Tindakan Ekonomi Rasional: Pengertian dan Contoh

Posted on
Tindakan ekonomi rasional

Kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari teori ekonomi. Banyak kegiatan yang secara tidak sadar, telah menerapkan prinsip ekonomi.

Salah satunya adalah dengan melakukan tindakan ekonomi rasional dimana dalam kegiatan ekonomi sehari – harinya manusia akan memilih hal yang dianggap paling menguntungkan.

Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional memiliki makna bahwa manusia dalam memilih suatu benda atau kegiatan akan mempertimbangkan mana yang akan memberikan manfaat yang lebih banyak dengan biaya yang lebih sedikit. Ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Tindakan rasional dalam ekonomi dilakukan manusia dan akan memberikan kepuasan secara ekonomi.

Secara sederhana, kita akan merasa lebih senang kalau kita memilih barang yang ternyata memberikan manfaat lebih dengan harga yang rendah.

Manfaat yang diterima bukan hanya dalam bentuk materil tetapi juga bisa jangka panjang atau ketepatan waktu dalam memilih barang.

Baca : 5 Contoh Ekonomi Mikro Dalam Kehidupan Sehari Hari

Ciri Tindakan Ekonomi Rasional

Ciri tindakan ekonomi rasional adalah prinsip ekonomi dan motif ekonomi.

Prinsip ekonomi menjelaskan bahwa suatu tindakan akan berjalan dengan adanya pengorbanan seminimal mungkin untuk mendapatkan kepuasan semaksimal mungkin.

Sedangkan motif ekonomi menjelaskan bahwa tindakan ekonomi yang dilakukan didasari adanya keinginan dari individu maupun kelompok.

Contoh Tindakan Ekonomi Rasional

Contoh tindakan ekonomi rasional dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap hari, pasti manusia dihadapkan dengan kondisi dimana ia harus berpikir secara rasional terkait dengan kondisi ekonominya yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Baca :  8 Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia

Contoh tindakan ekonomi rasional dalam bisnis

Berbicara tentang keuntungan, tentu tidak bisa lepas dari bisnis. Mayoritas bisnis dijalankan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi sehingga dalam pelaksanaannya, keputusan yang rasional harus dibuat supaya perusahaan bisa mendapatkan untung.

Sebagai contoh adalah perusahaan X yang merupakan produsen baju batik. Perusahaan ini menggunakan jasa pihak ketiga yang berperan menyalurkan bahan baku kain batik ke perusahaan X.

Ternyata, apabila perusahaan X membeli langsung kain batik dari sentra produksi, harga yang didapat lebih rendah dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi.

Hal tersebut merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi rasional dalam bisnis.

Tentu kondisi real dalam bisnis tidak sesederhana itu, ada beberapa pertimbangan-pertimbangan lain dalam menjalankan bisnis seperti biaya transport yang harus dikeluarkan untuk membeli batik langsung dari pengrajin.

Contoh lain dari tindakan ekonomi rasional adalah pada saat perusahaan melakukan ekspansi bisnis.

Perusahaan akan melakukan analisa apakah dengan memperluas cakupan bisnis di kota baru akan bisa meningkatkan keuntungan yang didapat dan apakah keuntungan tersebut sebanding dengan biaya tambahan yang dikeluarkan.

Contoh tindakan ekonomi rasional dalam kegiatan sehari-hari

Salah satu contoh tindakan rasional dalam ekonomi adalah orang memilih membeli makanan jadi dibandingkan harus memasaknya sendiri.

Bagi beberapa orang, makanan jadi lebih murah dibandingkan harus memasak sendiri, terlebih memasak sendiri juga memerlukan waktu dan akan sangat dipertimbangkan bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Contoh lainnya adalah mahasiswa yang berasal dari daerah yang terletak tidak terlalu jauh dari kampus dan memilih tidak kos.

Setiap hari, mahasiswa tersebut memilih untuk berkendara selama 45 menit dibandingkan harus menyewa kamar kos dengan pertimbangan apabila menyewa kos maka akan mengeluarkan biaya untuk sewa kamar, makan sehari-hari, dan biaya kebutuhan harian.

Mahasiswa tersebut menganggap bahwa dengan menempuh perjalanan jauh, ia bisa mendapatkan keuntungan secara ekonomi karena hanya mengeluarkan biaya transportasi.

Hal ini tentu sangat bergantung dengan masing-masing individu. Beberapa beranggapan bahwa dengan menyewa kamar kos akan lebih menguntungkan karena bisa menghemat tenaga dan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan di jalan sehingga bisa lebih fokus untuk belajar.

Contoh yang paling sering lainnya adalah pada saat kita berbelanja. Beragam pilihan produk yang tersedia menjadikan kita melakukan berbagai pertimbangan untuk mendapatkan barang yang paling menguntungkan.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut seperti ukuran barang, harga barang, kebermanfaatan barang, kualitas, bahkan prestige yang bisa ditimbulkan apabila kita membeli barang tersebut.

Contoh tindakan ekonomi rasional dalam pemerintahan

Tindakan rasional tidak hanya dilakukan dalam skala individu tetapi juga bisa mencakup suatu wilayah pemerintahan.

Sebagai contoh adalah saat pemerintah ingin mengembangkan moda transportasi umum yang baru.

Pemerintah sebelumnya akan menganalisis apakah moda transportasi tersebut menguntungkan bagi masyarakat secara luas.

Beberapa pertimbangan yang mungkin dilakukan oleh pemerintah adalah mengenai biaya pembangunan.

Apakah biaya pembangunan stasiun untuk transportasi umum tersebut bisa menguntungkan bagi masyarakat, apakah pembangunan stasiun tersebut dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat dan terhubung dengan lokasi-lokasi penting.

Selain mengenai biaya pembangunan, pembebasan lahan juga menjadi salah satu pertimbangan.

Apakah lahan yang dialihfungsikan adalah lahan produktif dan apabila lahan yang digunakan adalah lahan produktif, apakah keuntungan yang diperoleh lebih tinggi pada saat dialihfungsikan atau masih dengan fungsi awalnya.

Pertimbangan yang lain adalah mengenai tender developer. Pemerintah biasanya akan menemui beberapa vendor yang merupakan developer yang bertanggung jawab dalam membangun proyek tersebut.

Vendor akan menawarkan beberapa keuntungan yang bisa didapat apabila memilih vendor tersebut dan apakah vendor tersebut bisa dipercaya. 

Berbagai pertimbangan tersebut akan menjadi bahan dalam menentukan apakah suatu kebijakan yang akan dilakukan bisa menguntungkan atau tidak.

Berbeda dengan kasus individu atau bisnis, pemerintah tidak berorientasi penuh pada keuntungan dalam bentuk uang tetapi lebih pada kebermanfaatannya bagi masyarakat luas.

Contoh Tindakan Ekonomi Irasional

Selain tindakan rasional, manusia juga terkadang melakukan tindakan yang tidak rasional atau yang sering disebut sebagai tindakan ekonomi irasional.

Berbeda dengan tindakan rasional, tindakan irasional cenderung tindakan yang menghasilkan hal yang tidak menguntungkan atau manfaat yang diperoleh tidak sebesar biaya yang dikeluarkan.

Tindakan irasional dapat disebabkan berbagai hal seperti ketidak tepatan seseorang dalam menganalisis keuntungan dan adanya motif individu yang menyebabkan tindakan cenderung ke arah yang salah. Contohnya adalah tindak suap. 

Tindak suap dapat terjadi karena adanya keinginan untuk memperkaya diri atau golongan tertentu.

Contoh yang paling sering terjadi di Indonesia adalah kasus suap proyek. Seorang pejabat yang menerima suap akan cenderung memilih tindakan atau keputusan yang diinginkan oleh pemberi suap, seringnya adalah dalam pemenangan tender dimana perusahaan pemberi suap diberi kuasa untuk menjalankan proyek pemerintah.

Pejabat penerima suap seringkali tidak melihat berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih vendor proyek dan hanya akan memilih perusahaan pemberi suap sebagai pemenang tender.

Ini akan menyebabkan negara atau wilayah administratif tersebut tidak mendapatkan keuntungan yang seharusnya diterima apabila pejabat melakukan tindakan yang rasional.

Tindakan ekonomi rasional dan irasional sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Hal itu karena manusia akan secara tidak sadar melakukan berbagai pertimbangan sebelum memutuskan suatu hal.

Pola pikir ini merupakan keunikan yang dimiliki manusia karena tidak semua makhluk hidup dapat berpikir dengan rasional.

Hal ini pula yang menyebabkan tidak semua pekerjaan dapat digantikan sepenuhnya dengan robot dan teknologi.

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.