9 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Nggak Ganggu Kerjaan

Posted on
Ide Usaha sampingan untuk karyawan

Usaha sampingan karyawan – Apakah saat ini Anda merasa gaji Anda sebagai karyawan sangat kecil padahal jam kerja Anda sudah mengikuti peraturan dari Kementerian Ketenagakerjaan? Terlepas dari fasilitas lainnya seperti asuransi, acapkali gaji belum dapat menanggung kebutuhan. Jika Anda memiliki sumber daya yang cukup, Anda dapat membuka usaha sampingan yang dapat membantu menyeimbangkan biduk kapal.

Membuka usaha sampingan sesungguhnya adalah keputusan yang sangat menguntungkan Anda di masa depan. Menambah kesibukan pasca pensiun, misalnya. Maka usahakan untuk membentuk pekerjaan yang mampu bertahan dalam waktu lama.

Selain itu, pendapatan dari usaha sampingan dapat Anda alokasikan untuk memenuhi dana darurat. Pada kondisi seperti masalah kesehatan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Anda akan bergantung dengan dana tersebut. Sudah tidak sabar untuk mengetahui macam usaha sampingan bagi karyawan? Simak uraiannya dalam artikel berikut.

Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

Dalam memilih usaha sampingan bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut. Pertama, kemudahan waktu untuk mengatur. Apakah Anda masih dapat membagi waktu untuk melakoni pekerjaan sampingan tersebut? 

Kedua, keberlanjutan usaha, usahakan untuk memilih pekerjaan sampingan yang memiliki prospek baik di masa depan. Jika tidak bisa, maka setidaknya usaha tersebut mampu memberikan keuntungan bagi Anda dan keluarga.

Berikut daftar usaha sampingan karyawan yang menguntungkan.

1. Memulai usaha toko kelontong atau bahan sembako

Bukalah toko sembako atau kelontong kecil untuk membantu warga sekitar Anda memenuhi kebutuhannya. Selain menjadi dikenal masyarakat, toko yang lengkap akan sangat membantu orang di sekitar Anda. Sediakan modal yang cukup dan bangun relasi yang baik dengan pemasok barang.

2. Counter pulsa flexible

Anda dapat membuka counter pulsa di rumah atau melakukannya secara berjalan menggunakan layanan kios pulsa dari kartu provider Anda. Untuk menghasilkan lebih banyak dana, gandengkan counter pulsa Anda dengan loket pembayaran PLN, PDAM, internet Speedy, dan layanan masyarakat lainnya.

3. Usaha Laundry kiloan di lokasi kos kosan

Jika Anda memiliki modal lebih, bukalah usaha laundry kiloan. Usaha ini semakin mengutungkan jika Anda tinggal di kawasan karyawan atau kos-kosan mahasiswa. Kebutuhan cuci baju instan menjadi keharusan, dan inilah sebab kenapa laundry semakin menjamur.

4. Usaha warung makan prasmanan

Ada beragam tipe warung makan yang dapat Anda buka. Dimulai dari warung kopi hingga warung Tegal kecil. Keuntungan dari membuka warung makan adalah, selain Anda dikenal, Anda juga memperoleh keuntungan dana yang luar biasa. Hal ini juga akan sangat ditunjang oleh menu Anda yang cocok di lidah dan unik.

5. Usaha catering

Bagi Anda yang berpengalaman memasak dan berhasil memproduksi berbagai makanan lezat, Anda dapat membuka usaha catering. Yang lebih menguntungkan, dalam usaha ini Anda dapat melibatkan anak dan keluarga Anda sehingga cocok untuk meningkatkan kebersamaan dan melatih mereka bekerja sama.

Jasa catering ini dapat Anda fokuskan untuk mulai bekerja di akhir pekan. Selain karena tangan yang lebih banyak untuk membantu, akhir pekan juga merupakan saat diadakannya pesta.

6. Membuka usaha kue

Apakah Anda cukup jago memasak kue? Jika iya, manfaatkan waktu luang dan akhir pekan Anda untuk menerima pesanan kue atau memasok kue ke toko-toko terdekat. Anda dapat membuka pesanan melalui akun media sosial, website, atau nomor kontak Anda.

Anda pun dapat memilih kue yang akan dijual sesuai kemahiran Anda. Jika Anda merupakan tukang masak kue kering yang handal, Anda dapat memasukkan berkaleng-kaleng kue kering ke toko atau minimarket terdekat. Begitu pula jika Anda jago membuat kue basah. 

Buka pesanan di akhir pekan karena biasanya pada akhir pekan Anda lebih santai. Akhir pekan juga merupakan waktu terbanyak diadakannya pesta dan kegiatan kumpul santai lainnya.

Lihat juga : 7 Ide Usaha Makanan Ringan Menjanjikan

7. Usaha toko Automotif

Usaha automotif yang dimaksud bukanlah bengkel karena akan menyulitkan Anda berbagi waktu dengan permintaan pelanggan. Akan tetapi, Anda dapat membuka toko suku cadang daring atau luring, menjual motor, atau membuka usaha pencucian motor.

Usaha suku cadang menawarkan prospek yang tinggi, apalagi bagi Anda yang jago mencari barang berupa suku cadang yang terbaik. Suku cadang yang baik akan tinggi peminat, bukan? Lakukan penjualan ini melalui toko fisik atau toko online.

8. Memulai bisnis online

Anda dapat membuka toko online dan menjual berbagai barang yang sesuai dengan budget dan kemampuan Anda. Misalkan seperti toko obat herba, toko koleksi barang antik, toko alat tulis, bahkan jasa titip dan souvenir. Saat ini berbagai barang dagangan sangat laku. 

Agar dapat memenangkan pasar, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengenali arus tren bisnis online saat ini. Apa tren gaya hidup yang sedang meledak di pasaran? Misalkan gaya hidup hijrah. 

Gaya hidup hijrah meningkatkan permintaan terhadap baju muslimah dan berbagai gaya hijab yang sesuai dengan kepribadian sang pemakai. Tentu saja hal ini meningkatkan prospek penjualan pakaian muslimah dan memperbesar peluang menjual pakaian muslimah.

Untuk usaha ini, Anda dapat berbagi peran dengan pasangan atau keluarga di rumah, terutama dalam hal logistik dan admin media sosial. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kekacauan administratif.

Lihat : 5 Tips Jualan Baju Online Anti Mainstream

9. Jadi freelancer di media online

Ada beberapa ranah media online yang dapat Anda penuhi untuk melakoni usaha freelance menguntungkan untuk karyawan, pertama Anda dapat menjadi penulis online. Anda dapat menulis di berbagai platform blog dan website yang membayar Anda. Misalkan pada situs web koran nasional seperti Kompas, Republika, atau di media massa yang lebih lepas seperti Mojok.co, jalantikus.com, atau platform lainnya.

Kuasailah beberapa skill penunjang penulisan online seperti blogging, SEO, serta fotografi dan ilustrasi jurnalistik agar keterbacaan tulisan Anda semakin tinggi. Selain penulis online, Anda dapat meningkatkan peran sebagai editor online.

Selain bergerak di wilayah artikel, Anda dapat bergerak di ranah pembuatan situs web atau desain grafis. Agar dapat mendesain website dengan baik, Anda wajib memahami aturan aplikasi membuat web atau menggunakan platform pembuatan web yang simpel namun berkelas seperti wix.com.

Bagi Anda yang mahir dalam mendesain berbagai produk grafis, bukalah jasa desain grafis online. Dewasa ini, permintaan pada produk grafis yang unik, kreatif, dan informatif semakin tinggi karena tingginya prospek marketing menggunakan media sosial. Agar dapat memenangkan kursi pemasaran, tentu keunikan adalah nilai yang sangat mahal.

Prospek ranah media online saat ini sangat besar karena tingginya arus informasi. Kemudahan akses terhadap informasi semakin bertambah dari hari ke hari. Jangan lewatkan kesempatan ini!

Demikian daftar usaha sampingan karyawan yang menguntungkan. Walaupun Anda mengeluarkan usaha ekstra, akan tetapi usaha tidak akan menghianati hasil. Bisa jadi kedepannya, pemasukan keluarga Anda yang terbesar justru jadi usaha ini dan mampu membantu Anda selangkah lebih dekat menjadi pemimpin di sebuah usaha. Apakah Anda berminat?

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.