6 Cara Mengatasi Pengangguran Secara Umum di Indonesia

Posted on
6 Cara Mengatasi Pengangguran Secara Umum di Indonesia
5 (100%) 8 vote[s]

cara mengatasi pengangguran secara umum

Bagaimana Cara Mengatasi Pengangguran Secara Umum? Ternyata pengangguran di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Mulai dari pengangguran musiman, pengangguran siklis dan friksional.

Penyebab pengangguran adalah karena kurangnya lapangan pekerjaan. Selain itu, sebagian besar orang di Indonesia belum memiliki jiwa kewirausahaan. Berbagai cara mengatasi pengangguran yang dilakukan pemerintah belum mampu meminimalkan tingkat pengangguran yang cukup tinggi di Indonesia.

Sebenarnya apabila sebagian besar orang memiliki jiwa berwirausaha maka tidak perlu mengkhawatirkan jumlah lapangan kerja yang sedikit. Sebagai seorang wirausahawan pastinya dapat mendirikan usaha sendiri bahkan membuat lapangan untuk orang lain. Oleh karena itu, penanaman jiwa wirausaha di sekolah memang sangat diperlukan.

Ketahuilah dengan jumlah pengangguran yang semakain banyak maka hal tersebut pula yang membuat tingkat kemiskinan di Indonesia semakin tinggi, bahkan dapat mengakibatkan adanya permasalahan kriminalitas yang merajalela.

Pengangguran memang semakin meningkat apabila tidak diatai, tidak hanya pemerintah yang harus menanggulangi permasalahan pemerintah. Oleh karena itu, simak uraian list yang terdapat di bawah ini.

  1. Meningkatkan Daya Kewirausahaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi pengangguran yaitu meningkatkan daya kewirausahaan sejak dini dalam dunia sekolah. Mengapa demikian? hal tersebut tentunya disebabkan karena apabila setiap orang sudah memiliki sikap kewirausahaan maka tidak perlu bingung apabila lapangan pekerjaannya kurang.

Dengan jiwa kewirausahaan yang dimilikinya tentunya akan membuat setiap orang mampu mendirikan usaha ataupun bisnis sendiri sehingga dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi setiap orang. Oleh karena itu, menanamkan jiwa kewirausahaan di sekolah juga merupakan hal yang diprioritaskan.

Baca juga:

  1. 6 Jenis Investasi Modal Kecil Dengan Hasil Tinggi
  2. 8 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Paling Menguntungkan
  3. 18 Ciri-Ciri dan Sifat Pengusaha Yang Sukses
  1. Menyelenggarakan Bursa Kerja

Berikutnya, cara yang harus dilakukan untuk mengatasi pengangguran yaitu menyelenggarakan bursa kerja ataupun job fair. Ketahuilah adanya bursa kerja memang salah satu penangan pemerintah untuk merekrut lulusan terbaru dari berbagai lapangan pekerjaan yang tersedia.

Ketahuilah bahwa bursa kerja ini tentunya dapat memberikan jumlah lapangan kerja untuk banyak orang. Tentunya, hal tersebut memang sangat mampu dalam mengatasi segala permasalahan mengenai permasalahan pengangguran.

Dengan menyelenggarakan job fair pastinya akan banyak orang yang belum memiliki pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan di tempat tersebut. Hal tersebut tentunya membuat sebagian besar dari jumlah pengangguran akan memliki pekerjaan.

  1. Melakukan Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja juga merupakan salah satu cara mengatasi pengangguran yang ada di Indonesia. Pelatihan kerja merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara melatih berbagai orang untuk melakukan berbagai aktivitas yang ditujukkan untuk mencapai berbagai kegiatan ekonomi.

Contoh dari pelatihan kerja yaitu pelatihan kerja komputer yang dapat melatih sebagian besar orang untuk dapat mengaplikasikan komputer dengan baik. Dengan demikian maka akan membuat setiap orang mampu memiliki ketrampilan sendiri yang dapat digunakan untuk bekerja.

Selain itu, dalam pelatihan kerja juga biasanya melatih untuk menciptakan berbagai jenis kegiatan ataupun inovasi kewirausahaan yang dapat membuat usaha ataupun bisnis sendiri sehingga dapat menciptakan sebuah lapangan kerja.

  1. Meningkatkan Mutu Pendidikan

Nah, cara selanjutnya untuk mengatasi pengangguran yaitu meningkatkan mutu pendidikan. Ketahuilah semakin tinggi mutu pendidikan di Indonesia maka akan membuat negara kita menjadi lebih maju. Tentunya dengan mutu pendidikan yang bagus maka akan membuat sumber daya manusia yang berkualitas bagus.

Perlu diketahui bahwa dengan mutu pendidikan maka setiap orang mampu menginovasikan setiap produk ataupun pelayanan menjadi semakin berkualitas. Nah, dengan demikian tentunya akan membuat jumlah pengangguran setiap tahunnya menjadi lebih berkurang.

Apabila Anda memiliki standar mutu yang pendidikan tinggi maka dapat melamar pekerjaan di berbagai perusahaan yang juga bagus dan sebaliknya jika tidak memiliki standar pendidikan yang tinggi maka tidak dapat melamar pekerjaan di perusahaan yang bagus.

  1. Melakukan Transmigrasi

Terlalu banyak jumlah penduduk di suatu daerah juga akan membuat lapangan pekerjaan menjadi penuh, ataupun bahkan kekurangan lapangan pekerjaan. Transmigrasi menjadi salah satu cara memindahkan penduduk dari daerah yang jumlahnya padat ke daerah yang daerah jarang penduduknya.

Dengan melakukan proses ataupun cara transmigrasi ternyata memang akan membuat sebagian besar daerah memiliki porsi lapangan pekerjaan yang seimbang. Tentunya, Anda dapat mengetahui bahwa sebagian besar daerah yang penuh penduduknya maka akan kekurangan lapangan pekerjaan.

Dengan adanya permasalahan pengangguran maka akan membuat sebagian besar orang memicu permasalahan berikutnya dari permasalahan psikologis, kemiskinan, dan kriminalitas.

  1. Menegakan Keluarga Berencana

Berikutnya cara untuk mengatasi permasalahan pengangguran yaitu menegakan keluarga berencana. Semakin banyak jumlah penduduknya maka akan membuat jumlah lapangan pekerjaan yang dibutuhkan juga semakin banyak.

Oleh karena itu, untuk mengurangi pengangguran maka hal yang dapat dilakukan yaitu menegakan keluarga berencana untuk meminimalkan jumlah penduduk yang semakin meningkat di Indonesia karena hal tersebut memang menjadi salah satu pemicu kurangnya lapangan pekerjaan.

Berbagai cara untuk meminimalkan pengangguran memang sudah dilakukan, tetapi apabila jumlah penduduknya semakin banyak maka hal tersebut akan tetap sulit diatasi.

Artikel menarik lainnya:

  1. 10 Sumber Keuangan Negara dan Contohnya 
  2. 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
  3. Etika Sekretaris Yang Baik dan Profesional
  4. Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif dan Negatif]
  5. Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi 
  6. Jenis-Jenis Tenaga Kerja Contohnya 
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.