29 Jenis Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Posted on

Ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia, dan beberapa pekerjaan memang hanya fokus menghasilkan barang atau menghasilkan jasa.

Perbedaan dari kedua pekerjaan di atas adalah pekerjaan yang menghasilkan barang akan melewati proses pengolahan bahan baku hingga menjadi barang jadi, sedangkan pekerjaan yang menghasilkan jasa tidak melaluinya.

Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang

Makanan dan minuman merupakan jenis barang yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Jenis barang untuk kebutuhan manusia merupakan barang subtitusi dan barang komplementer. Pihak yang menghasilkan makanan dan minuman bisa berasal dari individu atau kelompok (perusahaan).

Contoh pekerjaan yang menghasilkan makanan dan minuman adalah :

1. Petani

Petani menanam padi di sawah untuk menghasilkan beras yang bisa dimasak menjadi nasi. Nasi sebagai kebutuhan pokok manusia yang tidak akan pernah habis. Jadi pekerjaan petani akan selalu ada sepanjang waktu.

2. UMKM

Usaha mikro kecil dan menengah telah banyak menghasilkan barang, salah satunya produk makanan dan minuman. Pertumbuhan UMKM di Indonesia sendiri sangat signifikan, dilansir dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2018 ada 64,2 juta UMKM. UMKM memang banyak dilirik karena termasuk usaha dengan modal kecil.

Contoh produk makanan dan minuman dari UKM yang terkenal adalah :

  • Kopi bubuk kemasan
  • Susu sapi kemasan
  • Susu kedelai kemasan
  • Aneka kripik rasa
  • Aneka krupuk rasa
  • Kue kering
  • Roti basah
  • dan masih banyak lagi

UKM memang Buat Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil, bisa memulai dengan membuat UMKM bersama teman

3. Perusahaan makanan dan minuman

Perusahaan juga ikut andil dalam menghasilkan produk makanan dan minuman. Perusahaan yang memproduksi makanan diantaranya adalah :

  • PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk
  • PT Sido Muncul, Tbk
  • PT ABC President Indonesia
  • dan lain-lain

4. Peternak

Peternak merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan produk ternak seperti daging, susu dan telur. Jenis-jenis peternak diantaranya peternak ayam, peternak sapi, peternak kambing, peternak bebek, peternak kelinci dan peternak burung.

5. Pembudidaya

Budidaya adalah proses untuk mengembangbiakan suatu tanaman dan hewan. Contoh pekerjaan budidaya adalah budidaya udang, budidaya ikan budidaya ulat, budidaya kerang, budidaya rumput laut dsb.

6. Nelayan

Nelayan merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan aneka jenis fauna laut. Nelayan menangkap ikan, cumi-cumi, kepiting di laut dan membawanya kedaratan untuk dikonsumsi masyarakat secara langsung atau dibuat produk olahan.

Simak ulasan tentang barang inferior.

7. Kerajinan Tekstil

Tekstil, bahan kulit dan pakaian merupakan barang ekonomi yang melekat dengan manusia sehari-hari. Bahan kulit hewan digunakan untuk membuat dompet, kulit, sabuk dan lainnya. Sama halnya seperti makanan, produk tekstil dan pakaian ini akan selamanya dibutuhkan oleh manusia.

Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang di bidang tekstil adalah :

8. Penjahit

Penjahit adalah contoh pekerjaan yang bisa membuat pakaian dan produk tekstil lainnya. Produk yang dihasilkan penjahit diantaranya adalah busana, kain sarung, sepatu, tas, topi, aksesoris ruangan, kain batik dan lain-lain.

9. Perusahaan tekstil

  • PT Bumi Garmentex Jaya (Jakarta)
  • PT Adetex (Bandung)
  • PT Eratex Djaja (Surabaya)
  • PT Alena Textile Industries (Bandung)
Jenis Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang dari Kayu

Kayu merupakan bahan baku utama berbagai jenis produk barang seperti kertas, mebel, bahan bangunan dan lainnya. jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dari olahan kayu adalah :

10 Tukang kayu / mebel

Tukang kayu biasanya mengolah kayu menjadi berbagai jenis produk seperti meja, kursi, pintu dan jendela.

11. Perusahaan Kertas

Perusahaan kertas mengolah kulit kayu untuk menjadi kertas. Beberapa contoh perusahaan kertas adalah PT. Evergreen International Paper, PT. ECO PAPER INDONESIA, PT. Alkindo Naratama, PT. SLIONTEC EKADHARMA INDONESIA dan PABRIK KERTAS PT. PAPYRUS SAKTI.

Pekerjaan Yang Manghasilkan Jasa

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah jenis pekerjaan yang aktifitasnya memberikan atau menjual pelayanan. Pekerjaan jasa tidak berkaitan dengan bahan baku atau persediaan seperti pada pekerjaan yang menghasilkan barang.

Pekerjaan mereka adalah menjual kemampuan dalam berbagai bidang. Contoh bisnis di bidang jasa adalah jasa periklanan, perusahaan kebersihan, konsultan, tenaga pemasaran, jasa pendidikan, jasa teknologi, bidang jasa bantuan hukum, bisnis jasa komunikasi, bisnis pernikahan dan sebagainya.

1. Jasa Periklanan

Jasa periklanan adalah pekerjaan untuk merancang dan mengatur strategi promosi produk seorang klien. Mereka berusaha mengomunikasikan produk kepada target konsumen supaya kenal dan mau mengkonsumsi produk yang dipromosikan.

Bagi pemilik produk, jasa periklanan sangat membantu dalam mempromosikan produknya supaya penjualan meningkat.

Profesi di Bidang Jasa Periklanan

Dalam jasa periklanan ada berbagai profesi yang dibutuhkan yaitu :

  1. Account management bertugas Bertugas untu mencari klien yang memiliki produk dan membutuhkan jasa periklanan.
  2. Bidang kreatif bertugas untuk membuat rancangan kreatif untuk konten yang dipromosikan. Contoh profesi di bidang ini adalah designer dan copy writer.
  3. Bidang produksi adalah bidang yang bertugas untuk mengeksekusi iklan, seperti merekam video, memfoto produk, membuat film untuk iklan berdasarkan arahan dari bidang kreatif.
  4. Bidang media bertugas memilih penempatan iklan yang cocok dengan target pasar produk dan menghitung semua perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Contoh Perusahaan Jasa Periklanan

Contoh perusahaan jasa periklanan adalah :

  • NextDigital
  • Milestone
  • Prismagraphia
  • ChubbyRawit
  • Meson Digital

Baca tentang jenis pekerjaan freelance yang lagi ngetrend bisa dapat uang dari rumah.

2. Jasa Kebersihan

Jasa kebersihan (cleaning service) merupakan pekerjaan jasa yang memberikan layanan pembersihan. Jasa kebersihan dibutuhkan oleh kantor, gedung besar, rumah besar, yang membutuhkan tenaga khusus untuk membersihkannya.

Layanan Jasa Kebersihan

Contoh layanan jasa kebersihan adalah jasa membersihkan kaca gedung, membersihkan lantai, membersihkan baju, membersihkan perabot rumah dan membersihkan taman.

Contoh Perusahaan Bisnis Jasa Kebersihan

  • Klinklin
  • PT. Pro Clean Gemilang Sejahter
  • PT Tukang Bersih Indonesia
  • Freshklindo

Baca tentang jenis tenaga kerja berdasarkan sifat dan kemampuannya.

3. Jasa Konsultan

Konsultan adalah istilah bagi seseorang profesional di bidang tertentu, yang memberikan layanan jasa penasehat.

Konsultan merupakan tenaga ahli yang sudah berpengalaman atau memiliki sertifikasi khusus untuk mengatasi suatu masalah di bidang yang ia tekuni.

Orang-orang banyak datang ke para konsultan untuk mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Misalnya perusahaan diwajibkan untuk membayar pajak ke pemerintah, maka perusahaan membutuhkan konsultan di bidang pajak untuk membantu dalam hal pelaporan pajak.

Contoh Konsultan

  1. Konsultan Pajak adalah orang yang memberikan layanan konsultasi di bidang pajak. Konsultan pajak bertugas untuk membantu klien dalam perencanaan pajak, menghitung, membayar dan melaporkan pajak kliennya.
  2. Konsultan Hukum adalah orang yang memberikan nasehat dan melaksanakan tugas non litigasi.
  3. Konsultan Periklanan adalah orang yang bisa memberikan solusi tentang periklanan yang baik.
  4. Konsultan Bisnis adalah orang yang bisa membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya.
  5. Konsultan Keuangan orang yang bertugas untuk memberikan informasi tentang keuangan kepada klien dan memberikan saran dan perencanaan keuangan yang baik untuk kliennya.
  6. Konsultan Kesehatan adalah tenaga ahli kesehatan yang bisa membantu memberikan perencanaan kesehatan dan merekomendasikan penanganan kesehatan yang benar.

Baca juga prospek kerja jurusan akuntansi.

4. Jasa Pendidikan

Layanan pendidikan merupakan layanan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan.

Layanan pendidikan membantu para stakeholder untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan yang berkualitas.

Stakeholder pendidikan meliputi stakeholder internal yaitu, yayasan pendidikan, unit kegiatan siswa, siswa, guru dan staf dan stakeholder eksternal yaitu masyarakat umum, orang tua dan pemerintah.

Jenis Layanan Pendidikan

Contoh layanan jasa pendidikan adalah :

  1. Pelayanan pengajaran yang meliputi orang yang bertanggung jawab dalam proses pengajaran seperti guru, tutor dan lain-lain.
  2. Pelayanan administrasi yang bertugas mengatur dan mengawasi personil pendidikan.
  3. Pelayanan fasilitas sekolah yang bertugas untuk mengatur fasilitas pendidikan seperti perpustakaan, gedung, laboraturium, alat-alat peraga.
  4. Pelayanan siswa bertanggung jawab untuk menangani kesehatan siswa, mengadakan penelitian dan bimbbingan kepada peserta didik.

5. Jasa Teknologi

Jasa teknologi adalah layanan yang menangani perencanaan teknologi, dukungan, pengembangan dan perawatan perangkat teknologi.

Singkatnya, jasa teknologi akan membantu memberikan solusi pada permasalahan di bidang teknologi.

Contoh Layanan Jasa Teknologi

  1. Konsultan IT bisa memberikan solusi untuk penggunaan teknologi yang tepat pada perusahaan.
  2. Perancang software memberikan layanan pembuatan perangkat lunak untuk membantu pekerjaan klien dengan menggunakan perangkat smartphone dan komputer.
  3. Perancangan website memberikan layanan pembuatan dan pemeliharaan website.

6. Pelayanan Online

Saat ini semua sudah memiliki internet, sehingga pelayanan online semakin banyak diminati.

Pelayanan online adalah layanan yang diberikan melalui jaringan internet. Ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui layanan online, seperti pemesanan tiket online, belanja online, transaksi online dan masih banyak lagi.

Manfaat Layanan Online

  • Bisa menjangkau orang seluruh orang di dunia, dimanapun dan kapanpun. Pengguna online sangat tidak terbatas.
  • Transaksi berjalan dengan cepat.
  • Lebih hemat waktu dan biaya, karena tidak ada aktivitas perjalanan dan sebagainya.
  • Meminimalisisr kesalahan yang sering dilakukan jika dengan tanpa online seperti kehilangan berkas dan sebagainya.

7. Jasa Transportasi

Jasa transportasi merupakan layanan untuk memindahkan objek baik orang maupun barang dari suatu tempat ke tempat lain.

Jasa transportasi memudahkan pengguna untuk berpindah tempat dengan cepat dan biaya murah.

Misalnya jasa transportasi udara yaitu pesawat. Orang-orang dapat dengan cepat pergi ke luar kota dengan menggunakan pesawat terbang.

Contoh Penyedia Jasa Transportasi

  • Garuda Indonesia (pesawat)
  • PT KAI (kereta api)
  • Gojek (transportasi darat)
  • Grab (transportasi darat)
  • Maxim (transportasi darat)
  • Paxel (jasa ekspedisi)
  • Blue Bird (transportasi darat)

8. Arsitek

Produk rancangan merupakan barang yang dihasilkan oleh para ahli. Contoh pekerjaan yang menghasilkan produk rancangan diantaranya adalah :

  1. Arsitek membuat rancangan bangunan,
  2. Desainer grafis membuat rancangan logo, dan desain yang berhubungan dengan gambar,
  3. Desainer busana membuat rancangan busana seperti model baju, model sepatu, model topi dab model celana.

9. Polisi

Polisi termasuk jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa, dikarenakan tugas polisi adalah melindungi masyarakat melalui tenaga dan fikirannya.

10. Dokter

Dokter bertugas untuk memberikan layanan dan edukasi kesehatan. Dokter tidak menghasilkan produk obat, hanya memberikan rekomendasi obat kepada pasien, sehingga dokter termasuk pekerjaan yang menghasilkan jasa.

11. Guru

Pernah dengar istilah Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa? ya, dari istilah tersebut, bisa disimpulkan bahwa guru memberikan pengetahuan dan dedikasinya untuk mengjar peserta didik.

12. Montir

Pekerja bengkel atatu montir bertugas untuk memperbaiki kendaraan motor/mobil. Mobil tidak menghasilkan produk seperti ban, lammpu, mesin dan produk kendaraan lainnya.

13. Kurir

Kurir atau ekspedisi/layanan antar barang hanya bertugas mengantarkan barang dari pengirim ke lokasi tujuan.

14. Buruh Tani

Buruh tani dan perkebunan adalah profesi yang menggunakan tenaga untuk memanen padi dan hasil kebun lainnya. Tidak ada produk/barang yang dihasilkan dari pekerjaan mereka.

15. Petugas Listrik

Petugas listrik yang pekerjaannya menyambungkan listrik maupun memperbaiki kerusakan listrik di rumah, bekerja menggunakan keahlian dan pengalamannya. Sedangkan yang menghasilkan produk listrik adalah perusahaan pembangkit listrik.

16. Reparasi Elektronik

Pernahkah kamu memperbaiki barang elektronik di rumah, seperti tv, hp dan laptop? Tukang reparasi elektronik tersebut akan memperbaiki barang-barang elektronik dengan mengganti sparepart atau bagian tertentu yang rusak.

Sedangkan sparepart itu sendiri dibeli dari pabrik sparepart khusus.

17. Pengacara

Pengacara adalah profesi yang memberikan bantuan hukum kepada masyarakat. Pengacara menggunakan Undang-Undang maupun aturan lainnya, untuk menangani kasus hukum.

Jadi klien dari pengacara tidak mendapatkan barang, melainkan layanan hukum.

18. Developer Digital

Developer digital adalah orang yang membuat platform maupun produk yang berbentuk digital. Sehingga profesi developer termasuk pekerjaan yang menghasilkan jasa. Karena meski bisa mengeluarkan produk, namun tidak berbentuk barang (fisik).

Demikian pembahasan tentang pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa. Semoga menambah wawasan bagi pembaca. Terimakasih atas perhatiannya, jangan lupa bagiikan jika informasi ini bermanfaat.

Gravatar Image
Semoga materi yang saya bagikan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar akuntansi online.

Leave a Reply