Pengangguran Konjungtural : Pengertian, Contoh, Cara Mengatasi

Posted on
Pengertian dan Cara Mengatasi Pengangguran Konjungtural

Pengangguran Konjungtural – Pengangguran merupakan salah satu permasalahan masyarakat di Indonesia. Hal ini karena banyaknya jumlah penduduk tidak diiringi dengan ketersediaan jumlah lapangan kerja. Pada dasarnya pengangguran ini memiliki berbagai macam jenis, diantaranya pengangguran terbuka, pengangguran musiman, pengangguran konjungtural, dan lain sebagainya. 

Artikel ini akan lebih menjelaskan secara detail tentang pengangguran konjungtural. Mulai dari pengertian hingga cara mengatasi pengangguran konjungtural akan dijelaskan secara rinci pada penjelasan di bawah ini. Simak penjelasan tentang jenis pengangguran ini lebih dalam yuk!

Pengertian Pengangguran Konjungtural

Pengertian pengangguran konjungtural merupakan salah satu jenis pengangguran yang diakibatkan dari perubahan ekonomi yang mengakibatkan perubahan sistem. Dalam hal ini, adanya perubahan ekonomi tentu berdampak pada setiap lini aktivitas yang melakukan proses ekonomi tersebut. 

Pengangguran konjungtural ini juga disebut dengan pengangguran siklus, pengangguran ini merupakan salah satu jenis pengangguran dimana posisi orang memiliki sumber daya dan tenaga untuk bekerja. Dan secara sehat melakukan pekerjaan serta memiliki kemampuan. Namun karena adanya perubahan ekonomi seseorang ini akan diberhentikan karena adanya desakan dari perekonomian. 

Dapat dikatakan bahwa pengangguran siklus ini merupakan pengangguran yang terjadi karena adanya perubahan ekonomi dan bukan kehendak dari seseorang yang bekerja maupun perusahaan maupun pabrik. Tindakan ini dilakukan untuk kepentingan perusahaan maupun pabrik demi menghindari kerugian dari perubahan ekonomi tersebut. 

Individu yang memiliki usaha, pabrik, maupun perusahaan merupakan pelaku usaha yang tentunya memiliki berbagai pihak yang melakukan berbagai kegiatan.  Salah satu pihak yang mendukung pelaku usaha dalam mencapai perekonomian yang baik ini adalah pekerja. Ketika perekonomian sedang berubah dan membutuhkan penanganan khusus, maka akan berdampak pada para pekerja. 

Perekonomian merupakan salah satu bidang yang membutuhkan segala jenis perencanaan yang harus disiapkan untuk berbagai kemungkinan. Karena pada dasarnya ekonomi merupakan salah satu bidang yang tidak tetap dan mengalami naik turun. Hal ini tentu berdampak para pekerja sebagai salah satu pihak yang berada di lapangan untuk memproduksi barang yang dibuat. 

Baca juga : Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran

Contoh Pengangguran Konjungtural

Pengangguran siklus ini identik dengan tindakan terhadap pekerja karena hal yang dilakukan perusahaan maupun pabrik apabila terdapat perubahan ekonomi adalah PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Hal ini karena terdapat beberapa kasus yang mengakibatkan tindakan untuk menyelamatkan perusahaan dari krisis ekonomi. Simak contohnya di bawah ini yuk!

  1. Bank of Amerika

Di antara tahun 2008 sampai 2009 merupakan hal yang berat dialami oleh warga negara Amerika. Dimana pada masa ini terjadi permasalahan ekonomi yang mengakibatkan Bank of Amerika ini memecat 30.000 karyawan demi menyelamatkan lembaga. Hal ini merupakan tindakan yang tentu saja di luar kehendak dari lembaga itu sendiri

  1. USPS

USPS atau yang disebut dengan The United Postal Service merupakan salah satu penyedia jasa mengirim barang. Dalam hal ini jika dibandingkan dengan Indonesia, USPS ini juga dapat disebut dengan kantor pos Amerika. Perusahaan ini juga mengalami dampak dari adanya perubahan ekonomi, sehingga melakukan pemutusan kerja terhadap 156.000 karyawan pada saat itu. 

  1. AT & T

AT & T merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yang terletak di Amerika yang memberikan kemudahan bagi masyarakat sekitar untuk melakukan komunikasi. Perusahaan ini memiliki saham telekomunikasi yang tersebar di Amerika. Sayangnya, perusahaan ini juga mengalami permasalahan ekonomi pada tahun 1996. 

Pada tahun tersebut, perusahaan AT & T ini mengalami perpecahan menjadi 3 bagian. Dimana salah satunya merupakan salah satu perusahaan yang berkembang dan berpengaruh hingga saat ini. Dalam permasalahan tersebut, perusahaan AT & T ini juga menghentikan paksa pekerjaan dari karyawannya. 

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Pengangguran di Indonesia

Cara Mengatasi Pengangguran Konjungtural

Meskipun permasalahan ekonomi pasti ada dan perekonomian pasti mengalami kenaikan dan penurunan, namun sebagai pihak pengusaha maupun pelaku ekonomi Anda harus memiliki solusi. Solusi ini juga dapat menjadi salah satu pilihan dalam berbagai posisi perekonomian sebagai bentuk berjaga-jaga. Lalu bagaimana mengatasinya? Simak penjelasan di bawah ini yuk! 

  1. Meningkatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan menengah)

UMKM tentu tidak asing di telinga Anda, bukan? UMKM ini merupakan salah satu bagian dari aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. ketika masyarakat melakukan usaha dan membuka sebuah usaha kreatif, maka dapat juga disebut sebagai UMKM. 

UMKM yang dibuka oleh masyarakat ini dapat menyelamatkan suatu negara dari perekonomian. Salah satu contohnya pada saat terjadi krisis moneter, negara yang melakukan investasi pada perusahaan-perusahaan besar akan cepat mengalami dampak dari perekonomian tersebut. Hal ini karena perusahaan besar melakukan pinjaman dan berhubungan dengan dunia. 

Sedangkan UMKM merupakan aktivitas masyarakat yang menghasilkan di wilayah itu sendiri. Dalam aktivitas yang dilakukan, UMKM akan selalu memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal tersebut. Ketika UMKM ini mengalami peningkatan, maka akan membuka lapangan kerja dan tentunya hasil dari penjualan akan meningkatkan pendapatan. 

  1. Meningkatkan investasi pada usaha dalam negeri

Usaha merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk menghasilkan keuntungan. Keuntungan ini yang nantinya akan membantu masyarakat untuk mencukupi berbagai jenis kebutuhan. Namun siapa sangka, usaha yang dilakukan oleh masyarakat ini yang akan membantu dari pengangguran konjungtural

Pengangguran konjungtural ini dilakukan oleh masyarakat Indonesia, dimana di dalamnya terdapat aktivitas ekonomi yang mengakibatkan dampak positif di sekitar tempat usaha tersebut dibuat. Dalam hal ini, Anda sebagai salah satu masyarakat juga harus berperan aktif dalam memajukan usaha yang telah dibentuk oleh masyarakat tersebut. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan investasi pada usaha yang dibentuk di dalam negeri dan oleh orang-orang dalam negeri pula. Hal ini merupakan salah satu cara menangani permasalahan pengangguran konjungtural

  1. Mendirikan industri padat karya

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki peluang yang besar untuk melakukan usaha. Salah satu jenis usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mendirikan industri kreatif. Industri kreatif ini dapat berupa tekstil, manufaktur, pengolah makanan, dan lain sebagainya. 

Industri ini memang dibutuhkan di Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi. Selain itu, kualitas dari hasil olahan milik Indonesia ini juga tidak kalah bersaing dengan industri yang dimiliki oleh luar negeri. 

Dengan adanya berbagai macam jenis industri ini, akan membutuhkan banyak orang untuk pelaku kegiatan produksi. Dalam hal ini, akan dibutuhkan banyak pekerja yang menjadi pelaku produksi. Hal ini akan menjadi salah satu solusi dari pemotongan kerja yang dilakukan oleh perusahaan atau pabrik lain. 

Penjelasan tentang pengangguran konjungtural ini tentu membuka pengetahuan bagi Anda bahwa pengangguran ini nyata dan terjadi di setiap negara yang melakukan aktivitas ekonomi. Oleh karena itu, sebagai salah satu warga negara pastikan untuk membantu Pemerintah untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang berdampak pada masyarakat ini.  

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.