16 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Nggak Ganggu Kerjaan

Posted on
Ide Usaha sampingan untuk karyawan

Usaha sampingan karyawan – Apakah saat ini Anda merasa gaji Anda sebagai karyawan sangat kecil padahal jam kerja Anda sudah mengikuti peraturan dari Kementerian Ketenagakerjaan? Terlepas dari fasilitas lainnya seperti asuransi, acapkali gaji belum dapat menanggung kebutuhan. Jika Anda memiliki sumber daya yang cukup, Anda dapat membuka usaha sampingan yang dapat membantu menyeimbangkan biduk kapal.

Membuka usaha sampingan sesungguhnya adalah keputusan yang sangat menguntungkan Anda di masa depan. Menambah kesibukan pasca pensiun, misalnya. Maka usahakan untuk membentuk pekerjaan yang mampu bertahan dalam waktu lama.

Selain itu, pendapatan dari usaha sampingan dapat Anda alokasikan untuk memenuhi dana darurat. Pada kondisi seperti masalah kesehatan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Anda akan bergantung dengan dana tersebut. Sudah tidak sabar untuk mengetahui macam usaha sampingan bagi karyawan? Simak uraiannya dalam artikel berikut.

Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

Dalam memilih usaha sampingan bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut. Pertama, kemudahan waktu untuk mengatur. Apakah Anda masih dapat membagi waktu untuk melakoni pekerjaan sampingan tersebut? 

Kedua, keberlanjutan usaha, usahakan untuk memilih pekerjaan sampingan yang memiliki prospek baik di masa depan. Jika tidak bisa, maka setidaknya usaha tersebut mampu memberikan keuntungan bagi Anda dan keluarga.

Berikut daftar usaha sampingan karyawan yang menguntungkan.

1. Usaha Laundry kiloan di lokasi kos kosan

Jika Anda memiliki modal lebih, bukalah usaha laundry kiloan. Usaha ini semakin mengutungkan jika Anda tinggal di kawasan karyawan atau kos-kosan mahasiswa. Kebutuhan cuci baju instan menjadi keharusan, dan inilah sebab kenapa laundry semakin menjamur.

Modal membuka usaha laundry

Alat Harga
1 unit mesin cuci & pengering 2.500.000
Timbangan 150.000
Setrika pakaian 300.000
Parfum dan sabun 250.000

Keuntungan dari usaha laundry

Jasa laundry pada umumnya memasang tariff 6 – 7 ribu per kg. Jika dalam 1 hari Anda bisa mendapatkan 10 kg saja.

Artinya Anda bisa mendapatkan penghasilan per bulan 10 x 7000 x 30 = 2.100.000.

Berdasarkan pengalaman pribadi, untuk 1 kg pakaian = 7 – 8 potong pakaian (baju dan celana). Jika dalam 1 keluarga rata-rata ada 4 anggota, dan biasanya dalam 1 hari setiap orang ada 2 potong pakaian kotor, berati dalam 1 hari 1 keluarga ada 1 kg pakaian kotor.

Inilah keuntungannya toko laundry berada di pinggir jalan atau daerah ramai seperti kos-kosan. Tinggal di kalikan saja berapa rumah di sekitar toko kita.

Wah sangat menjanjikan banyak keuntungannya yaa.

Cara sukses usaha laundry

  1. Lokasi toko laundry di daerah ramai seperti kos-kosan, perkantoran, kampus, sekolah dan pinggir jalan.
  2. Promosi di media social, dan promosi berbayar.
  3. Membuat lokasi toko di Google maps.
  4. Menjamin hasil cucian kita lebih bersih dan wangi.
  5. Berikan pelayanan yang prima ke setiap konsumen.
  6. Kembalikan barang konsumen yang tertinggal di dalam pakaian.

2. Bisnis dropship hanya modal internet

Usaha sampingan karyawan menjanjikan berikutnya adalah bisnis dropship. Dalam bisnis dropship pelaku bisnis di untungkan karena tidak akan mengalami kerugian barang yang tidak laku. Karena pelaku bisnis dropship bertugas menyalurkan barang dari penjual ke pembeli setelah menaikan harganya.

Modal bisnis dropship

Modal dalam bisnis dropship hanya membutuhkan handphone harga 1,5 juta, lebih mudah menggunakan laptop dengan harga 3 juta an dan koneksi internet secukupnya, 100 – 150 ribu per bulan.

Cara memulai bisnis dropship

Untuk memulai bisnis dropship langkah pertama adalah, Anda bisa memulai dengan menggunakan marketplace misalnya Tokopedia.

  1. Cari produk dan suppliernya di Tokopedia,
  2. Kemudian anda bisa melakukan promosi dan menawarkan ke teman dan jaringan anda,
  3. Kemudian ketika Anda membeli produk tersebut di Tokopedia akan ada pilihan transaksi sebagai Dropshiper.
  4. Anda hanya tinggal mengisi data diri Anda supaya ketika barang di kirimkan ke pembeli, menggunakan alamat dan nama toko Anda.

Cara sukses bisnis dropship

Ada beberapa langkah untuk sukses dalam dunia bisnis dropship.

  1. Cari produk terlaris di marketplace. Cara mencarinya adalah menggunakan ftur filter > terlaris > muncul hasil produk.
  2. Promosikan menggunakan iklan, atau promosi berbayar.
  3. Promosi dengan copywriting yang menarik, supaya pembaca postingan atau informasi produk anda ingin membeli.
  4. Membangun jaringan reseller. Meskipun Anda berstatus reseller, tapi teknik reseller tetap bisa di terapkan supaya penjualan Anda semakin meningkat.

3. Usaha catering

Bagi Anda yang berpengalaman memasak dan berhasil memproduksi berbagai makanan lezat, Anda dapat membuka usaha catering. Yang lebih menguntungkan, dalam usaha ini Anda dapat melibatkan anak dan keluarga Anda sehingga cocok untuk meningkatkan kebersamaan dan melatih mereka bekerja sama.

Jasa catering ini dapat Anda fokuskan untuk mulai bekerja di akhir pekan. Selain karena tangan yang lebih banyak untuk membantu, akhir pekan juga merupakan saat diadakannya pesta.

Modal membuka usaha catering

Modal usaha catering sederhana sebenarnya sangat kecil modalnya, hanya 5 juta rupiah Anda sudah bisa memulai usaha catering.

Berikut contoh memulai usaha catering.

  • Order catering sebanyak 50 porsi dengan harga 25 ribu per porsi.
  • Estimasi omset (keuntungan kotor) 25.000 x 50 = 1.250.000
  • Estimasi modal membuat makanan 25 porsi adalah 625.000
  • Keuntungan nya bisa 2x lipat.

Keuntungan usaha catering

Jika keuntungan usaha catering setiap hari bisa menghasilkan sampai Rp625 ribu, berati dalam satu bulan Anda bisa mengantongi keuntungan hingga Rp18 juta lebih.

Cara sukses usaha catering

  1. Menjaga kualitas makanan dari segi kebersihan dan kelezatan,
  2. Memberikan potongan harga jika memesan lebih banyak
  3. Melakukan promosi di berbagai media baik online maupun offline.
  4. Harus ramah dalam melayani pelanggan.

Ayo tunggu apa lagi, mulai usaha catering Anda sekarang.

4. Usaha toko otomotif dan cuci motor

Usaha otomotif yang dimaksud bukanlah bengkel karena akan menyulitkan Anda berbagi waktu dengan permintaan pelanggan. Akan tetapi, Anda dapat membuka toko suku cadang daring atau luring, menjual motor, atau membuka usaha pencucian motor.

Usaha suku cadang menawarkan prospek yang tinggi, apalagi bagi Anda yang jago mencari barang berupa suku cadang yang terbaik. Suku cadang yang baik akan tinggi peminat, bukan? Lakukan penjualan ini melalui toko fisik atau toko online.

Usaha otomotif lain yang menguntungkan adalah bisnis cuci motor.

Terbukti setiap ada keluaran tipe motor baru, peminatnya di Indonesia tidak pernah sepi. Nah apalagi jika sudah masuk musim penghujan. Pasti usaha cucian motor akan semakin banyak mendapat konsumen.

Berapa modal yang di perlukan untuk usaha cuci motor ?

Untuk memulai bisnis cucian motor. Modal yang di perlukan sangatlah sedikit. Anda bisa memulai dengan modal 5 – 7 juta. Nah berikut rinciannya:

  1. Mesin kompresor sekitar 1,5 sampai 3 juta sudah bisa Anda dapatkan. Silahlan coba browsing harga paling murah di Marketplace
  2. Biaya sabun, lap dan pengering, harga sekitar 300 ribu.
  3. Sewa toko (jika anda ingin mencari lokasi strategis) sekitar 1 juta per bulan.

Berapa omset dan keuntungan bisnis cucian motor?

Di kota-kota besar, biaya jasa cucian motor adalah 10 – 15 ribu. Estimasi dalam 1 hari anda bisa mendapatkan 5 – 10 orang pelanggan.

Jadi dalam 1 bulan, anda bisa mendapatkan sekitar 10 pesananan cucian dalam 1 hari.

Anda akan mendapatkan paling tidak 10 pelanggan/hari = 10 x 15 ribu x 30 =4.500.000.

Wah besar sekali omsetnya. Ohya untuk mendapatkan 10 orang perhari saja sangat mudah bukan ?

5. Bisnis play station

Membuka usaha play station bisa jadi pilihan bagi Anda yang juga masih bekerja di perusahaan. Karena jenis usaha ini tidak memerlukan skill khusus dari owner nya. Anda hanya tinggal menyiapkan perlengkapan yang di butuhkan seperti TV dan Play Station nya saja.

Ditambah konsol PS terus mengalami pembaruan dari segi kualitas game yang di tawarkan. Semakin tahun game PS semakin canggih dan visual nya sangat enak di lihat karena ketajaman gambarnya dibandingkan layar handphone atau computer.

Berapa modal yang di butuhkan untuk usaha play station ?

Ada beberapa alat yang harus di penuhi untuk usaha play station diantaranya ?

Konsol PS 3, acecoris dan LCD

Untuk pengadaan ke tiga barang ini Anda tidak perlu risau karena sudah banyak produsen atau distributor game yang menjual dalam bentuk paket yaitu perangkat PS 3 + game, beserta LCD dan asesoris lainnya.

Perangkat Konsol PS 3, acecoris dan LCD biasanya di bandrol dengan harga 3 – 5 juta rupiah untuk setiap set/paket nya. Harga kemungkinan di sesuaikan dengan ukuran dan merek TV LCD yang sobat pilih.

Sarana rental play station

Sarana rental disini seperti meja, kipas angin, lemari asesoris dan kursi. Total perkiraan biaya yang harus dikeluarkan adalah 500 ribu untuk paket sarana rental.

Biaya operasional

Yang termasuk biaya operasional usaha play station adalah listrik, dan biaya-biaya tak terduga sebesar 500 ribu -1 jt setiap bulan.

Keuntungan usaha play station

Rata-rata harga sewa rental PS 3 adalah 5 ribu/jam. Jika sobat punya 5 perangkat dalam 1 jam bisa mendapat 25 ribu.

Jika dalam sehari terisi full 5 jam, Anda akan mendapat 125 ribu/hari.

Jadi dalam 1 bulan Anda bisa mendapat 3.750.000. jika dikurangi operasional 500 ribu/bulan. Total laba bersih yang anda terima adalah 3.250.000.

6. Jasa pembuatan website

Membuat website sebenarnya sangat mudah. Tidak perlu mempunyai skill programmer atau coding pun bisa membuat website. Meskipun mudah, keuntungan yang di dapatkan bisa berlipat-lipat.

Bagaimana caranya ? untuk cara lebih lengkapnya anda bisa mencari di google dengan kata kunci “cara membuat website wordpress” atau “cara membuat website dengan blogger).

Disini akan kami ulas dari segi prospek membuka bisnis jasa pembuatan website yang menguntungkan.

Modal membuat website

Dalam membuat website professional anda membutuhkan beberapa hal diantaranya :

  • Domain seharga 135.000 / tahun
  • Hosting seharga 200.000 / tahun jika anda menggunakan wordpress dan gratis bila anda menggunakan blogger.
  • Template website 200.000 selamanya, dan gratis bila anda hanya menggunakan template bawaan dari wordpress atau blogspot.

Jadi modal keseluruhan dalam membuat website adalah sebesar 135 rb + 200 rb + 200 rb = Rp 535.000

Namun jika anda menggunakan hosting dan template gratisan, modal pembuatan website hanya sebesar 135.000/ tahun.

Keuntungan membuat website

Dengan modal 135 rb anda bisa menjual website dengan harga 1 – 1,5 juta untuk website standar.

Jadi keuntungan membuat website yang bisa anda dapatkan adalah sebesar 1.500.000 – 135.000 = 1.365.000.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan website adalah 1 – 2 jam, bahkan bisa lebih sedikit jika Anda sudah terbiasa. Bagaimana, luar biasa bukan ?

7. Jualan baju bekas

Siapa sangka barang bekas seperti baju yang biasanya hanya ditumpuk di lemari tanpa diperhatikan oleh pemiliknya, bisa jadi sumber bisnis yang menguntungkan.

Seperti Randy (dilansir dari antaranews.com) awalnya hanya hobi mengumpulkan barang bekas untuk ia pakai sendiri, namun tak disangka aktifitasnya bisa menciptakan keuntungan tersendiri.

Tips sukses jualan baju bekas

Untuk sukses berjualan baju bekas, Randy membagikan tipsnya seperti menjual pakaian bekas yang bermerek, supaya publik sudah kenal karena barang nya berkualitas. Contohnya Uniqlo, Zara, H&M, Stussy dan merek terkenal lainnya.

Dari baju bekas tersebut biasanya akan di cuci terlebih dahulu kemudian di berikan parfum supaya terlihat bersih, bagus dan wangi. Pengemasan dan pajangan bajunya pun di buat menarik.

Keuntungan jualan baju bekas

Baju bekas bermerek biasa dipasarkan mulai dari harga diatas Rp50 ribu. Sedangkan untuk pakaian biasa yang tidak bermerek dijual dengan harga Rp35 ribu hingga Rp40 ribu.

Keuntungan dari berjualan baju bekas menurut Randy bisa mencapai Rp12 juta hingga Rp15 juta perbulan.

8. Usaha hidroponik rumahan

Usaha sampingan karyawan yang sangat berpeluang sukses adalah usaha hidroponik rumahan. Dibandingkan bertani di sawah dan ladang, hidroponol sangat mudah dilakukan karena, tidak perlu mencangkul, hemat lahan, tidak membersihkan rumput, dan mudah dalam pembibitannya.

Contoh keunggulan usaha hidroponik

Jika dalam system konvensional, tanaman cabe butuh waktu 2 bulan untuk panen, namun di system hidroponik, dalam waktu 1,5 bulan sudah bisa panen.

Modal usaha hidroponik

Boleh dibilang peralatan hidroponik terbilang mahal, tapi baiknya untuk pemula disarankan mulai dari skala rumah tangga baru ke skala industry.

Modal minimal untuk media tanam hidroponik (modul), 1 modulnya membutuhkan biaya sekitar Rp1,5 juta. Dimana 1 modul tersebut memiliki panjang 2 meter dan ada 12 paralon, sangat cukup untuk skala rumahan.

9. Usaha air minum isi ulang

Usaha air minum isi ulang boleh dibilang usaha yang pelan-pelan tapi pasti. Yang harus Anda perhatikan pertama adalah target pasarnya, Yang kedua adalah pemilihan lokasi usaha.

Peminat air minum isi ulang boleh di asumsikan kalangan menengah kebawah. Singkatnya lingkungan pedesaan dan lingkungan kampus dengan target pasar anak-anak kosan, pasti akan sangat potensial untuk usaha air minum isi ulang.

Modal usaha air minum isi ulang

  • 1 paket depot air minum lengkap = Rp18 juta
  • 70 galon = 70 x Rp20 ribu = Rp1,4 juta
  • Motor bekas untuk menganter gallon = Rp4 juta

Total modal awal = Rp 23,4 juta

Biaya operasional usaha air minum isi ulang

  • Listrik = Rp 60.000
  • Bensin karyawan = Rp 70.000
  • Air bahan baku = Rp 700.000
  • Tutup + tisu gallon = Rp 180.000
  • Gaji karyawan = Rp 1.300.000
  • Sewa tempat = Rp 250.000

Total biaya operasional perbulan adalah = 2.560.000

Keuntungan usaha air minum isi ulang

Jika dalam 1 hari saja, Anda bisa menjual 40 galon air. Itu artinya keuntungan yang akan anda dapatkan per bulannya adalah 40 x Rp4.000 x 30 = Rp4.800.000 – Rp 2.560.000 (biaya operasional) = Rp 2240.000.

10. Usaha papan bunga

Untuk memudahkan anda menjalani usaha sampingan sebagai karyawan, berikut analisa modal dan keuntungannya yang bisa di dapatkan.

Modal usaha papan bunga

Dengan perkiraan ada 10 order papan bunga setiap hari, jadi kita akan memesan 10 papan Bunga + bunga + jarum (@Rp1,5 juta) = Rp 15.000.000.

Biaya operasional

  • Biaya antar bunga, Rp 100.000 x 30 hari = Rp 3.000.000
  • Biaya merangkai bunga, 5 karangan x 30 (hari) x Rp 40.000 = Rp 6.000.000
  • Gaji 2 karyawan (2 x 1.500.000) = Rp 6.000.00
  • Listrik, air kantor, Rp 1.000.000

Jadi total biaya operasional usaha papan bunga adalah = Rp 16.000.000

Keuntungan usaha papan bunga

Estimasi setiap hari Anda mendapat 5 orderan karangan bunga. Jadi hasil keuntungan anda perbulan adalah 5 karangan bunga x 30 (hari) x Rp 250.000 = Rp. 37.500.000.

11. Memulai usaha toko kelontong atau bahan sembako

Bukalah toko sembako atau kelontong kecil untuk membantu warga sekitar Anda memenuhi kebutuhannya. Selain menjadi dikenal masyarakat, toko yang lengkap akan sangat membantu orang di sekitar Anda. Sediakan modal yang cukup dan bangun relasi yang baik dengan pemasok barang.

12. Counter pulsa flexible

Anda dapat membuka counter pulsa di rumah atau melakukannya secara berjalan menggunakan layanan kios pulsa dari kartu provider Anda. Untuk menghasilkan lebih banyak dana, gandengkan counter pulsa Anda dengan loket pembayaran PLN, PDAM, internet Speedy, dan layanan masyarakat lainnya.

13. Usaha warung makan prasmanan

Ada beragam tipe warung makan yang dapat Anda buka. Dimulai dari warung kopi hingga warung Tegal kecil. Keuntungan dari membuka warung makan adalah, selain Anda dikenal, Anda juga memperoleh keuntungan dana yang luar biasa. Hal ini juga akan sangat ditunjang oleh menu Anda yang cocok di lidah dan unik.

14. Membuka usaha kue

Apakah Anda cukup jago memasak kue? Jika iya, manfaatkan waktu luang dan akhir pekan Anda untuk menerima pesanan kue atau memasok kue ke toko-toko terdekat. Anda dapat membuka pesanan melalui akun media sosial, website, atau nomor kontak Anda.

Anda pun dapat memilih kue yang akan dijual sesuai kemahiran Anda. Jika Anda merupakan tukang masak kue kering yang handal, Anda dapat memasukkan berkaleng-kaleng kue kering ke toko atau minimarket terdekat. Begitu pula jika Anda jago membuat kue basah. 

Buka pesanan di akhir pekan karena biasanya pada akhir pekan Anda lebih santai. Akhir pekan juga merupakan waktu terbanyak diadakannya pesta dan kegiatan kumpul santai lainnya.

Lihat juga : 7 Ide Usaha Makanan Ringan Menjanjikan

15. Memulai bisnis online

Anda dapat membuka toko online dan menjual berbagai barang yang sesuai dengan budget dan kemampuan Anda. Misalkan seperti toko obat herba, toko koleksi barang antik, toko alat tulis, bahkan jasa titip dan souvenir. Saat ini berbagai barang dagangan sangat laku. 

Agar dapat memenangkan pasar, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengenali arus tren bisnis online saat ini. Apa tren gaya hidup yang sedang meledak di pasaran? Misalkan gaya hidup hijrah. 

Gaya hidup hijrah meningkatkan permintaan terhadap baju muslimah dan berbagai gaya hijab yang sesuai dengan kepribadian sang pemakai. Tentu saja hal ini meningkatkan prospek penjualan pakaian muslimah dan memperbesar peluang menjual pakaian muslimah.

Untuk usaha ini, Anda dapat berbagi peran dengan pasangan atau keluarga di rumah, terutama dalam hal logistik dan admin media sosial. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kekacauan administratif.

Lihat : 5 Tips Jualan Baju Online Anti Mainstream

16. Jadi freelancer di media online

Ada beberapa ranah media online yang dapat Anda penuhi untuk melakoni usaha freelance menguntungkan untuk karyawan, pertama Anda dapat menjadi penulis online. Anda dapat menulis di berbagai platform blog dan website yang membayar Anda. Misalkan pada situs web koran nasional seperti Kompas, Republika, atau di media massa yang lebih lepas seperti Mojok.co, jalantikus.com, atau platform lainnya.

Kuasailah beberapa skill penunjang penulisan online seperti blogging, SEO, serta fotografi dan ilustrasi jurnalistik agar keterbacaan tulisan Anda semakin tinggi. Selain penulis online, Anda dapat meningkatkan peran sebagai editor online.

Selain bergerak di wilayah artikel, Anda dapat bergerak di ranah pembuatan situs web atau desain grafis. Agar dapat mendesain website dengan baik, Anda wajib memahami aturan aplikasi membuat web atau menggunakan platform pembuatan web yang simpel namun berkelas seperti wix.com.

Bagi Anda yang mahir dalam mendesain berbagai produk grafis, bukalah jasa desain grafis online. Dewasa ini, permintaan pada produk grafis yang unik, kreatif, dan informatif semakin tinggi karena tingginya prospek marketing menggunakan media sosial. Agar dapat memenangkan kursi pemasaran, tentu keunikan adalah nilai yang sangat mahal.

Prospek ranah media online saat ini sangat besar karena tingginya arus informasi. Kemudahan akses terhadap informasi semakin bertambah dari hari ke hari. Jangan lewatkan kesempatan ini!

Demikian daftar usaha sampingan karyawan yang menguntungkan. Walaupun Anda mengeluarkan usaha ekstra, akan tetapi usaha tidak akan menghianati hasil. Bisa jadi kedepannya, pemasukan keluarga Anda yang terbesar justru jadi usaha ini dan mampu membantu Anda selangkah lebih dekat menjadi pemimpin di sebuah usaha. Apakah Anda berminat?

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.