Jenis Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang

Posted on

Ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia, dan beberapa pekerjaan memang hanya fokus menghasilkan barang atau menghasilkan jasa.

Perbedaan dari kedua pekerjaan di atas adalah pekerjaan yang menghasilkan barang akan melewati proses pengolahan bahan baku hingga menjadi barang jadi, sedangkan pekerjaan yang menghasilkan jasa tidak melaluinya.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman merupakan jenis barang yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Jenis barang untuk kebutuhan manusia merupakan barang subtitusi dan barang komplementer. Pihak yang menghasilkan makanan dan minuman bisa berasal dari individu atau kelompok (perusahaan).

Contoh pekerjaan yang menghasilkan makanan dan minuman adalah :

  1. Petani

Petani menanam padi di sawah untuk menghasilkan beras yang bisa dimasak menjadi nasi. Nasi sebagai kebutuhan pokok manusia yang tidak akan pernah habis. Jadi pekerjaan petani akan selalu ada sepanjang waktu.

  1. UMKM

Usaha mikro kecil dan menengah telah banyak menghasilkan barang, salah satunya produk makanan dan minuman. Pertumbuhan UMKM di Indonesia sendiri sangat signifikan, dilansir dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2018 ada 64,2 juta UMKM. UMKM memang banyak dilirik karena termasuk usaha dengan modal kecil.

Contoh produk makanan dan minuman dari UKM yang terkenal adalah :

  • Kopi bubuk kemasan
  • Susu sapi kemasan
  • Susu kedelai kemasan
  • Aneka kripik rasa
  • Aneka krupuk rasa
  • Kue kering
  • Roti basah
  • dan masih banyak lagi

UKM memang Buat Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil, bisa memulai dengan membuat UMKM bersama teman

  1. Perusahaan makanan dan minuman

Perusahaan juga ikut andil dalam menghasilkan produk makanan dan minuman. Perusahaan yang memproduksi makanan diantaranya adalah :

  • PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk
  • PT Sido Muncul, Tbk
  • PT ABC President Indonesia
  • dan lain-lain
  1. Peternak

Peternak merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan produk ternak seperti daging, susu dan telur. Jenis-jenis peternak diantaranya peternak ayam, peternak sapi, peternak kambing, peternak bebek, peternak kelinci dan peternak burung.

  1. Pembudidaya

Budidaya adalah proses untuk mengembangbiakan suatu tanaman dan hewan. Contoh pekerjaan budidaya adalah budidaya udang, budidaya ikan budidaya ulat, budidaya kerang, budidaya rumput laut dsb.

  1. Nelayan

Nelayan merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan aneka jenis fauna laut. Nelayan menangkap ikan, cumi-cumi, kepiting di laut dan membawanya kedaratan untuk dikonsumsi masyarakat secara langsung atau dibuat produk olahan.

Simak ulasan tentang barang inferior.

Kerajinan Tekstil

Tekstil, bahan kulit dan pakaian merupakan barang ekonomi yang melekat dengan manusia sehari-hari. Bahan kulit hewan digunakan untuk membuat dompet, kulit, sabuk dan lainnya. Sama halnya seperti makanan, produk tekstil dan pakaian ini akan selamanya dibutuhkan oleh manusia.

Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang di bidang tekstil adalah :

  1. Penjahit

Penjahit adalah contoh pekerjaan yang bisa membuat pakaian dan produk tekstil lainnya. Produk yang dihasilkan penjahit diantaranya adalah busana, kain sarung, sepatu, tas, topi, aksesoris ruangan, kain batik dan lain-lain.

  1. Perusahaan tekstil
  • PT Bumi Garmentex Jaya (Jakarta)
  • PT Adetex (Bandung)
  • PT Eratex Djaja (Surabaya)
  • PT Alena Textile Industries (Bandung)

Produk Kayu

Jenis Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang dari Kayu

Kayu merupakan bahan baku utama berbagai jenis produk barang seperti kertas, mebel, bahan bangunan dan lainnya. jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dari olahan kayu adalah :

  1. Tukang kayu / mebel

Tukang kayu biasanya mengolah kayu menjadi berbagai jenis produk seperti meja, kursi, pintu dan jendela.

  1. Perusahaan Kertas

Perusahaan kertas mengolah kulit kayu untuk menjadi kertas. Beberapa contoh perusahaan kertas adalah PT. Evergreen International Paper, PT. ECO PAPER INDONESIA, PT. Alkindo Naratama, PT. SLIONTEC EKADHARMA INDONESIA dan PABRIK KERTAS PT. PAPYRUS SAKTI.

Produk Rancangan

Produk rancangan merupakan barang yang dihasilkan oleh para ahli. Contoh pekerjaan yang menghasilkan produk rancangan diantaranya adalah :

  1. Arsitek membuat rancangan bangunan,
  2. Desainer grafis membuat rancangan logo, dan desain yang berhubungan dengan gambar,
  3. Desainer busana membuat rancangan busana seperti model baju, model sepatu, model topi dab model celana.

Leave a Reply