.73%) 11 votes

contoh kegiatan ekonomi sehari hari di indonesia

Apa saja contoh kegiatan ekonomi sehari hari? Di Indonesia ada banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masing-masing orang dengan cara yang berbeda. Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan di Indonesia setiap manusia bekerja sesuai dengan pendidikan terakhir yang ditempuh, bakat ataupun kemampuannya.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setiap manusia pastinya membutuhkan suatu barang ataupun jasa dalam kehidupannya.

Upaya untuk mendapatkan barang ataupun jasa tersebut termasuk ke dalam contoh kegiatan ekononomi yang dilakukan oleh tiap orang dengan cara yang berbeda-beda.

Baca juga:

  1. 18 Daftar Aplikasi Pengatur Keuangan Android Terbaik
  2. 6 Contoh Usaha Modal 5 Juta Yang Mudah di Lakukan
  3. 6 Cara Mengatasi Pengangguran Secara Umum di Indonesia

Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia

Di Indonesia terdapat bebera jenis kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, untuk mengetahui informasi lebih detailnya maka simak uraian list yang terdapat di bawah ini.

  1. Perdagangan

Ketahuilah salah satu contoh kegiatan ekonomi di Indonesia yang banyak dilakukan oleh masyarakat yaitu kegiatan berdagang. Tentunya, sudah tidak asing lagi dengan istilah perdagangan atau yang lebih dikenal dengan proses transaksi jual beli dengan mendapatkan jumlah keuntungan yang cukup besar.

Kini perdagangan telah dijadikan sebagai salah satu bisnis yang sangat menguntungkan di Indonesia. Bahkan, dari banyaknya jenis perdagangan yang ada di Indonesia membuat banyak inovasi produk dalam proses jual beli yang menguntungkan setiap masyarakat yang melakukan transaksi.

Tentunya, proses kegiatan perdagangan ini memang sangat menguntungkan penjual ataupun pembelinya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Perindustrian

Berikutnya, kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia yaitu perindustrian yang memiliki ruang lingkup cukup luas dalam mengolah produk mentah menjadi produk jadi. Di Indonesia memang sudah cukup banyak jenis perusahaan industri yang memenuhi segala kebutuhan ekonomi di Indonesia.

Ketahuilah bahwa perindustrian di Indonesia memang membuat contoh kegiatan ekonomi memang menjadi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dalam waktu sehari-hari. Nah, dalam dunia perindustrian memang memiliki teknologi yang sangat canggih untuk mengolah hasil produksi.

Dalam rangka perindustrian ini memang membuat berbagai olahan produk yang memenuhi segala kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah dalam melakukan kegiatan ekonomi.

  1. Pertambangan

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui bahwa dalam jenis kegiatan ekonomi di Indonesia juga ada yang berbentuk pertambangan. Kegiatan pertambangan ini merupakan salah satu cara mengambil kekayaan yang memiliki nilai guna sangat tinggi. Di Indonesia terdapat banyak jenis pertambangan seperti batu bara, emas, dan perminyakan.

Orang yang bekerja di pertambangan pastinya memiliki gaji sangatlah besar, kegiatan pertambangan ini tentunya juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan setiap manusia.

  1. Jasa

Layanan  jasa juga merupakan salah satu jenis kegiatan ekonomi yang dapat memberikan pelayanan kepada setiap orang baik dalam bidang jasa darat, perairan, ataupun udara. Nah, sekarang ini sudah banyak sekali bisnis dalam bidang jasa yang mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat Indonesia.

Contohnya, jasa transportasi, jasa penerbangan, dan masih banyak lagi jenis jasa yang lainnya yang dibutuhkan oleh setiap manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

  1. Pertanian

Pertanian merupakan salah satu jenis kegiatan ekonomi yang paling familiar di Indonesia. Hal tersebut tentunya disebabkan karena negara Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan perhatian sangat luas. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan.

Sebagian besar masyarakat di Indonesia tentunya memiliki lahan mahan pertanian dari pada yang dapat digunakan sebagai makanan pokok.

  1. Perkebunan

Perkebunan juga menjadi contoh kegiatan ekonomi yang cukup banyak dijumpai di berbagai daerah. Di negara Indonesia tidak hanya memiliki lahan pertanian yang luas tetapi juga memiliki lahan perkebunan yang sangat luas dari berbagai jenis tanaman palawija yang ada di Indonesia.

Nah, dengan demikian ternyata banyaknya perkebunan juga menjadi salah satu lahan pekerjaan yang memberikan banyak produksi tanaman yang dapat diolah dengan baik sehingga menghasilkan produk yang dapat diperjualbelikan.

  1. Peternakan

Peternakan juga merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar orang yang memperkembangbiakan hewan dengan keuntungan cukup besar. Ketahuilah bahwa usaha berternak dari beberapa hewan ternak memang memberikan penghasilan yang cukup besar dengan jumlah keuntungan yang besar.

Apabila Anda mampu mengembangkan usaha peternakan dengan baik maka akan sangat mampu menghasilkan uang yang cukup banyak. Dengan demikian maka sebaiknya jalankan usaha peternakan dengan sungguh-sungguh agar hasilnya juga sangat maksimal.

  1. Perikanan

Perikanan adalah salah satu bisnis yang dapat dijalankan dengan mebudidayakan ikan air laut maupun ikan tawar. Indonesia memang menjadi salah satu negara yang memberikan penghasilan  sangat banyak dari berbagai jenis ikan tawar ataupun ikan lautnya. Sekarang ini perikanan memang memberikan jumlah keuntungan yang cukup besar.

Dengan melakukan kegiatan ekonomi dalam bidang perikanan maka akan membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat mengatasi permasalahan pengangguran yang ada di Indonesia.

Artikel menarik lainnya:

  1. 6 Jenis Investasi Modal Kecil Dengan Hasil Tinggi
  2. 8 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Paling Menguntungkan
  3. 24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial (Menjanjikan)
  4. 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
  5. Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.