Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif dan Negatif]

Posted on
Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif dan Negatif]
4.9 (98.04%) 317 votes

Akuntansilengkap.com | Dalam artikel ini ada sebanyak 10 point penting Dampak pertumbuhan pendudukbaik dari sisi positif dan negatifnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, penduduk disuatu negara akan berkembang sangat pesat dari tahun ketahun, termasuk Negara Indonesia. Selain wilayah Indonesia sangat luas, penduduk di Indonesia juga berkembang dengan pesat.

Benarkah demikian ?

Sebagai seorang manusia, memiliki keturunan merupakan bagian yang sangat penting dalam eksistensi seseorang. Namun, apabila memiliki keturunan dengan jumlah yang tidak terkendali akan menjadi suatu ancaman bagi diri kita sendiri dalam menjalankan kehidupan yang sejahtera dan makmur.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki jumlah pertumbuhan penduduk yang tinggi dan pesat yaitu kurang lebih dari 250 juta jiwa. Pada dasarnya laju pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat pesat dan susah untuk dihindari, meskipun pemerintah telah melakukan berbagai upaya dan solusi serta semboyan yang ditawarkan kepada masyarakat, namun tetap saja tidak sesuai dengan harapan pemerintah Indonesia. 

Pengertian Penduduk

Penduduk adalah salah satu unsur yang sangat penting untuk mengembangkan serta meningkatkan kegiatan produksi dan ekonomi dalam negara tersebut. Penduduk memiliki peranan yang sangat penting pada suatu negara karena menyediakan tenaga ahli, tenaga kerja, pimpinan kerja, dan lain sebagainya.

Adanya pertumbuhan penduduk di suatu negara sangat dipengaruhi oleh mortalitas, fertilasi serta migrasi. Pertumbuhan penduduk akan memberi akibat pada aspek-aspek kehidupan manusia seperti aspek biotik atau sumber daya alam (SDA).

Pertumbuhan penduduk yang tinggi akan memberikan dampak positif yaitu sebagai unsur penting dalam menegembangkan kegiatan produksi dan ekonomi. Selain memberikan dampak yang positif, pertumbuhan penduduk juga memberikan dampak yang negatif dalam berbagai aspek yang nantinya akan memiliki pengaruh satu sama lain.

Baca juga;

  1. Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi
  2.  “8 Pengertian dan Perbedaan” Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi
  3. [Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Dampak Positif Pertumbuhan Penduduk

dampak positif pertumbuhan penduduk

Dibawah ini merupakan dampak postitif adanya pertumbuhan penduduk bagi manusia yaitu sebagai berikut :

  • Meningkatnya Sumber Daya Alam (SDA)

Penduduk Indonesia bisa memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia tanpa harus membutuhkan tenaga kerja luar dan bisa mengirimkan tenaga kerja dari Indonesia ke luar negeri disebabkan tenaga kerja yang melimpah. (Baca: Penyebab kelangkaan Sumber daya alam)

  • Meningkatnya produksi

Meningkatnya tenaga kerja maka akan berdampak pada hasil produksi yang banyak. Dan tidak memerlukan produksi dari laur negeri.

  • Kesempatan untuk berwirausaha menjadi lebih besar

Banyaknya jumlah penduduk akan memberikan peluang berwirausaha sangat tinggi, dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk Indonesia itu sendiri dan mampu memproduksi produk atau teknologi yang berguna bagi penduduk itu sendiri. (Baca:  Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya)

  • Meningkatnya solidaritas antar bangsa

Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka akan bertambah juga aneka ragam suku dalam negara tersebut. kita dapat mengembangkan solidaritas antar bangsa dengan baik.

  • Meningkatnya inovasi kerja, karena penduduk dipaksa untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Misalnya, apabila produktivitas lahan ingin meningkat dengan baik, maka manusia akan mengembangkan bibit unggul serta pupuk untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri.

  • Banyak tersedia tenaga kerja untuk meningkatkan produksi dalam memenuhi kebutuhan yang terus meningkat
  • Meningkatnya kegiatan investasi (penanaman modal) karena makin banyaknya kebutuhan manusia
  • Meningkatnya kebutuhan manusia seperti sandang, pangan, dan papan sehingga bertambahnya jenis dan jumlah usaha lokal

Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk

dampak positif dan negatif pertumbuhan penduduk

Selain dampak postitif, pertumubuhan penduduk juga memiliki dampak negatif yaitu sebagai berikut :

  • Meningkatnya angka pengangguran

Angka pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan lapangan kerja yang tersedia akan menyebabkan adanya pengangguran. Sebagian penduduk tidak terserap dengan lapangan kerja yang ada karena lebih tingginya angka pertumbuhan penduduk dibandingkan lapangan kerja yang tersedia. (Baca: Dampak terjadinya pengangguran )

  • Meningkatnya angka kriminal

Karena adanya pengangguran atau belum mendapat pekerjaan sanagt rentan dengan prilaku kriminal dan kejahatan. Kejahatan tersebut dapat terjadi karena adanya desakan akan kebutuhan hidupnya yang kurang tercukupi.

  • Meningkatnya angka kemiskinan

Tingginya pertumbuhan penduduk akan mengakibatkan kurangnya sumber daya yang tersedia khususnya sumber daya alam (SDA). Apabila penduduk bertambah seharusnya diberikan lahan baru untuk kebutuhan tempat tinggal dan makanan. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka akan timbul masalah kemiskinan.

  • Kesehatan masyarakat akan menurun

Karena jumlah penduduk yang tinggi maka pemukiman penduduk tersebut akan akan sangat padat sehingga tidak sehat.

  • Banyaknya limbah serta polusi

Banyaknya kegiatan penduduk seperti kegiatan rumah, kegiatan industri dan perdagangan pasti akan menghasilkan limbah atau sampah. Makin banyaknya jumlah sampah maka akan berdampak buruk bagi penduduk yang tinggal didaerah tersebut.

  • Berkembangnya pemukiman tidak layak huni

Tingginya jumlah penduduk disuatu daerah maka akan menyebabkan lahan untuk tempat tinggal semakin sedikit. Akibatnya, sebagian penduduk akan tinggal didaerah yang kurang layak dan kumuh.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif dan Negatif]. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat yang membacanya yaa…

 Kunjungi artikel terkait:

  1. 5 Teori Pertumbuhan Ekonomi (Klasik, Neo Klasik, Adam smith, Schumpeter)
  2. Pengertian, Rumus, dan Cara Menghitung Break Even Point
  3. 3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
  4. 7 Permasalahan Ekonomi Makro dan Mikro + Contohnya
  5. Pengertian, Contoh + Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *