25 Contoh Barang Subtitusi dan Komplementer Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Posted on

Barang subtitusi dan barang komplementer adalah jenis barang yang bisa digunakan dalam satu tempat atau dikonsumsi secara bersamaan.

Barang subtitusi (pengganti) merupakan barang yang bisa menggantikan fungsi barang lain, sedangkan barang komplementer (pelengkap) merupakan barang yang menambah nilai barang satu sama lain.

Baik barang subtitusi dan barang komplementer, keduanya digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia. Permintaan kedua jenis barang ini juga mempengaruhi

Pengertian Barang Subtitusi

Barang subtitusi adalah barang pemuas kebutuhan manusia yang saling menggantikan fungsinya dengan sempurna, artinya apabila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang lainnya.

Dengan kata lain, barang subtitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang dalam pemakaiannya dapat saling menggantikan satu sama lain.

Baca juga barang inferior, pengertian dan contohnya.

Contoh Barang Subtitusi (Pengganti)

Contoh barang subtitusi adalah :

1. Beras dan jagung atau singkong

Contoh barang subitusi yang pertama adalah beras. Saat sedang lapar pasti kita membutuhkan makanan, nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia didampingi dengan lauk pauk.

Tetapi dalam kondisi mendesak, kita dapat menggantinya dengan jagung ataupun singkong. Karena kedua makanan ini memiliki fungsi yang sama dengan beras yakni sebagai sumber energi untuk dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Kursi dan tikar

Apabila kursi kita dirumah misalkan rusak ataupun hilang, kita bisa menggantinya dengan menggunakan tikar. Karena tikar memiliki fungsi yang sama dengan kursi sebagai tempat untuk duduk. Alternatif tikar ini yang disebut dengan barang subtitusi.

Simak contoh barang ekonomi, barang bebas, dan barang illith.

3. Bus dan mikrolet

Saat sedang ingin berangkat sekolah atau kerja, kalian ingin menggunakan bus. Namun pada saat itu bus di jalan sedang mengadakan demo sehingga tidak ada yang jalan sama sekali.

Karena keadaan yang sangat mendesak itupun, kalian bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan mikrolet/angkot.

4. Mentega dan margarin

Mentega dan margarin termasuk contoh barang substitusi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Kedua bahan ini sama-sama digunakan untuk memasak makanan.

5. Sedan dan mobil sport

Mobil sport menjadi impian banyak orang, dikarenakan model yang mewah dan fitur canggih. Meski begitu, jika hanya untuk kendaraan transportasi, mobil sedan dan mobil sport memiliki fungsi yang sama.

6. Lensa dan kacamata

Kamu mungkin pernah melihat teman yang dahulu selalu menggunakan kacamata, namun terakhir bertemu mereka terlihat tidak lagi menggunakannya. Alasannya, kemungkinan mereka sudah menggantinya dengan lensa kontak.

Lensa kontak memang lebih sederhana dan hanya sekali pakai, jadi lebih mudah dibandingkan kacamata.

7. Gelas dan cangkir

Pernakah saat kalian dirumah ingin minum tetapi gelas dirumah kalian pada kotor? Jika pernah, otomatis kalian akan minum dengan menggunakan cangkir. Karena kedua benda tersebut memiliki fungsi yang sama.

8. Pertalite dan pertamax

Jika kalian pergi dengan menggunakan mobil atau motor kalian pasti tahu kedua benda ini, yaitu bahan bakar minyak. Ketersediaan pertilite mungkin sering kali sangat jarang ditemui di SPBU.

Apabila hal itu terjadi, kalian bisa menggantinya dengan menggunakan Pertamax. Walaupun harga pertamax cukup mahal tetapi pertamax ini memiliki fungsi yang sama dengan pertalite.

Hubungan inilah yang disebut dengan barang pengganti (Subtitusi).

9. HP dan ponsel tablet

Kedua tipe smartphone ini bersaing di pasar teknologi dengan ketat. Hp berukuran kecil sehingga cocok untuk diletakkan kantong dan lebih fleksibel. Namun ponsel tablet yang memiliki ukkuran lebar memberikan kenyamanan untuk hiburan seperti nonton dan main game.

Namun baik hp dan ponsel tablet sama-sama berfungsi untuk alat komunikasi sehari-hari.

10. Buku dan ebook

Dengan adanya kemajuan teknologi, bagi kamu yang suka baca buku, bisa melalui versi digital atau ebook (electronic book). 

Ebook biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Pasalnya ebook tidak membutuhkan kertas maupun tinta cetak. Meski begitu, Ebook tetap bisa menjadi alternatif buku yang efektif.

11. Ikan tuna dan salmon

Ikan Tuna dikenal memiliki gizi yang baik, untuk jantung, tulang dan kesehatan lainnya. Meski begitu, jika kamu tidak menemukan Ikan Tuna, kamu tetap bisa konsumsi Salmon karena memiliki manfaat dan gizi yang sama-sama baik.

12. TV kabel, antena dan parabola

TV kabel bukannya tidak menggunakan pemancar seperti antena dan parabola, namun menggunakan jaringan yang disambungkan ke pemancar utama.

Namun dari ketiga jenis jaringan televisi di atas tetap bisa digunakan dengan baik hingga saat ini.

Meski di suatu daerah yang tidak terjangkau TV kabel, bisa menggunakan antena dan parabola.

13. Emas putih dan emas kuning

Emas putih dan kuning adalah logam yang sering ditemukan sebagai perhiasan. Setiap orang punya kesukaan masing-masing dan kemampuan untuk mendapatkannya.

Sehingga baik emas putih dan emas kuning tetap populer di masyarakat.

14. Laptop dan komputer PC

Laptop dan komputer PC adalah perangkat yang bisa saling menggantikan. Pemanfaatannya sesuai dengan keinginan masing-masing. Misalnya seorang yang suka bekerja freelance, lebih suka menggunakan laptop dibandingkan komputer PC.

15. Uang tunai dan digital

Contoh barang subtitusi dalam ekonomi adalah uang tunai dan uang digital. Ya, kamu saat ini memang tidak perlu menggunakan uang kas lagi untuk transaksi, membeli barang, membayar jasa dan fungsi alat tukar lainnya.

Kamu bisa menggunakan layanan seperti e wallet, mobile banking dan sejenisnya untuk memindahkan uang digital.

Baca : 8 Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Barang

Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer

Pengertian Barang Komplementer

Barang Komplementer adalah barang pemuas kebutuhan manusia yang saling melengkapi fungsinya dengan baik, artinya jika suatu barang digunakan secara sendirian, maka barang tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan secara maksimal atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Dengan kata lain, barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang dalam penggunaannya dapat saling melengkapi. Barang ini baru dapat dimanfaatkan apabila dipakai bersama dengan barang pemuas kebutuhan lainnya.

Biasanya barang komplementer ini disajikan atau dijual secara bersamaan. Jadi ketika ada permintaan satu barang, barang lain juga berpeluang besar untuk dipesan.

Baca juga perbedaan barang dan jasa menurut para ahli ekonomi.

Contoh Barang Komplementer (Pelengkap)

Contoh barang komplementer adalah :

1. Gula dan kopi

Pernakah kalian membuat secangkir kopi? Mungkin apabila kalian pernah membuatnya, kalian akan membutuhkan sesendok gula putih.

Karena apabila kopi dibuat tanpa gula akan terasa pahit. Begitu sebaliknya apabila hanya gula saja, maka kalian hanya akan membuat air gula yang rasanya manis sekali.

Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer 2

2. Monitor, CPU, keyboard dan mouse

Jika salah satu komponen tersebut tidak ada, maka komputer memiliki fungsi yang terganggu, bahkan tidak akan bisa digunakan sama sekali.

3. Toko buku dan kedai kopi

Toko buku dan kedai kopi sudah seperti sepasang suasana yang sangat cocok. Membaca buku ditemani secangkir kopi jadi kesukaan banyak orang.

4. Hp dan aksesoris

Saat kamu membeli Hp terbaru, kebanyakan akan membeli casing atau tempered glass, supaya melindungi Hp. Sehingga HP dan aksesoris merupakan contoh barang komplementer yang banyak ditemukan sehari-hari.

5. Kendaraan listrik dan baterai

Saat ini sudah banyak bermunculan produk listrik, mulai dari sepeda, motor hingga mobil. Jenis kendaraan tersebut menggunakan baterai sebagai penyimpanan energi, dengan masa berlaku tertentu.

Sehingga permintaan baterai suatu saat akan terus meningkat, seiring dengan pertambahan kendaraan listrik.

6. Popcorn dan bioskop

Popcorn adalah makanan yang akan melengkapi keseruan saat nonton film di bioskop. Para penjual popcorn yang berdekatan di depan pintu ruang bioskop, selalu sibuk melayani para pecinta film.

7. TV dan remot

TV membutuhkan remot untuk mempermudah pengaturan dan pindah saluran. Bayangkan ketika remot tv di rumah kamu hilang, pasti akan sulit mengganti saluran yang diinginkan.

TV dan remot termasuk contoh barang komplementer yang ada di rumah.

8. Dispenser dan galon

Dispenser dan galon merupakan dua barang yang saling melengkapi. Jika hanya ada galon, kalian pasti kesulitan untuk menuangkan air. Begitupun sebaliknya, jika hanya ada dispenser, air apa yang akan ada tuangkan ke dalam gelas?.

9. Buku dan pena

Buku dan pena yang kalian bawa sehari-hari ke sekolah merupakan salah satu jenis barang komplementer. Kalian tidak akan bisa menulis materi apa yang akan disampaikan oleh guru apabila tidak memiliki keduanya.

Sehingga buku dan pena termasuk contoh barang komplementer di lingkungan sekolah.

10. Kompor dan gas

Saat kalian berada didapur otomatis kalian akan menggunakan dua benda ini. Jika salah satu diantara keduanya tidak ada maka kalian tidak bisa memasak apapun. Misalnya, jika tabung gas habis maka kompor tidak akan menyala. Begitupun sebaliknya.

FAQ

  1. Apa yang dimaksud dengan barang komplementer?

Barang komplementer adalah barang yang menambah fungsi barang lain. Barang komplementer tidak bisa berfungsi tanpa barang pendukung lain.

  1. Yang termasuk contoh barang komplementer adalah :
  • Gula dan kopi
  • Monitor, CPU, Keyboard dan Mouse
  • Dispenser dan Galon
  • Buku dan Pena
  • Kompor dan Gas
  • Bola Tenis dan Raket Tenis
  • Ponsel dan Kartu Sim
  • Bensin dan Mobil
  • PlayStation dan Game
  • Film dan Popcorn
  • Sepatu dan Sol
  1. Apa yang dimaksud barang subtitusi?

Barang subtitusi adalah barang yang bisa menggantikan barang lain dengan fungsi yang sama.

  1. Apa contoh barang subtitusi?
  • Beras dapat digantikan dengan jagung atau singkong
  • Kursi dapat digantikan dengan tikar
  • Bus dapat digantikan oleh mikrolet
  • Gelas dapat digantikan cangkir
  • Pertalite dapat digantikan dengan pertamax
  • Hp dan ponsel tablet

Nah itulah tadi Pengertian dan Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa vote and share ! 

Leave a Reply