8 Strategi Pemasaran Jasa Sebagai Kunci Sukses Bisnis Jasa

Posted on

Strategi pemasaran jasa tidak seperti pemasaran produk barang yang bisa ditampilkan lebih menarik dengan kemasan dan sebagainya. Pasalnya jasa merupakan produk yang hanya bisa dibuktikan ketika layanan sudah diberikan.

Sehingga untuk menjalankan strategi pemasaran untuk produk jasa membutuhkan pendekatan khusus dan berbeda sesuai dengan layanan yang ditawarkan. 

Misalnya pada pemasaran jasa keuangan, bisa menawarkan jaminan keamanan dan bunga tabungan tinggi, kemudian jasa pendidikan menawarkan kenyamanan belajar siswa dan berbeda lagi dengan jasa pengiriman barang/ekspedisi, transportasi dan jasa lainnya.

Supaya lebih jelas tentang strategi pemasaran jasa, berikut kami bagikan saran dari para ahli pemasaran.

Tentang Strategi Pemasaran Jasa

Strategi pemasaran jasa merupakan upaya pengenalan jasa kepada calon konsumen yang sifatnya terstruktur. Seperti menyusun rencana pemasaran, estimasi biaya dan media pemasaran yang digunakan.

Pada tahap ini, pihak marketing maupun manajemen perusahaan jasa bisa merumuskan perihal bentuk pelayanan yang diberikan, misalnya dengan menampilkan apa saja manfaat dan keuntungan dari menggunakan jasa Anda miliki. 

Supaya konsumen merasa tertarik dan bisa puas selama menggunakan jasa dari perusahaan. Konsumen dalam hal ini bisa berupa individu maupun berupa organisasi dan perusahaan. 

Sehingga pola pemasaran yang diterapkan harus sesuai dengan target konsumen yang diinginkan.

Jenis Pemasaran Jasa

Dibawah ini jenis pemasaran berdasarkan bisnis jasa yang berbeda.

Business To Consumer

Pemasaran jasa yang pertama adalah tipa jasa business to consumer atau bisnis yang langsung kepada konsumen akhir. Misalnya jasa servis (kendaraan, peralatan rumah atau perbaikan hp), jasa penginapan dan jasa kebersihan.

Strategi pemasarannya menggunakan cara yang lebih dekat dengan konsumen misalnya dengan menghubungi langsung atau menawarkan jasa datang ke rumah.

Business To Business

Bagi pemilik jasa dengan jenis business to business, seperti perusahaan telekomunikasi, teknologi, keuangan dan sejenisnya bisa menerapkan strategi seperti memberikan testimoni testimoni perusahaan yang lain yang telah bekerjasama.

Selain itu bisa juga menawarkan keunggulan lain yang dimiliki, misalnya dukungan dari tim profesional dan menggunakan teknologi canggih.

After Purchase

Jenis strategi pemasaran yang terakhir adalah upaya untuk menjalin komunikasi kepada pelanggan, supaya mereka merasa diperhatikan.

Misalnya dengan mengingatkan jadwal check berkala, tawaran peningkatan layanan dan garansi selama beberapa waktu kedepan.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa layanan purna jual bisa meningkatkan pembelian berulang atau repeat order.

Faktor Keberhasilan Strategi Pemasaran Jasa

Ada banyak faktor keberhasilan dalam menerapkan strategi pemasaran jasa. Namun ketiga faktor berikut paling berpengaruh dalam pemasaran, diantaranya:

Menjalankan SOP

Menjalankan strategi harus dibuat SOP (Standard Operational Procedure) supaya praktek yang dijalankan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

SOP biasanya diberikan dalam bentuk tabel dan kolom ceklis, untuk memastikan tidak ada prosedur yang terlewat.

Dengan menyelesaikan poin-poin sesuai SOP, peluang keberhasilan pemasaran semakin tinggi.

Sumber Daya Manusia Profesional

Profesionalisme adalah sifat kemampuan berdasarkan bidang atau pekerjaan yang dijalani. Sifat profesional ini harus dimiliki oleh semua sumber daya manusia pada perusahaan. 

Sumber daya manusia perusahaan meliputi seluruh staf bagian pemasaran, karyawan dan manajemen perusahaan. 

Karena ketika sdm telah menjalankan pekerjaannya dengan baik, akan berpengaruh pada layanan yang diberikan.

Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah tujuan yang diharapkan pada setiap bisnis baik jasa maupun produk barang. Ketika pelanggan puas maka pelanggan akan merekomendasikan layanan kepada orang lain.

Paling tidak pelanggan tersebut tidak membagikan pengalaman buruknya menggunakan jasa tertentu.

Pasalnya, penilaian buruk pelanggan sangat berpengaruh pada bisnis, karena pelanggan lain akan merasa khawatir mendapatkan pengalaman yang sama.

Strategi pemasaran jasa harus memastikan pelanggan sebelumnya merasa puas. Jika terjadi penilaian buruk harus segera dicarikan solusinya. Supaya tidak mengganggu proses pemasaran.

Baca juga : Komunikasi Pemasaran

Langkah Strategi Pemasaran Jasa

Langkah langkah Strategi Pemasaran Jasa

Berikut langkah-langkah dalam menjalankan strategi pemasaran jasa.

Mengetahui Karakteristik Pasar dan Pelanggan

  1. RIset kompetitor

Mengetahui karakteristik pasar bisa dimulai dengan mencari kompetitor dan mempelajari proses pemasaran yang dilakukan.

Anda bisa mengamati, meniru dan memodifikasi teknik pemasaran kompetitor supaya tidak perlu susah payah mendapatkan ide dan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

  1. Riset pelanggan

Selanjutnya penting untuk riset karakteristik pelanggan, seperti jenis produk layanan apa yang lebih sering dipesan, bagaimana keinginan pelanggan terhadap layanan tertentu dan berapa biaya yang dikeluarkan untuk jenis layanan.

Supaya Anda tahu apa saja keinginan pelanggan yang bisa ditambahkan pada jasa yang Anda miliki.

Dengan melakukan riset pemasaran di atas, proses pemasaran akan lebih efektif, hemat biaya dan tepat sasaran.

Membuat Media Informasi Jasa

Media informasi berperan untuk menampilkan portofolio perusahaan jasa. Baik informasi tentang jasa yang tersedia, nomor hp, alamat, keunggulan dan proyek yang telah dikerjakan.

Sehingga pelanggan bisa lebih yakin dengan layanan yang ditawarkan.

Media informasi bisa berupa website dan media sosial seperti Youtube, TikTok, Facebook dan Instagram.

Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Media sosial selain sebagai media informasi tentang jasa, juga harus dimaksimalkan sebagai pemasaran. Pasalnya media sosial bisa menjangkau lebih banyak orang, tanpa perlu repot dan bahkan bebas biaya.

Kebanyakan para pemilik jasa, nggak harus selalu membagikan tentang produk jasa. Melainkan bisa membuat konten menarik seputar produk jasa yang ditawarkan.

Misalnya Anda memiliki bisnis jasa service AC dan peralatan rumah. Maka media sosial bisnis bisa diisi dengan konten seputar tips perbaikan AC, membersihkan AC dan tutorial manfaat lainnya.

Meski begitu, pada akhirnya orang-orang akan percaya, kalau bisnis jasa Anda profesional dan bisa diandalkan. Sehingga proses edukasi sekaligus pemasaran bisa dijalankan beriringan.

Memilih Lokasi Layanan Jasa

Memilih lokasi layanan jasa memang diperlukan, supaya bisa sekaligus menjadi sarana promosi efektif. Misalnya memilih tempat ramai, di dekat pasar atau di pinggir jalan raya.

Dengan memasang plang/banner jasa, orang akan semakin mudah menemukan bisnis Anda.

Memilih lokasi layanan yang dekat dengan target pelanggan juga lebih menguntungkan, karena calon pelanggan tidak perlu pergi jauh-jauh untuk memesan jasa.

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Terakhir, menjaga hubungan baik dengan pelanggan tidak boleh dilewatkan. Anda bisa rutin menghubungi pelanggan untuk memastikan keadaan AC dalam keadaan baik, menawarkan perbaikan atau perawatan AC dan sejenisnya.

Dengan demikian, pelanggan merasa mendapat perhatian. Mereka juga tidak akan segan merekomendasikan bisnis jasa Anda kepada teman-temannya.

Baca juga : Manajemen Pemasaran

Contoh Studi Kasus Strategi Pemasaran Jasa

JIka Anda sedang mencari contoh strategi pemasaran jasa untuk bisnis, bisa melihat ilustrasi dibawah ini.

Strategi Pemasaran Bank dan Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan memiliki jasa penyimpanan uang, peminjaman dan pengelolaan dana investasi. Jenis pemasaran yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Memberikan bunga tinggi pada tabungan atau deposito.
  • Proses pinjaman cepat dan bunga rendah.
  • Program cicilan ringan untuk kredit kendaraan, rumah dan pinjaman usaha.
  • Mengadakan pelatihan investasi dan mengundang para investor.

Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan bisa menjalankan strategi pemasaran dengan mengadakan pertemuan wali murid terkait keunggulan sekolah, meliputi fasilitas belajar dan dukungan guru profesional.

Lembaga pendidikan atau bimbingan belajar juga bisa membagikan brosur kepada sekolah-sekolah untuk menarik minat para siswa.

Strategi Pemasaran Jasa Pengiriman

Harapan konsumen terhadap jasa pengiriman adalah bisa mengirim barang dengan cepat dan aman. Pasalnya barang yang dikirim bisa saja merupakan barang pecah belah, barang penting, barang berharga lainnya.

Jasa pengiriman bisa menjalankan strategi pemasaran dengan memastikan barang bisa selamat sampai tujuan dan dikirim dengan cepat. Selain itu untuk hari atau periode tertentu bisa dikenakan gratis biaya pengiriman.

Strategi Pemasaran Jasa Penginapan

Penginapan merupakan layanan yang membutuhkan suasana nyaman, bersih dan estetik. Penginapan model kamar atau penginapan bentuk sewa rumah akan menggunakan pendekatan yang berbeda.

Bagi pemilik bisnis penginapan model kamar harus memastikan kamar kondisi bersih, semua peralatan mandi tersedia. Bisa juga menawarkan paket makan pagi atau siang.

Sedangkan pemilik bisnis sewa rumah sebaiknya memastikan kondisi air yang lancar, ada pagar rumah supaya aman dan bebas dari hewan pengerat.

Selain itu ada beberapa strategi pemasaran jasa penginapan lainnya seperti :

  • Mendaftar di berbagai platform pencarian penginapan, supaya makin mudah ditemukan.
  • Melakukan remarketing kepada pemesanan yang pernah menghubungi namun belum terjadi penjualan.
  • Melakukan lebih banyak iklan pada saat hari-hari liburan.
  • Menawarkan kerjasama dengan pebisnis lokal, misalnya restoran setempat atau tempat wisata setempat.
  • Menjalankan pemasaran konvensional dan digital.

Strategi Pemasaran Jasa Konstruksi

Perusahaan kontraktor yang menjalankan bisnis konstruksi memiliki tantangan tersendiri, karena nilai proyek yang tidak sedikit. 

Namun jangan khawatir, karena strategi pemasaran berikut bisa memberikan peluang penjualan yang lebih besar.

  • Memilih target pelanggan tepat, misalnya skala perusahaan atau perorangan. Karena akan berpengaruh terhadap jenis pemasaran yang akan dilakukan.
  • Bagi pebisnis pemula, diharapkan bisa lebih unggul pada bidang tertentu. Misalnya fokus pada bagian atap plafon, bagian interior, furniture, pemasangan keramik dan sebagainya, sehingga lebih unik dibandingkan jasa lainnya.
  • Pastikan bisnis konstruksi Anda muncul saat orang lain mencari di penelusuran Google. Solusinya adalah membuat google bisnis atau membuat website yang dioptimasi SEO.
  • Membagikan hasil pekerjaan dan tips pembangunan melalui media sosial perusahaan.

Leave a Reply