Angkatan Kerja : Pengertian, Contoh dan Cara Menghitungnya

Posted on

Definisi tenaga kerja adalah setiap orang yang telah memasuki usia kerja atau siap melakukan pekerjaan. 

Pengertian tenaga kerja adalah setiap orang yang yang bisa melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa, baik barang maupun jasa tersebut bisa di rasakan manfaatnya untuk diri sendiri atau bermanfaat bagi banyak orang.

Pengertian Angkatan Kerja

Definisi angkatan kerja adalah setiap orang yang memiliki pekerjaan baik yang sedang bekerja atau sedang tidak bekerja dengan alasan  tertentu.

Angkatan kerja secara demografi bergantung pada berapa persen tenaga kerja total yang menjadi angkatan kerja. Sehingga angkatan kerja merupakan bagian dari tenaga kerja yang terlibat dalam kegiatan produksi barang maupun jasa.

Jenis Angkatan Kerja

Angkatan kerja dibagi menjadi dua kelompok yaitu angkatan kerja yang bekerja dan angkatan kerja yang mencari pekerjaan.

1. Angkatan kerja yang bekerja

  • Yang termasuk didalamnya adalah setiap orang yang yang sedang melakukan pekerjaan dengan tujuan mendapatkan penghasilan atau keuntungan. Waktu bekerjanya dalah minimal 2 hari.
  • Tiap orang yang sedang tidak melakukan pekerjaan dalam waktu kurang dari 2 hari tetapi sebenarnya mereka adalah pekerja tetap contohnya para petani dan tenaga kerja profesional.

2. Angkatan kerja yang mencari pekerjaan

  • Tiap-tiap orang yang belum pernah bekerja sebelumnya dan sedang dalam tahap mencari pekerjaan.
  • Tiap-tiap orang yang sedang dibebastugaskan dan sedang berusaha mendapatkan pekerjaan.

Simak juga : Jenis-Jenis Tenaga Kerja Contohnya

Bukan Angkatan Kerja

Definisi bukan angkatan kerja adalah Tiap orang yang yang menjadi bagian dan dari tenaga kerja yang tidak bekerja atau mencari pekerjaan.

Sebenarnya mereka termasuk dalam tenaga kerja yang tidak terlibat dalam proses kegiatan memproduksi barang dan jasa.

Contoh kelompok bukan angkatan kerja diantaranya;

  1. Kelompok Siswa atau setiap orang yang kegiatannya hanya belajar di sekolah. 
  2. Kelompok yang Mengurus rumah tangga setiap orang yang yang kegiatannya mengurus rumah tangga harga dan tanpa memperoleh gaji. 
  3. Kelompok penerima pendapatan yaitu setiap orang yang yang mendapatkan penghasilan Meskipun tidak sedang melakukan suatu kegiatan. Contohnya dana pensiun bunga simpanan dan hasil usaha sewaan. 
  4. Kelompok lainnya adalah setiap orang yang yang kehidupannya bergantung pada orang lain, biasanya disebabkan oleh faktor usia, ketidaksempurnaan fisik seperti lumpuh atau penyakit gila.

Baca : 5 Sistem Upah Tenaga Kerja di Indonesia

Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK)

Angka TPAK digunakan sebagai perhitungan dasar untuk mengetahui  masyarakat yang sedang bekerja atau yang sedang mencari pekerjaan.
Berikut cara menghitung tingkat partisipasi angkatan kerja :

cara-menghitung-tingkat-angkatan-kerja

Beberapa hal yang mempengaruhi tpak diantaranya faktor demografis seperti umur jenis kelamin tingkat pendidikan dan status perkawinan. 

Cara meningkatkan keterampilan angkatan kerja

Mulai saat ini meningkatkan keterampilan pada angkatan kerja menjadi strategi yang harus dipertimbangkan oleh pemerintah khususnya dan dan masyarakat pada umumnya demi pertumbuhan nasional dan pembangunan negara. 

Akibat globalisasi pasar pekerjaan-pekerjaan baru yang didukung dengan inovasi dan teknologi akan muncul dan akan menggantikan pekerjaan lama.

Sehingga keterampilan dan kompetensi angkatan kerja tiap tahun akan mengalami perubahan di setiap jenis pekerjaan hal ini harus diiringi dengan peningkatan pengetahuan pada angkatan kerja perihal proses produksi si dan kemajuan teknologi terbaru. 

Di berbagai negara di belahan dunia, saat ini sedang melakukan penelitian dan pengembangan dan terus meningkatkan kemampuan mereka untuk menghadapi dunia kerja.

Untuk meningkatkan keterampilan angkatan kerja dapat dilakukan dengan cara berikut; 

  • Menyatukan pendidikan dengan pelatihan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja.
  • Memberikan kan pelatihan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kesempatan kerja.
  • Mendorong investasi dalam negeri, sehingga akan membuka banyak lapangan pekerjaan menurunkan angka pengangguran dan setengah pengangguran.
  • Bagaimana cara mengatasi pengangguran di Indoensia ? Pemerintah harus bermitra dengan organisasi pengusaha dan pekerja dan penyedia jasa pelatihan yang bisa mengoptimalkan  dan menghubungkan dunia pendidikan dan dunia kerja.

Tantangan Global yang dihadapi angkatan kerja

Pertama, Terjadinya pertumbuhan ekonomi sangat bergantung pada tingkat produktivitas angkatan kerja. Kita harus menyiapkan pembelajaran untuk segala usia artinya orang-orang yang yang Lanjut Usia dan tetap aktif secara ekonomi populasinya akan meningkat. 

Contoh, China akan banyak populasi orang tua akan meningkat dalam beberapa waktu ke depan, sehingga China harus menjaga keterampilan orang-orang yang dewasa yang akan semakin besar jumlahnya, baik dengan pendidikan formal maupun informal.

Kedua, meningkatnya populasi jumlah anak muda tentunya akan menjadi tantangan bagi kemampuan pendidikan dan pelatihan diiringi dengan terbukanya Tersedianya lapangan pekerjaan. 

Ketiga, kegiatan ekspor dan impor tenaga kerja di dunia internasional akan semakin deras sehingga menimbulkan tantangan bagi dunia pendidikan dan pelatihan. Para pekerja akan menempatkan diri pada peluang kerja di berbagai bidang yang tersedia di suatu negara.

Demikian artikel tentang Angkatan Kerja : Pengertian, Contoh dan Jenisnya. Apabila bermanfaat silahkan di share yaa. Terima kasih

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.