15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Posted on
15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
Kasih bintang ya !

15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Akuntansilengkap.comFaktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia – Sepakat kah sobat jika kebutuhan manusia itu tidak terbatas ? apalagi pada zaman yang terus berkembang ini, kebutuhan manusia semakin sangat beragam. Kebutuhan apa saja yang sobat tahu ?

Kebutuhan manusia menurut intensitasnya terbagi menjadi kebutuhan pokok/primer, sekunder dan tersier. Sedangkan menurut sosial dan budaya dikelompokkan menjadi kebutuhan sosial dan psikologis. Kemudian menurut subjek digolongkan menjadi kebutuhan individual dan kolektif.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Setelah mengenal jenis-jenis kebutuhan manusia, tahukah sobat faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia itu ?

  1. Faktor Kondisi Alam

Faktor yang pertama adalah faktor kondisi alam, Bagaimana kondisi cuaca di kawasan tempat tinggal sobat ? jika tinggal di kawasan dingin, benarkah sobat membutuhkan selimut ataupun pakaian yang tebal yang mana dapat menahan hawa dingin ?

Lalu bagaimana sodara kita yang tinggal di kawasan panas ? benarkah mereka lebih membutuhkan pakaian yang tipis ?

Nah, ilustrasi di atas menjelaskan bahwa Kondisi alam akan sangat berkaitan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi manusia. Artinya, manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dasar sesuai dengan kondisi alam dimana dirinya tinggal.

  1. Faktor Kepercayaan dan Agama Yang Dianut

Bagaimana agama mempengaruhi kebutuhan penganutnya ? contohnya bagi umat Hindu, sangat di larang bagi penganutnya untuk memakan makanan yang berbahan dasar atau mengandung sapi. Sedangkan bagi umat beragama islam, makan daging sapi sangat di perbolehkan.

Contoh tersebut sangat jelas menggambarkan adanya perbedaan, yang mana akan menyebabkan kebutuhan penganut agama satu sama lainnya akan berbeda pula.

Contoh lain seperti perbedaan pada alat pemenuhan kebutuhan untuk menjalankan ibadah. Orang islam membutuhkan pakaian Muslim untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sedangkan umat Kristiani membutuhkan pohon natal serta bingkisan bingkisan untuk merayakan Natal.

  1. Faktor Adat Istiadat

Mengapa adat dikatakan dapat mempengaruhi dari kebutuhan yang dimiliki oleh setiap manusia ? Sebagai contohnya, upacara adat saat acara perkawinan dari masing-masing daerah/suku pasti memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing. Adat pernikahan Suku Batak tentu berbeda dengan Suku Sunda, begitupun daerah-daerah lainnya.

Dengan demikian, sudah terlihat pengaruh adat bagi kebutuhan manusia, dikarenakan adat dan tradisi akan mempengaruhi perilaku dan tujuan hidup kelompok masyarakat yang ada di tempat tersebut.

  1. Faktor Pekerjaan

Bagaimana pekerjaan memepengaruhi kebutuhan ? sebagai contoh, profesi guru akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan profesi sebagai petani. Profesi guru membutuhkan perlengkapan mengajar seperti alat tulis, sedangkan profesi petani membutuhkan alat-alat seperti cangkul, traktor, pupuk, bibit, dan alat pertanian lainnya .

  1. Tingkat Peradaban

Kira-kira apa kebutuhan manusia pada jaman purba dahulu ya ? mungkin mereka hanya membutuhkan makanan, dan tempat tinggal seadanya, hanya untuk bertahan hidup.

Sedangkan pada perkembangan peradaban saat ini membuat kebutuhan manusia semakin banyak, baik dalam segi jumlah maupun jenisnya. Karena manusia akan selalu berupaya untuk mencapai kemakmuran dengan memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Sebagai contoh, dahulu sepeda motor sebagai barang mewah, namun sekarang setiap manusia membutuhkan kendaraan agar  bisa mengefisiensikan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan dan mudah untuk berpindah tempat.

Jadi, tingkat peradaban juga sangat mempengaruhi kebutuhan manusia.

  1. Faktor Penghasilan

Bagi sekelompok orang yang mempunyai penghasilan pas-pasan, tentunya hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan pokoknya saja. Namun bagaimana dengan kebutuhan seseorang yang memiliki penghasilan yang tinggi ? seseorang dengan penghasilan yang besar cenderung memenuhi kebutuhan primer, bahkan hingga kebutuhan sekunder dan tersier nya.

  1. Faktor Umur

Sebagai contoh, kebutuhan anak-anak tentunya akan jauh berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Faktor umur tentu berpengaruh pada kebutuhan yang dimiliki masing-masing individu.

  1. Faktor Tingkat Kepuasan

Keinginan dan tingkat kepuasan orang satu dengan lainnya berbeda-beda. Pada akhirnya berpengaruh dengan kebutuhan hidup yang dimilikinya. Jika ada seseorang yang tidak mudah puas dengan yang dimiliki, secara otomatis, dia akan membuat tingkat kebutuhannya lebih banyak dibandingkan dengan orang lain.

  1. Faktor Hobi Atau Kegemaran

Hobi apa saja yang sobat tahu/miliki ? memancing kah ? sepak bola ? badminton kah ? bagi seseorang yang memiliki hobi badminton, tentu akan membutuhkan berbagai perlengkapan badminton seperti raket, shuttelkock, sepatu ket dan lainnya.

  1. Faktor Pendidikan

Faktor pendidikan juga ikut mempengaruhi kebutuhan manusia. Contohnya, kebutuhan anak SD tentu akan berbeda dengan anak SMA atau bahkan yang sedang kuliah.

  1. Faktor Jenis Kelamin

Jika sobat adalah seorang pria, mungkinkah membutuhkan lipstick untuk konsumsi pribadi ? tidak mungkin, karena lipstick digunakan oleh seorang wanita. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa faktor jenis kelamin bisa mempengaruhi.

  1. Teknologi

Saat ini, siapakah yang tidak memiliki handphone ? handphone adalah bagian dari teknologi yang hampir setiap orang memilikinya. Handpone sebagai alat untuk menghubungkan satu orang dengan orang lainnya, di tempat yang berbeda. Nah pada zaman dahulu, apakah ada teknologi seperti handphone atau laptop ? sepertinya tidak, namun saat ini di Pare, karerna kemajuan teknologi saat ini, membuat orang-orang berbondong-bondong untuk membeli nya dengan tujuan mempermudah pekerjaan mereka.

  1. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk adalah jumlah orang yang ada di sebuah lingkungan atau keluarga. Apabila anggota keluarga kita banyak, tentu kebutuhan keluarga kita akan bertambah pula.

  1. Faktor Penyakit

Jika seseorang terserang penyakit, maka akan terjadi perubahan kebutuhan, mengapa ? karena bisa saja, salah satu bagian tubuh yang sakit tersebut membutuhkan perawatan dan pengobatan yang lebih  besar dibandingkan anggota/bagian tubuh yang sehat lainnya.

  1. Iklan atau Promosi

Saat ini media massa sudah sangat masif memasarkan suatu produk. Iklan dan promosi menjamur di berbagai media seperti televisi, radio dan di internet. Munculnya iklan ini akan sangat mempengaruhi kebutuhan manusia, karena seseorang akan terpengaruh akan membeli sesuatu setelah melihat iklan yang muncul di perangkat hp atau di televisi.

 Demikianlah pembasahan tentang Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *