15 Peluang Usaha di Lingkungan Kampus

Posted on
15 Peluang Usaha di Lingkungan Kampus
5 (100%) 7 votes


Peluang Usaha di Lingkungan Kampus – Kita semua tahu, bahwa memiliki ketertarikan dalam bidang usaha mendatangkan untung yang sangat menjanjikan, apalagi ditambah dengan faktor – faktor pendukung yang terkait dalam kegiatan usaha tersebut. Banyak sekali faktor pendukung yang dapat memberikan poin lebih dalam kegiatan usaha contohnya lokasi yang strategis.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai sumber peluang usaha dengan berfokus pada faktor pendukung lokasi. Lokasi disekitar kampus memang tak ayal lagi memberikan keuntungan kepada para usaha – usaha untuk mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi.

Beragam bisnis bisa dicoba dan diterapkan untuk memberikan pendapatan lebih kepada para usahawan, diantaranya,

1. Laundry

peluang usaha di lingkungan kampus tukang ojek jasa laundry

Peluang usaha di lingkungan kampus pertama, bagaimana dengan usaha laundry ? apakah juga diminati para mahasiswa. Ya pastinya. Banyak faktor yang membuat jasa laundry diminati para mahasiswa.

Pertama, para mahasiswa yang sibuk mengerjakan tugas mereka ataupun yang tengah bekerja paruh waktu, akan membuat diri mereka sibuk dan lupa untuk mencuci baju yang menumpuk, banyak juga yang merasa letih sehabis kuliah. Dan untuk mengatasinya mereka akan melakukan jasa laundry terdekat di wilayah tempat tinggal mereka.

Kedua, ada beberapa mahasiswa yang merasa malas untuk mencuci baju mereka, kemungkinan terbesarnya adalah mereka yang dulu di rumah mereka asli tidak terbiasa untuk mencuci baju, semuanya dilakukan oleh mesin cuci. Dan pastinya, para mahasiswa ini tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan jasa laundry.

Baca ; 24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial

2. Peluang Usaha di Lingkungan Kampus – Rumah makan / Warung

warung pintar peluang usaha di area kampus

Apakah sebuah bisnis rumah makan/ warung akan memberikan dampak lebih di lingkungan kampus ? jawabannya adalah ya. Hal yang diincar para mahasiswa untuk menunjang hidup mereka salah satunya adalah rumah makan/warung.

Dimana disana para mahasiswa bisa beristirahat sambil memesan makanan di waktu senggang kuliah. Peluang usaha ini termasuk peluang usaha yang banyak diminati oleh para penduduk di sekitar wilayah kampus. Apalagi kalau mereka memiliki pelanggan setia yang senantiasa datang, tak ayal lagi keuntungan yang mereka dapatkan jauh lebih besar.

Bagi para penduduk yang memiliki keahlian dalam mengolah bahan masakan, peluang usaha yang satu ini layak dicoba dan ditekuni.

Apalagi kalau ditambah dengan menu – menu yang menarik para pelanggan, pastinya para pelanggan akan setia memesan makanan disana dan mengajak teman – temannya yang lain agar menikmati pesanan yang ia pesan.

3. Tempat Kost

tempat kos di area kampus

Apa yang ada di benak mahasiswa perantauan ketika datang langsung ke lokasi kampus mereka, pemikiran pertama mereka pastilah mencari tempat berteduh. Para mahasiswa akan berlomba – lomba mencari tempat kost yang nyaman untuk mereka.

Para penduduk yang memiliki kamar kosong, ataupun memiliki lahan kosong yang tidak berpenghuni, bisa menerapkan peluang usaha ini. Keuntungan yang didapat pastilah jauh lebih besar daripada lahan kosong tersebut hanya dibiarkan kosong dimakan usia.

Di sekitar lokasi kampus pasti banyak sekali kita temui tempat kost dengan beragam harga dan pelayanan. Mulai dari kamar kosong, sampai dengan kamar yang sudah lengkap dengan perabotan yang disediakan pemilik kost.

Para mahasiswa pasti akan mencari – cari tempat kost yang nyaman untuk mereka dan yang pastinya tidak membuat kantong bolong. Bagi pebisnis yang mau menerapkan peluang usaha ini, agaknya ditimbang – timbang apa yang harus diperlukan, dan sebaiknya dipikirkan dulu apa yang lebih diminati para mahasiswa untuk tempat teduh mereka.

4. Fotocopy dan Print – Bisnis di Lingkungan Kampus

jasa print peluang usaha di lingkungan kampus

Jasa fotocopy maupun print merupakan peluang usaha yang lumayan diminati orang. Apalagi kalau lokasi usaha tersebut disekitar wilayah kampus. Para mahasiswa akan berbondong – bondong melakukan jasa fotocopy maupun print yang terdekat dengan kampus mereka.

Ditambah dengan tugas para mahasiswa yang selalu didominasi dengan tugas hardcopy akan membuat usaha fotocopy maupun print banyak diminati dan dicari.

5. Alat Tulis (ATK)

Para mahasiswa setiap harinya pasti membutuhkan alat tulis untuk mencatat apa yang diterangkan dosen mereka. Dan pastilah, toko alat tulis menjadi incaran mereka.

Apalagi kalau toko alat tulis memiliki fasilitas yang lengkap, pasti para mahasiswa ini tidak akan berpikir dua kali untuk membeli dan berbelanja disana sesuai kebutuhan mereka masing – masing.

Dan alangkah baiknya, apabila pemiliki toko juga bersikap ramah kepada para mahasiswa, yang nantinya toko tersebut akan banyak diminati dan menjadi langganan berbelanja mereka.

6. Konter Pulsa dan Service Handphone

Pulsa elektrik memang penting untuk bisa berkomunikasi sesama mahasiswa ataupun dosen, tak ayal lagi para mahasiswa akan berjalan menuju konter pulsa terdekat di wilayah mereka untuk mengisi pulsa elektrik kartu mereka.

Ada juga kartu paket data yang pada zaman sekarang ini diincar oleh banyak orang. Tak terkecuali oleh para mahasiswa, mereka akan membeli kartu paket data agar bisa mengakses jaringan online untuk kebutuhan mereka sendri.

Bagaimana dengan jasa service handphone, ada kemungkinan handphone milik para mahasiswa tiba – tiba mengalami error ataupun rusak karena jatuh atau sebab lainnya. Jadi, jasa service handphone lumayan berguna bagi para mahasiswa perantauan.

7. Depot Air Minum

Bagi para mahasiswa perantauan, mereka akan lebih mandiri untuk mengurus diri mereka karena jauh dari kampung halaman. Mereka akan memnuhi kebutuhan mereka seperti makan atau minum sendiri.

Depot air minum juga diincar bagi para mahasiswa perantauan. Mereka akan membeli galon air minum, ataupun mengisi ulang galon mereka yang kosong disana. Dengan begitu, kebutuhan minum mereka terjamin di tempat kost.

Dengan beragam merek dan beragam harga air minum, para mahasiswa akan memilih – milih air minum apa yang mereka suka dan enak. Alangkah baiknya apabila, Depot air minum memiliki beragam merek yang mereka jual-belikan.

8. Bisnis di Area Kampus – Angkringan/ Cafe

cafe bisnis di lingkungan kampus

Ketika para mahasiswa memiliki waktu senggang, mereka akan mencari tempat untuk nongkrong di angkringan ataupun cafe, dimana di tempat tersebut mereka bisa beristirahat sejenak untuk mengobrol, dan berbincang dengan teman, ataupun berdiskusi mengenai tugas mereka secara berkelompok..

Untuk masa sekarang ini, memang banyak dibangun angkringan/ cafe yang diminati para mahasiswa. Mereka akan setia duduk disana, mengajak teman, ataupun Cuma sekedar duduk – duduk bersantai biasa.

Mereka akan memesan secangkir kopi atau jajan, dan duduk – duduk lama sembari mengistirahatkan pikiran mereka.

Bisnis cafe saat ini sudah banyak di jalan kan oleh mahasiswa sehingga bisa jadi peluang bisnis untuk mahasiswa.

9. Warnet

Jasa warnet memang sudah tidak seramai dulu. Kalau dulu hanya sedikit orang yang memiliki telepon pintar/ smartphone, tapi kalau sekarang, para muda – mudi ataupun orang tua sudah banyak yang memiliki telepon canggih ini.

Tapi, bukan berarti jasa warnet tidak dibutuhkan di masa sekarang. Karena masih banyak para mahasiswa ataupun orang biasa yang masih menggunakan jasa layanan warnet di sekitar tempat tinggal mereka.

Jadi, usaha warnet sendiri juga merupakan salah satu peluang usaha di lingkungan kampus yang bisa dicoba.

10. Toko Kelontong

Para mahasiswa perantauan pasti akan mencari – cari toko yang satu ini di kawasan tempat tinggal mereka. Dimana di tempat ini, mereka bisa berbelanja segala kebutuhan yang mereka butuhkan selama tinggal di kost.

Contoh kecilnya seperti, sabun cuci, sabun mandi, shampo, dan kebutuhan yang lain. Yang tidak semua mahasiswa bawa dari rumah untuk persediaan, jikalau habis mereka pasti akan langsung mencari keberadaan toko kelontong demi mencukupi persediaan mereka disana.

Banyak sekali di sekitar wilayah kampus ataupun tempat kost, toko – toko kelontong yang senantiasa buka dari mulai pagi hingga malam. Jadi untuk para mahasiswa pagi mereka akan berbelanja ketika sore atau malam, sedangkan para mahasiswa malam akan berbelanja ketika pagi.

11. Servis Laptop/ Komputer

Peluang usaha ini cocok bagi mereka yang memiliki keahlian yang memadai dibidang IT. Dimana mereka bisa menghasilkan pundi – pundi uang dari keahlian dan keringat mereka sendiri.

Ada suatu keadaaan dimana laptop atau komputer milik mahasiswa mengalami kerusakan ringan maupun parah, dan jasa layanan servis adalah jawabannya. Para mahasiswa akan segera memperbaiki laptop/komputer mereka jikalau tiba – tiba rusak.

Karena disana, banyak sekali tugas – tugas yang harus diselesaikan, dan banyaknya data – data perkuliahan yang penting. Kekhawatiran yang dirasakan para mahasiswa adalah, apabila data – data ataupun tugas – tugas mereka mendadak hilang, lenyap dari laptop/komputer mereka.

Mereka bisa frustasi dan merasa ingin menangis jikalau itu terjadi. Maka dengan itulah, jasa servis laptop/komputer memang penting bagi para mahasiswa. Bukan itu saja, peluang usaha ini juga begitu diminati oleh para pekerja kantoran.

Karena dokumen – dokumen perusahaan atau kantor yang penting tertambat disana, dan kemungkinan hilang oleh virus ataupun kerusakan memiliki potensial untuk terjadi. Jadi, bagi para ahli di bidang IT bisa dirasa mencoba peluang usaha yang satu ini.

12. Catering

Bagi para mahasiswa yang merasa malas untuk pergi kemana – mana, layanan yang satu ini tidak akan ditolak oleh mereka. Layanan jasa catering memang cocok bagi mereka yang merasa malas keluar rumah atau kost, dan bagi mereka yang merasa lelah setelah seharian belajar di kampus.

Usaha catering ini sendiri dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit, apalagi kalau mereka bertempat di lokasi yang strategis dan ramai. Mereka akan berlomba – lomba menawarkan makanan yang enak dengan harga yang terjangkau, yang pas untuk kantong mahasiswa.

Ketika usaha berjalan dengan baik, mereka akan memiliki para pelanggan setia. Dimana para pelanggan tersebut akan selalu menggunakan jasa catering sehabis seharian beraktifitas. Jasa usaha ini, bukan para mahasiswa saja yang berminat, para pekerja kantoran pun tak luput menggunakan jasa usaha ini.

13. Toko Pakaian – Peluang Bisnis di Lingkungan Kampus

toko pakaian bisnis di lingkungan kampus

Para mahasiswa ada kalanya mereka akan mencari toko pakaian yang ada di sekitar mereka, apa yang  mereka lakukan sekarang ini untuk menjaga penampilan yang selalu rapi dan tidak monoton.

Kebanyakan para pelanggannya pastilah para mahasiswa golongan menengah ke atas, karena para mahasiswa golongan menengah ke bawah pasti akan berpikir dua kali sebelum membeli baju yang bisa mereka beli ketika pulang ke rumah.

Tapi, bukan berarti mahasiswa golongan menengah ke bawah tidak akan mengintip apa yang ditawarkan peluang usaha ini, jadi bagi para pemula, boleh juga dicoba peluang usaha di lingkungan kampus ini. Yang terpenting, adalah menawarkan kualitas terbaik dan yang pastinya dengan harga yang terjangkau. (Baca : Peluang usaha generasi milenial )

14. Tambal ban

Kebanyakan para mahasiswa perantauan maupun bukan, akan berangkat menuju kampus menggunakan kendaraan pribadi mereka. Entah itu sepeda, sepeda motor maupun mobil. Apabila mereka memiliki sebuah kejadian yang tidak mengenakkan di jalan, seperti ban bocor, ban kempes, ataupun kerusakan pada mesin, mereka pasti akan mencari tukang tambal ban.

Bisa kita lihat, di pinggiran jalanan padat kota, kita pasti menemui tukang tambal ban dalam radius 300 m. Para tukang tambal ban akan menetap di lokasi mereka menunggu rezeki mereka masing – masing. Walaupun mereka hanya berdiam disana, tetapi banyak sekali yang rela – rela berjalan jauh dengan menuntun motor hanya demi mengisi ban motor mereka.

Ditambah di tempat tambal ban, biasanya ada bensin eceran. Jikalau sepeda motor kita kehabisan bensin lantas tidak menemui SPBU ataupun letak SPBU jauh, kita bisa mengisi bensin kita yang habis disana.

15. Tukang Ojek

peluang usaha di lingkungan kampus tukang ojek

Lalu, bagaimana dengan tukang ojek. Peluang usaha ini memang banyak diminati sekarang ini. Bagaimana tidak, apabila kita bertempat tinggal jauh dan kemudian bingung harus berangkat ke kampus bagaimana, para tukang ojek akan menjawab kegundahan kita.

Khususnya untuk para mahasiswa perantauan, mereka akan malas membawa kendaraan dari rumah menuju tempat kost, pastilah jasa tukang ojek yang mereka cari. Hanya tinggal menyiapkan uang, maka para mahasiswa ini bisa sampai ke kampus dengan tepat waktu.

Untuk para tukang ojek sendiri, mereka akan mencari spot – spot dan lokasi – lokasi yang strategis dimana mereka mau mencari nafkah mereka. Dan pastilah, mereka sangatlah pintar dalam menemukan tempat – tempat yang cocok untuk mencari pelanggan.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.