7 Tips Hemat Ala Anak Kost

Posted on
7 Tips Hemat Ala Anak Kost
5 (100%) 6 vote[s]

Belajar mandiri dengan cara tinggal di kos sebenarnya bukanlah pilihan yang buruk. Hal ini dikarenakan, dengan tinggal di kos, tentu Anda harus mengatur segala sesuatunya sendiri.

Tapi, ada hal menyedihkan yang sering menghampiri anak kost, salah satunya ialah masalah keuangan. Nah, supaya hal tersebut tak terjadi pada Anda, Anda perlu menerapkan tips hemat ala anak kos yang akan dijelaskan berikut ini.

5 Tips Hemat Ala Anak Kost

1. Susun Anggaran Bulanan dengan Rinci

Tips yang pertama ialah silahkan Anda susun anggaran bulanan dengan rinci. Hal ini sangat berguna terutama dalam hal mengingatkan Anda untuk apa sajakah uang yang sudah keluar itu, apakah untuk memenuhi kebutuhan, atau justru hanya untuk memuaskan keinginan saja. Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan android untuk mencatat anggaran anda.

Memang menyusun anggaran bulanan dengan rinci itu sedikit menyusahkan, tetapi jika melihat betapa pentingnya anggaran bulanan ini, sebaiknya Anda jangan malas lagi menyusunnya.

Dalam penyusunan anggaran ini, ingatlah untuk selalu memprioritaskan kebutuhan yang penting-penting saja. Untuk hal lain yang kurang penting, tolong diabaikan dulu. Jumlahkan perkiraan harga semua kebutuhan tersebut sehingga Anda bisa tahu berapa banyak uang yang mesti dikeluarkan untuk membeli semua itu.

2. Menabung Secara Teratur

Tips yang selanjutnya ialah menabung secara teratur. Berikut panduan cara menabung supaya cepat terkumpul.

Mengenai jumlahnya, silahkan Anda tentukan sendiri dan sebaiknya, pisahkan uang tabungan ini dalam dompet atau rekening khusus sehingga tidak campur aduk dengan uang yang lain.

Mau disimpan di celengan? Boleh juga kok, hanya saja, simpan uang ini dengan baik supaya tidak hilang. Jika Anda memperhatikan tips ini, nanti Anda akan lebih mudah dalam menghadapi kondisi darurat seperti uang kiriman yang telat atau kondisi darurat lainnnya.

3. Masak Sendiri

Ada baiknya jika Anda memilih kos yang memperbolehkan penghuninya untuk masak. Walaupun sedikit, kegiatan masak sendiri ini juga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran. Jangan biasakan untuk membeli makanan jadi di luar atau bahkan pesan online, karena disadari atau tidak, hal ini juga bisa membuat isi kantong Anda terkuras dengan cepat.

Selain bisa lebih hemat, ada keuntungan lain yang juga bisa Anda dapat dari memasak sendiri, diantaranya ialah bisa mengatur menu sesuai selera dan kebersihannya juga lebih terjamin. Bahkan jika perlu, bawa bekal saat pergi kuliah atau bekerja supaya tidak jajan.

4. Jika Ingin Makan Diluar, Cari Tempat Makan yang Bersahabat dengan Kondisi Keuangan

Kalau sesekali Anda ingin cari suasana baru dengan cara makan di luar, sebaiknya Anda cari tempat makan yang mau bersahabat dengan kondisi keuangan Anda. Toh makan itu tidak harus mahal kan, asalkan bersih dan bisa mengenyangkan itu sudah cukup.

5. Kalau Keluar, Bawa Uang Secukupnya Saja

Tips selanjutnya ialah sebaiknya Anda bawa uang secukupnya saja saat keluar. Jangan membawa uang dalam jumlah yang cukup banyak karena ini bisa memicu Anda untuk boros. Selain itu, membawa uang dalam jumlah secukupnya ini juga sebagai langkah antisipasi supaya ketika terjadi hal yang tak diinginkan, Anda tidak terlalu kehilangan.

Contoh hal yang tak diinginkan itu adalah dompet terjatuh di jalan, kecopetan saat di angkot dan lain sebagainya.

6. Belajar Mencuci Pakaian Sendiri

Pada dasarnya laundry memang ada untuk membantu setiap orang yang kesusahan mencuci pakaiannya sendiri, entah karena sibuk atau karena alasan lainnya. Tapi, perlu ditekankan bahwa sebaiknya Anda lebih memilih untuk mencuci pakaian sendiri.

Memang, harga jasa laundry sangat terjangkau, tetapi jika hendak ditotal, uang yang Anda pakai untuk laundry dalam sebulan jumlahnya juga lumayan loh.

Ambil contoh saja jasa laundry per kilonya Rp 6.000. Misalkan dalam seminggu pakaian kotor Anda mencapai 3 kg, maka biaya yang harus Anda keluarkan untuk laundry jadi Rp 6.000 x 3 kg = Rp 18.000 dalam seminggu.

Sedangkan dalam 1 bulan ada 4 minggu. Jika Anda rutin laundry tiap minggunya, maka dalam sebulan saja Anda bisa menghabiskan sekitar Rp 72.000 hanya untuk laundry. Itupun kalau harga per kilonya Rp 6.000, bagaimana jika lebih? Tentu uang yang harus Anda keluarkan lebih banyak lagi bukan?

Namun bisa saja anda membuka usaha laundry untuk mendapat penghasilan tambahan. Simak tips membuka usaha laundry bagi pemula.

7. Kesalahan yang Sering Dilakukan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Sebenarnya, kasus anak kost yang sering kekurangan uang itu sebagian besar dikarenakan mereka yang melakukan sejumlah kesalahan dalam mengelola keuangan. Seringkali tanpa disadari, anak kost itu terlalu boros dalam berbelanja dan ini adalah faktor utama kenapa keuangan jadi berantakan. Baca juga cara mengelola keuangan anak sekolah.

Banyak loh mahasiswa ataupun pekerja yang suka kehilangan kontrol saat dia berbelanja, sehingga dia cenderung membeli berbagai hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

Apabila ini terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin jika setiap bulan nanti dia akan kelabakan karena kurang uang. Biasanya, masalah yang juga akan muncul akibat hal ini adalah ‘gali lubang tutup lubang’.

Memang gali lubang tutup lubang bisa membuat Anda bertahan hidup, tapi jika Anda tidak melakukan perubahan atas perilaku tersebut, maka kemandirian dalam hal finansial akan sulit didapat. Apakah hal ini bisa dihindari? Tentu saja bisa. Coba deh terapkan berbagai tips hemat ala anak kost di atas, dijamin kantong Anda tetap ada isinya saat akhir bulan.

Tak ada salahnya juga jika Anda bekerja paruh waktu atau menjalankan bisnis untuk mendapatkan uang tambahan. Banyak kok pekerjaan atau bisnis yang ramah dan bisa dijalankan oleh anak kost, misalnya dengan menjadi dropshipper, penulis artikel dan lain-lainnya. Yuk dicoba saja. Siapa tahu bisnis ini jadi penyelamat keuangan Anda bahkan di masa yang akan datang..

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.