12 Cara Menabung Yang Benar Supaya Cepat Terkumpul

12 Cara Menabung Yang Benar Supaya Cepat Terkumpul
5 (100%) 13 votes

cara menabung yang benar supaya cepat terkumpul

Akuntansilengkap.com – Bagaimana Cara Menabung Yang Benar dan Cepat Terkumpul? Banyak sekali orang mengalami kesulitan untuk menabung, padahal semua orang memiliki impian seperti liburan, memiliki kendaraan, rumah yang semua membutuhkan biaya.

Kendala pendapatan yang tidak seberapa dan pengeluaran yang selalu saja setiap hari dikeluarkan. Membuat seseorang sulit untuk menabung. 

Menabung itu menyisihkan sebagian kecil pemasukan yang kita dapatkan. Selain diri sendiri kita juga wajib banget mengajari anak atau adik-adik kita untuk menabung sejak dini. Karna dengan menabung kita dapat mengontrol kebutuhan yang tidak penting.

Berikut 12 cara menabung yang benar supaya cepat terkumpul

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk menabung. Disini saya akan bahas daftar cara menabung unik agar kamu makin bersemangat untuk menabung. Kamu pake cara yang mana niihh.

  1. Prioritaskan menabung untuk masa depan

Sobat harus mempunyai komitmen pada diri sendiri untuk menabung. Jika soba menerima gaji, tak lupa untuk sedikit menyisakan uangnya untuk di tabung. Utamakan menabung lebih dari segalanya, yang terbiasa menabung hanya memiliki uang sisa saja, maka untuk sekarang diprioritaskan untuk menabung.

Baca juga:

  1. 6 Jenis Investasi Modal Kecil Dengan Hasil Tinggi
  2. 8 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Paling Menguntungkan
  3. Investasi: Pengertian, Jenis-Jenisnya
  1. Mengikuti arisan yang sudah di percaya lingkungan setempat

Arisan merupakan jalan alternatif sebagai cara menabung dengan cepat terkumpul. Tak heran jika banyak orang menggunakan alternatif ini. Dengan cara mengikuti arisan bulanan ini setidaknya kamu sudah menyisihkan sebagian uang mu untuk di tabung. Tak perlu nominal banyak untuk membuat arisan, karena sedikit tetapi yang mengikuti banyak orang maka menjadi banyak pula nominalnya, dan pastikan membentuk arisan dengan perjanjian yang sudah disepakati  yaa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika sudah berjalan.

  1. Berkomitmen pada diri sendiri untuk dapat menabung dengan pecahan 10 ribu / 20 ribuan.

Berkomitmen dengan cara ini kamu sudah tergolong menabung unik. Karna kamu sudah berjanji pada dirimu sendiri, jika setiap kamu menemukan rupiah dengan nominal 10 ribu / 20 ribu kamu akan selalu menyisikan uang tersebut untuk ditabung.

  1. Hindari Kartu kredit dan sediakan uang di dompetmu

Kartu kredit bisa membuat kita tak bisa menahan diri jika sudah melihat barang-barang yang kita inginkan. Untuk mengantisipasinya sediakan uang yang tidak terlalu banyak di dompetmu. Misal pecahan 100 ribu atau paling kecil 50 ribuan. Dan jangan membawa uang terlalu banyak karena itu juga yang membuat boros. (Baca: Jenis-Jenis Kredit dan Contohnya)

  1. Menabung dengan uang receh

Jangan meremehkan uang receh karna bisa jadi jumlah besar lho. Mulai sekarang, jika kamu menemukan uang receh seribuan dan lima ratusan langsung kamu ambil dan kamu simpan di celengan. Jangan gatal untuk mengambil uang receh yaa walau hanya untuk kepentingan kecil.  Bukti ini bisa dijalankan tanpa beban tapi mendapatkan hasil yang lumayan loo. Saya sendiri sudah pernah mencobanya. Cara ini banyak dilakukan untuk mengatur keuangan anak sekolah

  1. Pisahkan uang untuk kepentingan masing-masing

Prinsip saya sih jangan mencampur uang keseluruhan jadi satu tempat karena itu sangat bahaya. Tujuan memisahkan uang tersebut agar tidak digunakan seluruhnya dan kita membandingkan mana uang untuk sehari-hari, mana uang untuk khusus di tabung dan mana uang untuk kebutuhan lainnya. Apalagi dengan tujuan baik seperti menabung untuk modal menikah, membeli rumah di masa depan. 

Maksudnya jika kita mencampur atau menggabungkan uang kita ke dalam satu tempat saja kemungkinan besar uang tersebut akan digunakan seluruhnya tanpa memikirkan batas, apalagi wanita jika sudah melihat barang sesuatu yang menarik sedikit pasti keinginan untuk membeli itu muncul.

Maka wajib banget kita pisahkan (membagi) uang tersebut agar tidak kita gunakan seluruhnya. Contoh : Misalkan kita punya uang 500 ribu, 100 ribu untuk sehari-hari 100 ribu untuk di tabung  150 ribu lagi untuk jaga-jaga kalau ada keperluan yang sangat mendesak jadi tidak perlu mengambil uang tabungan lagi.

  1. Membuat daftar belanja

Di kehidupan sehari-hari ini termasuk teknik cara menabung di rumah. Tanpa kita sadari pengeluaran yang kita keluarkan setiap hari membuat menipisnya keuangan, maka dari itu kita perlu banget membuat daftar belanja atau keperluan kita agar tidak boros. Dengan adanya membuat daftar list belanja, kita tau berapa banyak uang yang kita keluarkan. Dengan cara ini kita bisa menghemat pengeluaran yang tidak kita perlukan dan sedikit menghemat pengeluaran yang akan kita beli.

  1. Menargetkan uang yang ingin kita tabung

Bukan hal paksaan untuk kita menabung, tetapi niat diri untuk mencapai yang kita inginkan. Dengan kita menargetkan juamlah tabungan kita maka akan semakin semangat untuk menabung. Contoh : Kita ingin membeli Handpone maka kita harus punya target berapa harga Handpone yang kita inginkan. Menargetkan untuk berkunjung ke tempat wisata bersama teman-teman. Tidak ada salahnya untuk itu, karena semakin kita mempunyai banyak keinginan maka semakin bersemangat pula kita untuk menabung.

  1. Menitipkan uang kepada orang tua

Selain mengikuti arisan kita juga bisa menitipkan uang kepada orang tua kita, karena orang tua adalah tempat teraman menyimpan uang. Jika kita membutuhkan uang dan meminta kepada orang tua pasti orang tua beralasan bahwa uang tersebut telah dipakainya padahal mereka berbohong agar cara ini anak tak mudah meminta dan uang yang ia titipkan cepat terkumpul.

  1. Membuka rekening tabungan di Bank

Hamper setiap orang mempunyai rekening tabungan di Bank. Selain aman juga mudah karna dapat sewaktu-waktu kita menabung. Menabung di Bank juga kita harus punya target bahwa tidak untuk mengambil uang tersebut lewat ATM.

Simpanlah ATM tersebut di tempat yang jarang kita buka atau dapat meminta untuk tidak menggunakan ATM.  Karena jika kita berfikir bahwa kita masih punya ATM maka kemungkinan besar apa yang kita lihat dan kita inginkan ATM lah jalan satu-satunya yang kita gunakan untuk membelinya. (Baca: 5 Unsur-Unsur Kredit Perbankan)

  1. Menabung sesuai tanggal

Cara unik ini kita bisa memasukkan uang ke dalam wadah yang transparan dan buat tanggalan kecil untuk di temple di wadah tersebut. Contoh jika kamu mulai menabung di tanggal 8 maka uang yang harus ditabung adalah 8 ribu ripiah dan beri tanda centang pada tanggalan yang kita temple di wadah transparan tadi, begitu seterusnya. Maka kamu akan merasa enjoy dan lebih semangat untuk mengisi wadah tersebut.

  1. Potong gajimu setiap bulan untuk ditabung

Bagi kamu yang sudah bekerja sisakan uangmu setiap habis gajian untuk ditabung agar uang yang diterima tidak menghilang begitu saja. Kita harus bisa merinci sedemikian agar bisa membagi uang gajimu untuk kebutuhan lainnya dan untuk menabung. Jangan pernah berfikir untuk mengambil uang tabungan untuk keperluan yang tidak penting banget karena itu akan membahayakan hidupmu.

Inilah beberapa tips cara menabung unik agar kamu semangat dalam menabung. Semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya:

  1. 15 Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi [Terapan, Moneter dan lainnya]
  2. Kelebihan Serta Kekurangan BUMN dan BUMS
  3. Fungsi Asli dan Turunan Uang Serta Contohnya
  4. Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan
  5.  Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi