5 List Franchise Kebab Modal Terjangkau di Indonesia

Posted on

Model usaha dengan menggunakan franchise besar tentunya sudah umum di Indonesia sekarang ini. Anda bisa lihat banyak tempat makan yang berbasis franchise menjadi besar dan malah laku.

Banyak pengusaha memanfaatkan hal ini untuk menjadi yang pertama di daerahnya. Contoh saja, jika di area Anda belum ada tempat makan dengan brand KFC ataupun CFC, Anda bisa coba mendaftar untuk membuka franchise tersebut di area Anda.

Jika berbicara franchise yang sedang naik daun sekarang ini, banyak nama franchise kebab mulai dilirik untuk diambil. Makanan kebab tentu masih belum umum tersedia di semua tempat dan hal ini tentunya bisa menjadi ruang tersendiri untuk mendapatkan keuntungan. Jika Anda bingung memilih franchise usaha kebab, berikut adalah bahasan beberapa franchise yang bisa Anda coba!

1. Franchise Kebab Baba Rafi

modal usaha franchise kebab baba rafi

Siapa sih yang tidak kenal Franchise Kebab Baba Rafi? Franchise usaha kebab yang satu ini sudah ada sejak tahun 2003 di Surabaya. Pada beberapa tahun saja sukses, nama franchise usaha ini telah menyebar ke seluruh pelosok Indonesia.

Kesuksesan ini tentu tidak sekedar dari nama brand, tapi juga dari produknya. Kebab dari Baba Rafi terkenal nikmat dan juga terjangkau. Hal ini tentu sangat cocok bagi kantong pelajar yang ingin mencoba produk kebab nikmat ini. Hidangan kebab sendiri tergolong masih jarang jika dibandingkan dengan burger ataupun hot dog. Karena terkesan masih eksotis, banyak orang tentu ingin mencobanya.

Untuk perkiraan keuntungan, Anda bisa menganalisa dari skema Franchise Kebab Baba Rafi Premium. Skema yang satu ini membutuhkan Anda untuk investasi sebesar 200 juta Rupiah tapi dengan ekspektasi balik modal sekitar 1,9 tahun.

Perhitungan ini diambil dengan ekspektasi perkiraan rata – rata omzet per bulan sekitar 45 juta Rupiah. Untuk perhitungan pengeluaran terdiri dari 55% pemakaian bahan baku sebesar 24,75 juta Rupiah, biaya usaha 20% sebesar 9 juta Rupiah dan biaya royalti 5% sebesar 2,25 juta Rupiah.

Dari perhitungan keduanya, Anda diharapkan mendapatkan total pengeluaran sebesar 36 juta Rupiah per bulan. Jika dihitung dengan omzet per bulan yang sebelumnya sudah di kalkulasi, keuntungan bersih Anda mencapai 9 juta Rupiah per bulannya.

Raup keuntungan besar dengan pilihan bisnis franchise makanan dan franchise minuman berikut ini.

2. Franchise Kebab Arabian

usaha franchise kebab arabian

Franchise yang berikutnya bisa Anda coba adalah Franchise Kebab Arabian. Kebab yang disajikan dari franchise ini rasanya cukup unik dan tentunya nikmat. Penyajian kebabnya juga rapi sehingga memudahkan pembeli untuk menyantap hidangan tanpa repot ataupun belepotan.

Menu yang ditawarkan Kebab Arabian juga bervariasi dan tidak hanya semata hidangan kuliner kebab. Hidangan seperti kentang goreng, spaghetti, hot dog dan burger juga tersedia di sini. Jadi Anda bisa menjaring banyak konsumen yang ingin pilihan menu lain di tempat Anda selama menyajikan Kebab Arabian.

Franchise Kebab Arabian telah berdiri sejak tahun 2008 dan tentu semakin berkembang setiap tahunnya. Sekarang ini, Franchise Kebab Arabian telah terdaftar memiliki 269 gerai besar dan banyak lagi gerai kecil yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika ingin bekerja sama dengan Kebab Arabian, Anda bisa mengambil paket kemitraan yang lebih ramah kantong. Pada paket ini, Anda akan mendapatkan gerobak usaha senilai 70 juta Rupiah. Dalam investasi ini, Anda juga akan mendapatkan pelatihan, peralatan usaha, bahan baku dan fasilitas pembantu lainnya.

Jika bekerjasama dalam paket ini, Anda dibebaskan dari biaya royalti yang tentu menggiurkan. Untuk omzet rata – rata, Anda bisa dapatkan sekitar 15 juta perbulannya. Jika hal ini dipotong ekspektasi biaya sekitar 8 juta per bulan, Anda bisa untung bersih sebesar 7 juta. Jadi dalam waktu 10 bulan saja, Anda sudah bisa balik modal.

Yuk cobain peluang bisnis franchise makanan lain ? berikut 11 pilihan franchise martabak untuk Anda.

3. Franchise Kebab Alibaba

usaha franchise kebab alibaba

Franchise Kebab Alibaba mungkin dianggap masih kecil dibandingkan Kebab Baba Rafi dan Kebab Arabian. Tapi perlu diingat bahwa Franchise yang satu ini telah sukses menyebar di kota – kota besar area Pulau Jawa.

Menu dan rasa kuliner Kebab Alibaba lebih fokus untuk cita rasa timur tengah yang otentik tapi dengan budget terjangkau. Jadi bagi Anda yang ingin mencoba kebab nikmat yang mirip dengan aslinya, silahkan coba hidangan Kebab Alibaba.

Untuk segi usaha, franchise ini bisa menonjol karena menyediakan cita rasa berbeda dibanding kompetitor kebab lainnya. Selain itu, biaya startup franchise ini lebih kecil dibandingan Kebab Baba Rafi yang sampai ratusan juta. Kemudahan lain juga Anda dapatkan dari pasokan bahan baku yang langsung datang dari pemilik brand. Anda jadi tidak perlu repot lagi mencari bahan – bahan untuk mereplikasi resep yang disediakan.

Untuk pengembalian investasinya, usaha franchise ini bisa menargetkan pengembalian modal dalam waktu dibawah 1 tahun. Jika sudah bergabung dalam struktur franchise-nya, Anda hanya dikenakan fee 3% dari omset dan bisa terdaftar dalam sistem. Sistem member ini akan membantu Anda jika ada masalah dan ingin upgrade ke level berikutnya untuk usaha.

Komunitas dari franchise Kebab Alibaba juga cukup kuat. Anda bisa coba berdiskusi dengan banyak pelaku bisnis lain yang ada di bawah brand ini. Hal ini tentu sangat membantu bagi Anda yang masih baru dalam usaha franchise.

4. Franchise Kebab Corner

harga franchise kebab corner

Franchise kebab yang satu ini sebetulnya cukup besar di kota – kota besar Indonesia. Wah boleh banget nih jadi peluang usaha di lingkungan kampus. Mengingat kebab termasuk makanan berat yang ringkas, jadi cocok untuk bekal mahasiswa/i.

Tapi karena involve dari kantor pusat yang ketat, Anda akan mendapatkan dukungan banyak dari mereka. Dukungan ini tidak hanya seputar bahan baku dan alat usaha seperti pada franchise lainnya, tapi juga training, konsultasi, pengelolaan outlet dan masih banyak lagi.

Dari segi produk, Kebab Corner sudah mendapatkan pengakuan dari Indonesia Global Foundation karena selalu mengeluarkan menu baru setiap tiga bulan. Menu spesial ini tentu tidak bertahan lama dan selalu berotasi seperti menu special pada banyak franchise fast food yang sudah terkenal.

Franchise Kebab Corner sebetulnya menarik dari segi konsep sebagai franchise tapi karena sistem yang rigid, Anda harus pastikan di kota Anda terdapat kantor cabang dari Kebab Corner. Hal ini karena Anda diharuskan belanja bahan baku di kantor cabang ini. Supply yang terbatas dari segi jarak ini tentu sangat disayangkan.

Untuk sistem investasi, Kebab Corner menggunakan model syariah bagi hasil 50:50 dari keuntungan bersih. Tapi dengan sistem ini, Anda tidak perlu lagi membayar royalti dan biaya fee lainnya. Cukup mudah diikuti dan tentunya akan cepat balik modal.

5. Franchise Kebab Kings

gambar franchise kebab kings

Franchise Kebab Kings ini sudah berdiri sejak tahun 2006 dan pertama kali melihat sukses di kota Surabaya. Sampai saat ini, franchise usaha kebab ini masih berkembang baik dan tentunya sudah membuka banyak cabang di berbagai kota besar lain. Dari data terakhir yang bisa didapat, outlet dari franchise Kebab Kings sudah mencapai lebih dari 600 dan tentunya akan makin bertambah di tahun – tahun mendatang.

Hal yang paling menonjol dari produk Kebab Kings adalah kualitas bahan baku yang selalu segar tiap harinya. Tidak hanya itu, bahan baku ini memiliki kualitas tinggi sehingga menghasilkan rasa yang spesial dibandingkan banyak kebab lain. Walaupun konsep kebabnya lebih mendekati resep modern dan bukan kebab otentik, rasa dari masakan Kebab Kings cukup menggoyang lidah.

Jika Anda ingin bergabung, Anda minimal perlu menyiapkan dana sebesar 35 juta Rupiah. Jika sudah menjadi mitra, Anda tidak perlu bingung mencari lokasi ataupun karyawan karena semua ini akan disediakan oleh pihak Kebab Kings. Setelah menandatangani kontrak mengikat selama 5 tahun, Anda nantinya akan diberikan layanan konsultasi dan dorongan demi memajukan outlet Anda.

Untuk perhitungan balik modal, sayangnya usaha Kebab Kings bisa dinilai paling lambat. Perkiraan balik modal ini adalah sekitar 2,5 sampai 3 tahun. Tapi selama mengejar balik modal ini, Anda akan dilayani maksimal dengan dorongan dari pihak franchise Kebab Kings.

Sekian bahasan dari banyak franchise kebab dan prospek usahanya. Mudah – mudahan hal ini bisa bermanfaat bagi Anda!

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply