6 Jenis Usaha Kecil Menengah Modal Kecil Untung Besar

Posted on
usaha kecil menengah yang menguntungkan

Bisnis UKM – Berbisnis adalah salah satu hal yang sedang banyak peminat khususnya untuk saat ini. Namun seringkali untuk menjalankan sebuah usaha terbentur dengan modal yang tidak sedikit. Untuk itu Usaha Kecil Menengah menjadi solusi bagi pemilik modal kecil. 

Meski demikian jangan memandang sebelah mata usaha kecil menengah karena meski modal sedikit untungnya sangat tidak terduga.

Banyak sekali pengusaha di Indonesia yang berhasil menjadi seorang miliarder karena memulai usaha kecil menengah. Penasaran apa saja jenis usaha kecil menengah yang menjanjikan, simak ulasannya berikut.

Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan

1. Usaha Kecil Menegah di Bagian Makanan

Usaha makanan atau kuliner merupakan bentuk usaha yang menguntungkan serta akan tetap laku selama hidup. Faktanya makanan menjadi keperluan inti manusia yang tidak dapat terlepas dari kehidupan kita. 

Banyak ide usaha makanan untuk memulai usaha kuliner. Contohnya dari mulai camilan, minuman, sampai makanan inti. Semua kelompok di usaha kuliner ini memiliki kekuatan yang begitu bagus, bergantung langkah cara promosi produk makanan kita.

2. Usaha Kecil Menengah di Bagian Otomotif

Perubahan dunia otomotif di Indonesia alami perkembangan yang begitu cepat. Lihat saja jumlah sepeda motor serta mobil yang makin banyak. Tentu saja ini dapat jadi salah satunya kesempatan usaha yang menjanjikan buat mereka yang cermat memakainya. 

Usaha otomotif tidak mesti besar, yang terpenting akhirnya menguntungkan serta periode panjang. Ada banyak usaha yang dapat digunakan di bagian otomotif. Salah satunya layanan bengkel serta spare part, layanan bersihkan motor/mobil, jual peralatan kendaraan bermotor, serta ada banyak lainnya. 

Sangat banyak ceruk di usaha otomotif yang dapat kita gunakan, contohnya jual helm sepeda motor. Buat beberapa orang mungkin jualan helm itu biasa saja. Akan tetapi buat mereka yang cermat juga bakal dapat memperoleh keuntungan besar cuma dari berjualan helm sepeda motor.

3. Usaha UKM di Bagian Pendidikan

Pendidikan menjadi modal terpenting dalam perubahan setiap generasi satu bangsa. Bisa disebut bangsa yang memerhatikan pendidikan generasi penerus mereka ialah bangsa yang akan sukses di semua posisi.

Pendidikan demikian penting namun sayangnya Indonesia masih tetap kekurangan fasilitas pendidikan yang berkualitas. Jadi ini dapat jadi kesempatan usaha yang menjanjikan serta dapat digunakan oleh mereka yang mempunyai keterampilan atau kemampuan di bagian spesifik.

Awalnya coba untuk membuka jasa les privat baik untuk anak SD hingga orang-orang yang akan mengikuti SNMPTN atau Tes CPNS. Ini bisa sangat menjanjikan karena setiap tahun pasti ada tes SNMPTN dan CPNS.

4. Usaha di Bagian Teknologi Internet

Bukanlah hal baru jika internet memberi sangat banyak kesempatan usaha yang menguntungkan bagi penduduk Indonesia. Tidak hanya pada mereka yang sudah mempunyai usaha real, tetapi juga pada mereka yang belum mempunyai usaha.

Yang kami maksudkan di sini yaitu usaha internet yang memang spesial dibuat untuk usaha internet periode panjang, atau umumnya dimaksud dengan usaha startup.

Terdapat beberapa jenis startup yang berada di Indonesia, dari mulai startup di bagian e-Commerce, alat online, aplikasi, dan sebagainya. Sekarang ini masih ada banyak startup lain yang tengah berkembang di Indonesia.

5. Usaha Kecil Menengah di Bagian Fashion

Usaha kecil menengah dengan modal minim selanjutnya ada pada bidang fashion. Sama seperti usaha kuliner, usaha fashion juga masih menjadi bentuk usaha yang menjanjikan. Hal ini karena fashion saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. 

Target pasar usaha fashion yang paling mudah adalah wanita dan punya ketertarikan khusus contohnya baju muslim gamis, baju olahraga wanita, baju mode korea, serta masih banyak lagi jenis baju yang bisa dijadikan usaha.

Agar usaha semakin maju dan cepat berkembang Anda bisa memulai jualan baju secara online atau memberi peluang pada para pengecer untuk memperoleh keuntungan dari penjualan produk dengan menjadi seorang reseller.

Yang menarik dari usaha fashion sekarang ini adalah, Anda bisa mempunyai usaha fashion dengan modal yang begitu minim akan tetapi kekuatan keuntungannya cukuplah besar dan sangat menggiurkan. 

Enaknya berbisnis di bidang fashion ini dikarenakan banyak supplier yang memberikan penawaran menjadi reseller dan dropshiper. Dengan sistem seperti itu Anda cukup mengeluarkan modal yang terbilang minim untuk memulai usaha fashion.

6. Usaha di Bagian Agrobisnis

Indonesia memang populer dengan beberapa tanaman yang digunakan menjadi bahan pangan serta keperluan yang lain. Dari mulai beras, bermacam sayuran, bermacam buah-buahan, serta tanaman terpenting yang lain.

Keperluan akan bahan pangan serta nutrisi nabati tentu saja membuat usaha UKM agrobisnis di bagian pertanian selalu diperlukan penduduk Indonesia. Bahkan Anda juga bisa mengekspor ke luar negeri.

Usaha kecil menengah di bagian Agrobisnis yang lain adalah bisnis peternakan. Seperti kita kenali, protein hewani menjadi salah satu keperluan inti manusia, itu penyebabnya kenapa usaha peternakan akan tetap berpeluang besar.

Tips Sukses Buka Usaha Kecil Menengah

Sebagai tips memulai usaha kecil ada baiknya Anda menggunakan keahlian dalam berkomunikasi dan menjelaskan pada pelanggan alasan mengapa produk atau jasa yang dijual lebih mahal yaitu karena kualitasnya yang lebih baik.

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda tidak boleh setengah-setengah. Anda harus melakukan semua hal dengan baik dan bisa menjadi yang terbaik untuk klien atau pelanggan.

Apa pun yang Anda buat atau jual, juga haruslah yang terbaik. Lakukan hal ini terus menerus dan kekuatan dari strategi mulut ke mulut akan memberikan hasil yang terbaik.

Jadi, jangan pernah mengecewakan pembeli dengan memberikan sesuatu yang kurang bermutu. Pastikan Anda selalu memberikan produk terbaik pada setiap konsumen.

Itulah beberapa contoh UKM atau Usaha kecil menengah yang menjanjikan serta menguntungkan baik di saat sekarang dan untuk masa depan. Jika memang Anda sudah bertekad dan niat untuk memiliki sebuah usaha wujudkan sekarang juga. Jadi, mau coba yang mana?

Baca juga :

  1. 7 Pilihan Franchise Bakso Kantongi Untung 30 Juta per Bulan
  2. 10 Ide Usaha Rumahan Paling Menyenangkan dan Potensial
  3. 6 Tips Usaha Ternak Lele Bagi Pemula Cepat Balik Modal
  4. 8 Tips Usaha Ternak Kelinci dan Analisa Usahanya

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.