Pengertian & 10 Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer

Posted on

Pengertian dan Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer | Berbagai macam kebutuhan manusia terjadi demi kepuasan dan kelangsungan hidup. Untuk memenuhi hal tersebut maka diperlukannya alat pemuas kebutuhan.

Alat pemuas kebutuhan tersebut bisa berupa barang ataupun jasa. Klasifikasi barang menurut hubungannya dengan benda lain dibagi menjadi barang subtitusi dan barang komplementer.

Pengertian Barang Subtitusi

Barang subtitusi merupakan barang pemuas kebutuhan manusia yang saling menggantikan fungsinya dengan sempurna, artinya apabila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang lainnya.

Dengan kata lain, barang subtitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang dalam pemakaiannya dapat saling menggantikan satu sama lain.

Baca : Barang Inferior : Pengertian dan Contohnya

Contoh Barang Pengganti (Subtitusi)

Contoh barang pengganti atau subtitusi bisa kita temukan pada 5 contoh barang berikut ini:

  1. Beras dapat digantikan dengan jagung atau singkong.

Saat sedang lapar pasti kita membutuhkan makanan, nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia didampingi dengan lauk pauk. Tetapi dalam kondisi mendesak, kita dapat menggantinya dengan jagung ataupun singkong. Karena kedua makanan ini memiliki fungsi yang sama dengan beras yakni sebagai sumber energi untuk dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Kursi dapat digantikan dengan tikar.

Apabila kursi kita dirumah misalkan rusak ataupun hilang, kita bisa menggantinya dengan menggunakan tikar. Karena tikar memiliki fungsi yang sama dengan kursi sebagai tempat untuk duduk. Alternatif tikar ini yang disebut dengan barang subtitusi.

Simak : Contoh Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith 

  1. Bus dapat digantikan oleh mikrolet.

Saat sedang ingin berangkat sekolah atau kerja, kalian ingin menggunakan bus. Namun pada saat itu bus di jalan sedang mengadakan demo sehingga tidak ada yang jalan sama sekali. Karena keadaan yang sangat mendesak itupun, kalian bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan mikrolet/angkot.

Baca juga:  6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga

  1. Gelas dapat digantikan cangkir.

Pernakah saat kalian dirumah ingin minum tetapi gelas dirumah kalian pada kotor? Jika pernah, otomatis kalian akan minum dengan menggunakan cangkir. Karena kedua benda tersebut memiliki fungsi yang sama.

  1. Pertalite dapat digantikan dengan pertamax.

Jika kalian pergi dengan menggunakan mobil atau motor kalian pasti tahu kedua benda ini, yaitu bahan bakar minyak. Ketersediaan pertilite mungkin sering kali sangat jarang ditemui di SPBU.

Apabila hal itu terjadi, kalian bisa menggantinya dengan menggunakan Pertamax. Walaupun harga pertamax cukup mahal tetapi pertamax ini memiliki fungsi yang sama dengan pertalite. Hubungan inilah yang disebut dengan Barang pengganti (Subtitusi).

Baca : 8 Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Barang

Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer

Pengertian Barang Komplementer

Barang Komplementer merupakan barang pemuas kebutuhan manusia yang saling melengkapi fungsinya dengan baik, artinya jika suatu barang digunakan secara sendirian, maka barang tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan secara maksimal atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Dengan kata lain, barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang dalam penggunaannya dapat saling melengkapi. Barang ini baru dapat dimanfaatkan apabila dipakai bersama dengan barang pemuas kebutuhan lainnya.

Baca juga:  Perbedaan Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi

 Contoh barang pelengkap (Komplementer)

Contoh barang pelengkap (komplementer) bisa kita temui pada 5 contoh barang berikut ini:

  1. Gula dan kopi

Pernakah kalian membuat secangkir kopi? Mungkin apabila kalian pernah membuatnya, kalian akan membutuhkan sesendok gula putih. Karena apabila kopi dibuat tanpa gula akan terasa pahit. Begitu sebaliknya apabila hanya gula saja, maka kalian hanya akan membuat air gula yang rasanya manis sekali.

Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer 2
  1. Monitor, CPU, Keyboard dan Mouse

Jika salah satu komponen tersebut tidak ada, maka komputer memiliki fungsi yang terganggu, bahkan tidak akan bisa digunakan sama sekali.

  1. Dispenser dan Galon

Dispenser dan galon merupakan dua barang yang saling melengkapi. Jika hanya ada galon, kalian pasti kesulitan untuk menuangkan air. Begitupun sebaliknya, jika hanya ada dispenser, air apa yang akan ada tuangkan ke dalam gelas?.

  1. Buku dan Pena

Buku dan pena yang kalian bawa sehari-hari ke sekolah merupakan salah satu jenis barang komplementer. Kalian tidak akan bisa menulis materi apa yang akan disampaikan oleh guru apabila tidak memiliki keduanya.

  1. Kompor dan Gas

Saat kalian berada didapur otomatis kalian akan menggunakan dua benda ini. Jika salah satu diantara keduanya tidak ada maka kalian tidak bisa memasak apapun. Misalnya, jika tabung gas habis maka kompor tidak akan menyala. Begitupun sebaliknya.

Nah itulah tadi Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa vote and share ! 

Kunjungi Artikel Lainnya:

  1.  [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya
  2. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]
  3. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pancasila [Kelebihan dan Tujuannya]
  4.  Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
  5. [Lengkap] Pengertian Mudharabah, Syarat, Rukun Dan Contohnya

Leave a Reply