11 Peluang Franchise Martabak Terpopuler di Indonesia

Posted on

Sebelum melangkah ke franchise martabak, alangkah baiknya mengenal apa itu franchise? Berdasarkan Hukum Pemerintah Indonesia, franchise atau waralaba ialah sebuah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak oleh pihak lain untuk memanfaatkan serta menggunakan HAKI (hak kekayaan intelektual) dengan persyaratan tertentu. HAKI ini bisa berupa usaha baik dalam bidang jasa maupun barang. 

Mengenal Istilah-istilah dalam Franchise

Franchise Fee

Franchise fee merupakan istilah yang mengacu pada biaya awal sebelum memulai bisnis. Jadi, sebelum waralaba atau bisnis Anda mulai beroperasi harus disiapkan dahulu biayanya meliputi: biaya lisensi (untuk memakai brand dari pihak lain selama jangka waktu tertentu) dan biaya hak untuk meminjam dan menggunakannya dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, Anda sebaiknya memastikan bahwa biaya yang Anda terima sudah termasuk:

  • desain outlet
  • biaya survey lokasi
  • penyelenggaraan pelatihan
  • penyusunan rencana bisnis
  • Supervisi dan eksekusi peluncuran bisnis
  • pencarian supplier barang
  • informasi inventory awal

Franchisee

Franchisee merupakan pihak yang menerima hak untuk memanfaatkan hak kekayaan intelektual dan menggunakannya dengan persyaratan tertentu.

Franchisor

Franchisor ialah pihak yang memberikan waralaba. Pihak ini bisa dari perorangan atau badan usaha yang mempunyai hak untuk memberikan hak kepada pihak lain agar menggunakan dan memanfaatkan brand atau material yang ada hubungannya dengan brand tersebut. Misal, ada franchise martabak bangka. Yang menjadi franchisornya adalah pemilik usaha martabak bangka. Sedangkan franchisee dipegang oleh orang yang ingin membuka usaha dengan meminjam nama martabak bangka.  

Royalty Fee (Biaya Royalti)

Biaya royalti ialah biaya yang ditanggung oleh franchisee untuk diberikan kepada pemilik royalty. Pembayaran bisa dilakukan tiap tahun dan berbeda-beda untuk tiap franchise. Oleh karena itu menjalankan bisnis ini diperlukan niat dan semangat yang kuat. Keseriusan dan ketelatenan juga tidak kalah penting karena kedua hal tersebut menentukan hasil kedepannya.

1. Franchise Martabak Markobar

peluang bisnis franchise martabak

Ada berbagai macam franchise martabak. Salah satunya ialah franchise martabak Markobar.

Gibran Rakabuming Raka sebagai generasi kedua yang mengembangkan usaha kuliner Markobar ini menyatakan bahwa harga franchise Markobar dipatok dengan biaya Rp 300 juta rupiah.

Kerjasama dibatasi dalam jangka waktu 2 tahun dan dapat diperpanjang bila ada komitmen untuk mengembangkan usaha kuliner ini bersama-sama.

Selain martabak masih banyak lagi ide bisnis franchise, apa aja ? cari tahu di kumpulan bisnis franchise makanan dan franchise minuman berikut ini.

2. Franchise Martabak San Fransisco

harga franchise martabak san fransisco

Selain itu, ada juga brand martabak lain yang tak kalah terkenal seperti franchise martabak San Fransisco. Martabak satu ini sudah mempunyai 14 outlet yang diantaranya tersebar di daerah Bekasi, Depok, Tebet, BSD, Rawamangun, Bintaro, Kelapa Gading, Cirebon, Bogor, Cibubur, Pekanbaru, dan Balikpapan. Tak kalah enak dengan yang lain, martabak ini juga menghadirkan berbagai toping pilihan. Juga sudah mempunyai pelanggan tetap.

Martabak San Fransisco dianggap memiliki investasi yang menarik di kalangan investor. Sejak 2011, program waralaba ini dijalankan dan outletnya terus bertambah seiring berjalannya waktu. Apakah Anda berminat menjadi investor sekaligus memulai bisnis?

Harga franchise martabak san fransisco adalah Rp400juta hingga Rp500 juta.

Biaya itu sudah termasuk fee senilai Rp125 juta untuk periode 5 tahun.

Pembagianprofit margin-nya sendiri adalah 30% sampai 50% dari gross sales. Dan diestimasikan periode balik modal mitra hanyalah 18 hingga 20 bulan saja.

3. Franchise Martabak Holland

harga franchise martabak holland

Bagi Anda orang Surabaya, pasti sudah sering mendengar nama franchise satu ini, yaitu martabak Holland. Harga per loyangnya sekitar 50 sampai 60 ribu rupiah. Ini jauh di atas rata-rata harga martabak pinggir jalan. Karena bisnis ini sudah berjalan hingga bertahun-tahun, martabak Holland sangat populer dan sudah memiliki customer tetap.

Anda tidak akan menyesal jika bergabung bersama mereka. Manajemen yang bagus dan ramah menjadi pertimbangan bagi para investor untuk menginvestasikan uang mereka. Di wilayah Surabaya sudah ada beberapa cabang bertebaran, mungkin Anda bisa mulai buka cabang di daerah Anda. Nama franchise ini sangat unik dan membawa nama negara lain sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Nama-nama franchise tersebut sangat popular dan membuka peluang bagi Anda yang berminat untuk memulai usaha. Dengan menjadi franchisee, Anda dapat menemukan pundi-pundi pengalaman berbisnis dan membuka usaha dengan berbagai keuntungan.

4. Franchise Martabak Orins

harga franchise martabak orrins

Ada lagi satu franchise yang sukses di antara bisnis kuliner lainnya. Martabak Orins telah mendapatkan penghargaan “Most Enjoyable Quick Bites” dan “All Time Favorite Martabak” dari Go Food versi pilihan Go-Foodies. Sudah pasti franchise satu ini mempunyai masa depan cerah jika dilihat dari historisnya. 

Sonny, orang dibalik kesuksesan martabak Orins, mengembangkan martabak pizza sebagai varian lain dari martabak. Pecinta kuliner pasti nagih dan ngiler. Sonny selalu berusaha berinovasi agar bisnis yang sesuai passionnya ini berjalan lancar. 

5. Franchise Martabak Hawaii 

harga franchise martabak hawaii

Selanjutnya ialah Martabak Hawaii. Franchise martabak ini juga tak kalah saing dengan yang lain. Bagi Anda yang ingin berinvestasi, silakan. Karena sedang dibuka lebar-lebar bagi para franchisee. Syaratnya ialah menyukai usaha kuliner, pekerja keras, mau memenuhi standar SOP, mempunyai komitmen untuk mengembangkan usaha, memiliki investasi dana yang cukup, serta memahami keuntungan dan resiko bergabung dengan bisnis ini.

Harga investasi franchise martabak hawaii berkisar antara Rp 30 – 40 juta. Anda sudah mendapatkan seluruh perlengkapan memasak, bahan baku, seragam, branding, pelatihan dan seluruh perlengkapan tambahan.

6. Franchise Martabak Mini Rainbow

bisnis franchise martabak mini rainbow

Martabak mini adalah sebutan bagi martabak ukuran mini. Varian ini cocok bagi pelanggan yang ingin diet atau hanya ingin menyantapnya sebagai makanan ringan yang tidak terlalu mengenyangkan. Franchise martabak memang memiliki prospek yang baik ke depan.

Anda masih pemula di bidang bisnis kuliner? Silahkan join franchise martabak Mini Rainbow. Salah satu keunggulan franchise ini ialah tidak ada fee loyalty.

Harga franchise martabak mini rainbow mulai dari Rp 5,7 – 8,8 juta anda sudah mulai bisa jualan martabak mini rainbow.

Jadi tidak ada bagi hasil antara franchisee dan franchisor. Keunggulan lainnya adalah adanya team support yang siap membantu Anda. Jika Anda mau bergabung menjadi mitra, tim siap menunjang penjualan dengan manajemen yang baik.

7. Franchise Martabak Hokky 

bisnis franchise martabak hokky

Satu lagi franchise yang tidak memungut biaya royalti, yaitu Hokky martabak. Hokky Group tidak hanya mengembangkan usaha di bidang makanan, tapi juga minuman. Ada 11 merek makanan dan minuman yang ditawarkan seperti, Hokky Coffee, Hokky Bento, Hokky Steak, Hokky Pizza, Hokky Chicken, Hokky Burger, Hokky Martabak, Hokky Juice, dan Hokky Ice Cream. Tim support ramah dan memenuhi standar SOP yang terarah.

Paket investasinya mulai Rp 18 juta-Rp 95 juta. Omzet ditargetkan Rp 700.000-Rp 1,5 juta per hari.

8. Franchise Martabak Alim 

ide bisnis martabak alim

Martabak Alim sudah mempunyai gerai sebanyak 103 unit. Delapan bulan kemudian outletnya sudah mencapai 181 unit. Mayoritas outletnya berada di daerah Jakarta Selatan yaitu 30 buah. Martabak Alim tidak memungut royalty fee, tetapi harus membayar 15 juta rupiah sebagai franchise fee. 

9. Franchise Martabak Boss

franchise martabak boss

Martabak Boss menjadi salah satu jajanan terenak di Jakarta. Memiliki panggilan unik, yaitu boss, membuat martabak ini berbeda dari yang lain. Perbedaan lainnya ialah jika martabak lain memiliki kelebihan di topping, martabak Boss terletak pada adonan. Jadi kalau dimakan keesokan harinya masih tetap enak. Harga martabak Boss berada di kisaran 40 ribu hingga 135 ribu rupiah.

10. Franchise Martabak Joeragan

jual martabak telor joeragan

Martabak memiliki varian seperti martabak telor dan martabak manis. Sebagian orang menyebut martabak manis sebagai terang bulan. Martabak telor mengandung bahan utama telor yang dicampur dengan sayuran. Anda juga bisa mengembangkan usaha kuliner khas Indonesia satu ini dengan keuntungan yang maksimal.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply