Pengertian Pertumbuhan Penduduk [Faktor, Macam Beserta Rumusnya]

Maila Niamas

Pengertian Pertumbuhan Penduduk [Faktor, Macam Beserta Rumusnya]

Pengertian pertumbuhan penduduk | Dengan membaca artikel ini, sobat akan terbantu untuk memahami tentang pertumbuhan penduduk, mulai dari pengertian, faktor yang mempengaruhi adanya pertumbuhan penduduk , dan macammacam pertumbuhan penduduk serta rumus menghitung laju pertumbuhan penduduk.

Nah, sebelum mengetahui pengertian pertumbuhan penduduk alangkah baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu apa itu penduduk.

[su_service title=”Tahukah kamu?” icon=”icon: lightbulb-o” icon_color=”#fad01c” size=”40″]Penduduk adalah sekumpulan orang yang bertempat tinggal atau berdomisili disuatu negara selama janga waktu tertentu dan sudah memenuhi syarat-syarat yang berlaku dinegara tersebut.

Pengertian Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk adalah suatu keadaan perubahan yang terjadi pada sewaktu-waktu serta dapat dihitung sebagai perubahan jumlah individu pada suatu populasi menggunakan per waktu unit dalam pengukurannya.

Negara Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak, jumlah penduduk Indonesia setiap tahunnya akan bertambah terus menerus. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang semakin bertambah maka pemerintah harus lebih giat dalam memperbaiki kualitas penduduknya. Salah satu cara yang dilakukan dalam memperbaiki kualitas penduduk ialah dalam aspek pendidikan.

Istilah pertumbuhan penduduk sering dihubungkan dengan manusia dan digunakan dalam sebutan demografi nilai pertambahan penduduk.

Baca juga:

  1. Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif dan Negatif]
  2. Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi
  3. 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Dibawah ini merupakan faktor yang mempengaruhi adanya pertumbuhan penduduk dalam suatu daerah ialah sebagai berikut :

  • Faktor Kelahiran (Fertilitas)

Terjadinya kelahiran dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah pernikahan diusia muda dan tidak melakukan program Keluarga Berencana (KB) yang telah diterapkan oleh pemerintah sehingga akan meningkatnya angka kelahiran (Fertilitas). Dengan adanya kelahiran seorang anak maka akan menambah jumlah penduduk didaerah tersebut sehingga mengakibatkan pertumbuhan penduduk.

  • Faktor Kematian (Mortalitas)

Terjadinya kematian dapat pengaruhi oleh beberapa faktor pendorong dan penghambat kematian. Faktor pendorong yang mengakibatkan adanya kematian diantaranya adalah kurang menjaga kesehatan, tingkat kemiskinan yang berlebih, saran dan prasarana didaerah tersebut kurang seperti Rumah sakit, Klinik, Puskesmas, Apotik, dan lain sebagainya yang menyebabkan adanya wabah penyakit, kurangnya asupan gizi dan pola makan yang tidak teratur.

Faktor penghambat kematian (Mortalitas) diantaranya ialah menjaga kesehatan, makan makanan yang bergizi, olahraga yang teratur, pola makan yang teratur, tingkat kemiskinan yang rendah, dan sarana kesehatan yang baik dan lengkap.

Kematian individu akan mengurangi jumlah penduduk didaerah tersebut.

  • Faktor Penduduk yang datang (Imigrasi)

Imigrasi dapat diartikan penduduk yang datang ke daerah tersebut dari daerah lain. Imigrasi ini dapat menyebabkan peningkatan jumlah penduduk dalam daerah tersebut. Karena manusia selalu merasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

  • Faktor Penduduk yang pergi (emigrasi)

Penduduk yang pergi (emigrasi) dapat diartikan seorang penduduk yang pindah dari suatu wilayah ke wilayah lainnya dengan tujuan untuk menetap, bekerja, sekolah, atau lain sebagainya.

Adanya penduduk yang pergi (emigrasi) ini akan mengakibtkan menurunnya jumlah penduduk dalam daerah asalnya tersebut.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi [Pengertian, Indikator serta Cara Mengukur]

Macam-Macam Pertumbuhan Penduduk Beserta Rumusnya

Dibawah ini merupakan macam-macam pertumbuhan penduduk beserta dengan rumus-rumusnya :

  • Pertumbuhan penduduk alami

Pertumbuhan penduduk alami adalah suatu pertumbuhan penduduk yang jumlahnya didapat dari selisih antara jumlah kelahiran dengan jumlah kematian dalam suatu daerah tertentu.

[su_box title=”Rumus Pertumbuhan Penduduk Alami adalah :” box_color=”#f4b819″]

T = L – M

Keterangan :

= Jumlah pertumbuhan penduduk pertahun dalam suatu daerah

= Jumlah kelahiran penduduk per tahun

= Jumlah kematian penduduk per tahun 

  • Pertumbuhan penduduk migrasi

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari tempat tingal satu ke tempat tinggal lainnya dengan tujuan untuk menetap didaerah tersebut.

Istilah migrasi sering digunakan pada penduduk yang berpindah secara menetap (Permanen) dalam suatu daerah satu ke daerah lainnya.

Pertumbuhan penduduk migrasi adalah suatu pertumbuhan penduduk yang jumlahnya didapat dari hasil selisih jumlah penduduk migrasi masuk dan jumlah penduduk migrasi keluar  pada suatu daerah tertentu.

[su_box title=”Rumus Pertumbuhan Penduduk Migrasi adalah :” box_color=”#f4b819″]

T = I – E

Keterangan :

= Jumlah pertumbuhan penduduk pertahun dalam suatu daerah

= Jumlah penduduk migrasi masuk per tahun

= Jumlah penduduk migrasi keluar per tahun 

  • Pertumbuhan penduduk total

Pertumbuhan penduduk total adalah suatu pertumbuhan penduduk yang didapat dari selisih antara jumlah kelahiran pertahun dengan jumlah kematian pertahun ditambah dengan selisih antara jumlah penduduk migrasi yang masuk dengan jumlah penduduk migrasi yang keluar dalam suatu daerah tertentu.

[su_box title=”Rumus Pertumbuhan Penduduk Total adalah :” box_color=”#f4b819″]

T = (L – M) + (I – E)

Keterangan :

= Jumlah pertumbuhan penduduk per tahun pada suatu daerah tertentu

= Jumlah angka kelahiran penduduk per tahun pada daerah tertentu

M = Jumlah angka kematian penduduk per tahun pada daerah tertentu

= Jumlah penduduk migrasi yang masuk per tahun pada daerah tertentu

E = Jumlah penduduk migrasi yang keluar per tahun pada daerah tertentu 

Berkaitan dengan pertumbuhan penduduk negara Indonesia dan jumlah penduduknya, Negara Indonesia masuk pada posisi 5 besar dunia sebagai jumlah penduduk terbanyak jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Pengertian Pertumbuhan Penduduk [Faktor, Macam Beserta Rumusnya]. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat-sobat semua yaa.. Jangan lupa like and share!

Kunjungi artikel terkai:

  1. “8 Pengertian dan Perbedaan” Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi
  2. 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara
  3. 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
  4.  Pengertian Dan Contoh Pasar Persaingan Monopolistik Beserta Ciri-Cirinya
  5. Pengertian, Faktor Pendorong, Hambatan Perdagangan Internasional [Contoh di Indonesia]

Bagikan:

Comments are closed.