Pengertian dan 5 Konsep Strategi Pemasaran

Posted on
Pengertian dan 5 Konsep Strategi Pemasaran
5 (100%) 4 vote[s]

Pengertian dan Konsep Strategi Pemasaran | Dalam peranan strategisnya, pemasaran mampu mencakup setiap bisang usaha yang bertujuan untuk dapat mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya.

Strategi pemasaran umumnya adalah suatu rencana yang ingin dilakukan secara menyeluruh, terpadu dan menyatu dalam bidang pemasaran, hal ini dilakukan untuk memberikan panduan mengenai kegiatan yang akan dijalankan agar mampu tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.

 Pengertian Strategi Pemasaran

Srategi pemasaran merupakan proses pengambilan keputusan-keputusan mengenai biaya pemasaran, pembauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam keterkaitan dengan kondisi lingkungan dan kondisi persaingan yang diharapkan.

Strategi pemasaran adalah suatu pola yang fundamental, dimana terdapat suatu perencanaan dalam menjalankan pemasaran, pengarahan sumber daya, serta terdapat juga interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain-lain. Maka dari itu, dalam strategi pemasaran sebaiknya melakukan pertimbangan dalam tujuan dari pemasaran, pasar yang diinginkan dan bagaimana mengelola sumberdaya yang tersedia dengan efektif dan efisien.

Pengertian dan Konsep Strategi Pemasaran

Baca juga:

  1.  Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”
  2.  Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  3.  Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Ahli

Menurut Stanton – Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menetapkan harga suatu produk sampai memasarkannya serta mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memberi kepuasan pembeli aktual serta potensial.

Menurut Tjiptono – Strategi pemasaran ialah alat fundamental yang dirancang atau direncanakan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan dengan melakukan pengembangan keunggulan bersaing yang berkesinambungan lewat pasar yang dimasuki dan program yang digunakan untuk melayani pasar sasarannya.

Menurut Guiltinan dan Paul – Strategi pemasaran merupakan pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akibat yang diharapkan mencapai permintaan pada target pasar yang sudah ditentukan.

Menurut  Philip Kotler – Strategi Pemasaran ialah suatu pola pikir mengenai pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran.

Konsep Strategi Pemasaran

Terdapat strategi pemasaran didasarkan atas 5 konsep strategi yaitu sebagai berikut :

1. Segmentasi Pasar

Setiap pasar terdapat pembeli yang bervariasi, pembeli memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Sedangkan perusahaan tidak mungkin mampu untuk memenuhi kebutuhan semua pembeli. Karena itu, perusahaan harus mengklasifikasikan pasar yang sifatnya heterogen tersebut kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.

2. Market Positioning

Suatu perusahaan tidak mungkin mampu untuk menguasai seluruh pasar, maka dari itu peusahaan perlu untuk memilih pola spesifik pasar yang akan memberikan peluang maksimum untuk perusahaan mendapatkan kedudukan yang kuat. Maksudnya ialah perusahaan harus memilih segmen pasar yang dapat menghasilkan penjualan dan laba paling besar dibandingkan perusahaan lain.

3. Market Entry Strategy

Market Entry Strategy merupakan salah satu strategi perusahaan agar dapat memasuki segmen pasar yang dijadikan sebagai pasar sasaran penjualan.

Strategi pemasaran untuk dapat memasuki suatu segmen pasar yaitu:

  • Membeli perusahaan lain

Membeli perusahaan lain merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk dilakukan, cara ini akan ditempuh apabila :

  1. Perusahaan yang ingin membeli tidak mengetahui mengenai kondisi industri dari perusahaan yang dibeli secara keseluruhan.
  2. Akan mejadi hal yang menguntungkan secara cepat untuk dapat memasuki segmen pasar yang dikuasai perusahaan yang akan dibeli.
  3. Perusahaan akan menghadapi banyaknya hambatan saat memasuki segmen pasar yang bersangkutan melalui internal development.
  • Internal Development

Terdapat perusahaan-perusahaan yang lebih menyukai berkembang melalui usaha sendiri yaitu seperti melalui research dan development, hal ini dilakukan karena hanya dengan melalui cara inilah kepemimpinan dalam industri dapat tercapai dan mampu dilaksanakan dengan baik.

  • Kerjasama  dengan perusahaan lain

Keuntungan dengan melakukan cara ini yaitu bahwa resiko dapat yang dipikul secara bersama-sama, dan masing-masing perusahaan saling melengkapi skill dan resources.

4. Marketing Mix Strategy

Marketing Mix strategy ialah kumpulan variabel-variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Variabel-variabel yang mempengaruhi atas pembelian tersebut sering disebut 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, Participant, Prosess, dan People Physical evidence.

5. Timing Strategy

Dalam memasarkan barang terdapat hal yang perlu diperhatikan yaitu penentuan waktu yang tepat. Walaupun perusahaan memperkirakan akan adanya kesempatan yang baik dalam menetapkan objektifitas dan menyusun strategi pemasaran, hal ini tidak berarti  bahwa perusahaan dapat memulai kegiatan pemasaran.

Sebelum itu perusahaan harus lebih dahulu melakukan persiapan-persiapan yang baik dan matang dibidang produksi ataupun dibidang pemasaran, kemudian perusahan juga harus menentukan waktu yang tepat untuk pendistribusian barang dan jasa ke pasar.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian dan Konsep Strategi Pemasaran. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih atas kunjugannya.

Kunjungi artikel terbaru:

  1. 10 Teknik Pemasaran Produk
  2.  Tujuan dan Fungsi Strategi Pemasaran Ringkas dan Jelas
  3. Pengertian dan Karakeritstik Perusahaan Jasa
  4.  Pengertian, Jenis dan Karakteristik Perusahaan Dagang
  5.  Tujuan, Unsur dan Pengertian Sistem Pengendalian Intern

Comments are closed.