5 Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan dan Skill yang Dibutuhkan

Posted on
Pekerjaan freelance yang menjanjikan

Jika diamati fenomena zaman sekarang ini orang justru lebih banyak memilih bekerja sebagai freelancer. Lebih banyak orang menikmati pekerjaan yang tidak mengharuskan mereka menghabiskan waktu di kantor setidaknya selama 8 jam setiap harinya.

Berangkat pagi pulang malam hingga kehilangan waktu untuk melakukan hal yang lainnya termasuk waktu untuk bersama dengan keluarga.

Bekerja secara freelance atau paruh waktu memang tidak menjanjikan nominal gaji tertentu yang akan diterima setiap bulannya. Bahkan mungkin secara jumlah gaji sebagai freelancer atau pekerja part time jarang bisa mendapatkan pendapatan yang setara dengan gaji jika bekerja full time.

Hanya saja dari segi waktu jika kita bekerja sebagai freelancer yang juga termasuk kategori bisnis online, akan mendapatkan waktu yang lebih banyak untuk melakukan kegiatan yang lainnya.

Meskipun tidak selamanya bekerja sebagai freelancer hanya akan merasakan enaknya saja, tetapi memang banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita memilih bekerja secara paruh waktu. Apa saja keuntungan yang akan kita rasakan jika menjadi seorang freelancer bisa disimak dalam penjelasan berikut ini.

5 Keuntungan Bekerja Freelance 

Waktu Kerja Lebih Fleksibel

Hal yang membuat orang lebih memilih bekerja sebagai freelancer adalah waktu kerja yang lebih lentur tidak terikat dan bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Bandingkan dengan kerja kantoran dimana setiap harinya minimal kita harus menghabiskan waktu setidaknya selama 8 jam belum lagi ditambah dengan lembur. Terlebih jika kita hidup di kota besar yang hampir setiap hari akan ada kemacetan pada jam-jam berangkat dan pulang kerja.

Lihat juga : 6 Jenis Investasi Modal Kecil Dengan Hasil Tinggi

Bisa Bekerja di Beberapa Perusahaan Sekaligus

Keuntungan lainnya dengan bekerja sebagai pegawai paruh waktu adalah kita tidak hanya bisa bekerja untuk satu perusahaan saja. Seorang freelancer bisa melakukan pekerjaan untuk beberapa perusahaan sekaligus selama dia sanggup dan bisa menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Dengan begitu akan semakin banyak relasi yang akan didapatkan sekaligus bisa mengasah kemampuan yang dimiliki.

Bisa Memiliki Penghasilan yang Lebih Besar

Memang untuk bisa mencapai level dimana kita menjadi seorang freelancer berpendapatan tinggi memerlukan waktu dan proses yang panjang.

Tetapi dengan selalu rajin mengasah kemampuan yang kita miliki seiring dengan berjalannya waktu akan semakin banyak pekerjaan yang bisa kita selesaikan. Dan itu akan menjadi semacam portfolio agar “harga” kita bisa semakin mahal.

Lihat juga : 6 Jenis Usaha Kecil Menengah Modal Kecil Untung Besar

Bisa Memilih Pekerjaan Sesuai Minat dan Keahlian

Hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan kesempatan bekerja sesuai dengan bidang yang diminati dan kemampuan yang dimilikinya ketika bergabung dalam sebuah perusahaan. Berbeda dengan freelancer yang bisa memilih jenis pekerjaan sesuai dengan apa yang diminati dan kemampuan atau skill yang dimilikinya. Orang yang bekerja sesuai dengan minat dan keahlian biasanya akan lebih nyaman dan produktif.

Mempunyai Waktu Lebih Banyak untuk Keluarga

Banyak orang yang kehilangan momen penting bersama keluarga seperti misalnya mengikuti perkembangan anak karena waktunya habis di kantor. Belum lagi sempitnya waktu untuk bersosialisasi dan bersilaturahmi dengan kerabat lainnya. Freelancer akan bisa memiliki kebebasan dalam mengatur waktu kapan bekerja dan kapan bersama dengan keluarga. 

Nah, kalau tertarik untuk bekerja sebagai freelancer inilah beberapa rekomendasi pekerjaan paruh waktu yang cukup populer dan menjanjikan. Yang perlu dipersiapkan hanyalah keahlian yang sesuai dan mental sebagai freelancer.

5 Jenis Pekerjaan Freelance yang Prospeknya Bagus

1. Penulis Lepas

Salah satu jenis pekerjaan freelance yang sedang banyak diminati dan sekaligus banyak dicari adalah sebagai penulis lepas. Kalau merasa cukup mumpuni dalam tata bahasa dan menyusun kalimat yang baik mengapa tidak mencoba pekerjaan freelance sebagai penulis. Menyalurkan hobi menyusun kalimat sekaligus bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Kebutuhan akan penulis lepas di zaman intenet ini memang cukup tinggi. Banyak perusahaan, organisasi dan juga perorangan yang membutuhkan penulis untuk mengisi konten dalam situs web maupun blog mereka. Konten tersebut biasanya digunakan sebagai bahan promosi dan pemasaran produk yang mereka jual.

Kalau tertarik untuk menjadi seorang penulis lepas sebaiknya mulai sekarang asah kemampuan menulis dan berbahasa yang baik dan benar. Pelajari bagaimana cara membuat konten yang bisa mengandung SEO tinggi sehingga akan menguntungkan klien dan membuat mereka re-order tulisan kita.

2. Pemandu Wisata atau Tour Guide

Saat kita sedang melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat apalagi secara rombongan biasanya akan ada satu atau dua orang yang akan menemani sebagai pemandu. Mereka inilah yang disebut dengan pemandu wisata atau dikenal juga sebagai tour guide. Mereka dipekerjakan secara freelance oleh perusahaan travel untuk menemani klien yang sedang berwisata ke suatu tempat.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh mereka yang bekerja sebagai pemandu wisata tentu saja pengetahuan tentang destinasi wisata termasuk sejarahnya. Selain itu seorang tour guide harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan tata bahasa yang bagus. Bisa menguasai bahasa asing akan menjadi nilai tambah pada dirinya. 

3. Guru Privat

Orang yang suka mengajar dan memiliki keahlian di bidang pelajaran atau pengetahuan tertentu bisa mencoba untuk menjadi guru privat. Jika kebetulan memiliki ijasah jurusan kependidikan tapi kurang sreg untuk mengajar di sekolah menjadi guru les privat di rumah bisa menjadi pilihan pekerjaan yang bagus.

Keuntungannya adalah kita bisa bertemu dengan anak-anak atau murid yang berbeda setiap saat yang akan menambah pengalaman.

Sebenarnya guru privat tidak terbatas pada pelajaran sekolah saja tapi juga bidang keterampilan lainnya seperti menari, menyanyi, menggambar dan sebagainya. Selama kita memiliki keahlian sesuai dengan bidang yang diajarkan maka sah-sah saja jika memilih profesi sebagai guru privat. Sebagai contoh jika kita pandai memainkan piano bisa membuka les privat piano bagi anak-anak.

4. Kontributor atau Reporter

Suka tantangan dan mengikuti peristiwa penting yang terjadi salurkan minat tersebut untuk menjadi seorang kontributor atau reporter. Atau memiliki latar belakang pendidikan jurnalistik maka pilihan sebagai pekerja freelance di media adalah hal yang tepat.

Bekerja sebagai jurnalis tidak selalu harus bergabung dengan media tertentu dan menjadi pegawai disana melainkan bisa juga sebagai freelancer.

Di zaman internet ini ada istilah citizen jurnalism dimana orang awam yang kebetulan memiliki rekaman sebuah peristiwa bisa mengirimkannya ke media seperti televisi. Kemudian pihak media tersebut akan menayangkannya dan pengirim akan mendapatkan komisi atas kirimannya tersebut. Kesempatan seperti ini juga bisa dimanfaatkan dengan baik kalau memang minatnya ada dalam bidang tersebut. 

Yang harus diasah hanyalah kepekaan untuk bisa memilih peristiwa mana yang layak untuk diabadikan dan dikirimkan kepada pihak media. Di samping itu asah juga kemampuan tentang bagaimana mengambil sudut terbaik saat memotret ataupun merekam sesuatu agar bisa memiliki nilai seni yang tinggi. Dengan begitu akan lebih banyak hasil rekaman dan jebretan kamera kita yang akan diterima oleh media.

5. Editor

Pekerjaan lepas lainnya yang juga cukup populer dan menjanjikan adalah editor atau proofreading. Setiap konten baik berupa tulisan atau artikel tentunya membutuhkan editor sebelum diposting atau ditayangkan. Kemampuan yang dibutuhkan seorang editor tentunya adalah ketelitian serta pengetahuan yang baik tentang bahasa dan EYD.

Baca juga :

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.